Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

simanantangAvatar border
TS
simanantang
Mari Mengenal Jenis Steak & Tingkat Kematangannya
agan sering bingung milih jenis steak kalau lagi mampir ke steak place saking banyak pilihan dagingnya. Tenang aja, ane juga dulu gitu kok.. Hehehe. nih gan ane kasih infonya tentang steak dan tingkat kematangannya... semoga bermanfaat bagi yg mau ngajak kecengannya biar ga BLAH BLOH emoticon-Ngakak sepertinya tidak emoticon-Repost jngan lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)


1. Tenderloin / Filet mignon
Spoiler for 1:

Tenderloin atau Filet mignon sangat ramping dan lembut. Termasuk salah satu menu steak termahal. Tenderloin berbentuk memanjang seperti ular dan untuk steak biasanya dipotong secara diagonal .Tenderloin adalah potongan daging yang paling lembut (karena itu biasanya paling mahal. Pada sapi atau babi, tenderloin dapat ditemukan di tengah-tengah bagian belakang antara sirloin dan tulang rusuk/rib. Tenderloin sangat lembut karena otot-otot yang membentuk tenderloin jarang digunakan oleh sapi. Jika daging tenderloin dipotong-potong lagi, akan dinamakan steak fillet mignon.

2. Sirloin
Spoiler for 2:

Steak Sirloin potongan dagingnya diambil dari dekat paha belakang. Daging sirloin terasa lebih keras dari potongan yang diambil dari pinggang/loin atau tulang rusuk/rib.

3. T-Bone Steak
Spoiler for 3:

T-Bone adalah potongan tulang di steak dari pinggang pendek. Dipotongan ini memiliki tulang yang berbentuk T yang memisahkan bagian tenderloin dari bagian yang lebih besar dari pinggang atas. Dagingnya tidak selembut/tender porterhouse.

4. Salisbury
Spoiler for 4:

Salisbury steak tidak seperti steak pada umumnya melainkan burger dari daging sapi yang dicacah dicampur, bawang, remah-remah (biasanya roti), dan kadang dengan jamur. Juga dikenal sebagai “Hamburger Steak" dan memiliki waktu memasak yang lebih pendek. Biasanya dibuat dari daging yang kualitasnya lebih rendah.

5. Rib-Eye Steak
Spoiler for 5:

Rib-Eye adalah potongan tulang rusuk sapi. Rib-eye adalah salah satu steak yang paling populer, juicy dan mahal di pasar. Daging lembut dari bagian rusuk/rib lebih berlemak. Lemak ini yang menyebabkan dagingnya lebih beraroma. Steak rib-eye juga disebut Fillet Scotch.

6. Wagyu
Spoiler for 6:

Wagyu steak adalah daging yang didapat dari proses genetik dan metode perawatan ternak yang sangat spesial. Perlakuan khusus ini yang membuat dagingnya sangat lembut, kaya lemak tak jenuh ganda, sangat berasa kualitas dagingnya karena memang dagingnya khusus diciptakan untuk dikonsumsi. Perbedaan dengan daging lainnya, daging wagyu lebih putih.

Sedangkan, dalam memasak steak ternyata tidak sekedar memasak daging biasa, tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan. salah satu yang perlu diperhatikan adalah tingkat kematangan daging steak tersebut. Ada 5 jenis tingkat kematangan steak, yaitu:
* Very Rare
Tingkat ini berarti menunjukkan bahwa kondisi daging masih mentah. Bagian luarnya berubah warna menjadi merah muda, tapi bagian dalam daging masih berwarna merah dan berdarah dengan kesegaran khas daging. Suhu daging ketika selesai dimasak sekitar 60 derajat Celcius.

* Rare
Pada tingkat ini tingkat kematangan daging hampir sama dengan rare, hangat dan kecoklatan tapi bagian dalam dagingnya masih mentah dan berdarah.

* Medium
Steak medium adalah cara memasak antara rare dan medium well done. Bagian luar berwarna kecoklatan, namun bagian tengah daging masih bersemu merah. Suhu daging ketika selesai dimasak sekitar 70 derajat Celcius.
* Medium Well Done
Pada tingkat ini kematangannya hampir sama dengan tingkat medium, tapi bagian tengah daging sudah berwarna merah muda hampir matang.

* Well Done
Steak dipanggang hingga matang sempurna. Warnanya coklat merata di seluruh bagian daging. Tekstur daging akan lebih keras karena kandungan air dalam daging lebih banyak menguap. Suhu daging ketika selesai dimasak sekitar 80 derajat Celcius.

LETAK DAGINGNYA GAN
Spoiler for sapi:


pertanyaan dari agan agan

Quote:

prime topside itu bisa berupa tenderloin,sirloin atau rib eye. sumber http://duniasapi.com/id/produk-sapi/...buah-hati.html

Spoiler for sumber:
Diubah oleh simanantang 12-12-2014 04:24
0
13.3K
96
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.