Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aditz92Avatar border
TS
aditz92
Kalo Kamu Gak Dapet Universitas Negeri
Pada umumnya, dalam lubuk hati terdalam di setiap orang yang baru lulus SMA atau SMK, pasti terbesit keinginan untuk kuliah di universitas negeri. Selain biaya pendidikan yang biasanya lebih murah dari universitas swasta (kecuali kedokteran), kamu juga bisa mendapat prestige, tentunya orang tua kamu juga bangga punya anak yang kuliah di universitas negeri. Misalnya pas mama kamu arisan, terus curhat sama gengnya, “Eh, anakku si Supri masuk UI loh, jeng.” Pastinya mama kamu menyebutkan kalimat itu dengan penekanan di nama universitasnya, dan mama-mama yang lain pun heboh menanggapinya. “Anakku juga loooh, anakku juga...”

Kalo Kamu Gak Dapet Universitas Negeri


Untuk menuju ke sana, kamu (harus) jadi kutu buku, tiap hari bertengger di perpus buat baca dan di toko buku beli buku tentang soal-soal dan tips masuk universitas negeri. Belum lagi, dari jauh-jauh hari sebelum menjelang ujian dan setelah kelulusan, kamu ikut bimbel atau minta diajarin sama temen-temen kamu yang pinter, ikut tes SNMPTN, bahkan ada yang sampai menyogok ‘orang dalam’. Ya, semuanya demi kuliah di universitas negeri.



Yang namanya berusaha pasti mendapat dua hasil, antara berhasil atau gagal. Kalo misalnya kamu gagal, pasti kamu sedih ngecewain diri sendiri, terutama orang tua kamu. Kamu mengevaluasi diri, mungkin kamu kurang maksimal belajarnya, atau kamu memang belum beruntung. Tapi, meski kamu gak kuliah di universitas negeri, bukan berarti dunia ini kiamat, lalu gantung diri di pohon toge.



Namun, meskipun kamu akhirnya kuliah di universitas swasta, banyak juga hal positif yang bisa kamu raih dan dapatkan.



Quote:




Quote:



Quote:




Quote:




Masuklah ke universitas yang kamu butuhkan juga, bukan yang cuma kamu inginkan.
Spoiler for Sumber:

0
2.2K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.