Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

delaniesAvatar border
TS
delanies
Kampung Hijau yang Menjadi Contoh Dunia
Melihat Kampung Hijau di Cilandak yang Jadi Contoh Dunia

Jakarta - Harini Bambang Wahono (81) kini bisa tersenyum. Mimpinya, menjadikan tempat tinggalnya di kawasan Banjarsari, Cilandak, Jaksel menjadi kampung hijau tercapai. Bahkan, kampung yang asri dengan tumbuhan itu menjadi rujukan negara asing.

"Dari Thailand, Malaysia, Jepang, dari Belgia kemarin juga datang. Orang-orang bule itu kan mau juga lihat program go green milik kita," kata Harini yang ditemui di rumahnya yang asri, Rabu (3/7/2013).

Harini bertutur, semua bermula pada tahun 1986. Saat itu tengah gencar isu globar warming. Nah, selaku Ketua RT yang menjabat kala itu, Harini berpikir guna membuat kampungnya menjadi hijau dan asri.

"Jadi yang saya lakukan itu untuk membantu lingkungan. Ternyata penghijauan itu sangat penting. Butuh waktu untuk mendapat dukungan penuh warga sekitar," tutur nenek dari beberapa orang cucu ini yang tinggal di kawasan itu sejak menikah dengan suaminya yang perwira Angkatan Darat.

10 Tahun berlalu, usaha menjadikan kampung hijau ini mulai membuahkan hasil. Buktinya, tahun 1996 ada staf UNESCO yang mulai mengetahui kampung hijau itu dan menawarkan bantuan. Harini yang menjadi Ketua RT segera menyambut bantuan lembaga dunia itu.

"Daerah kami dijadikan percontohan, pilot project pengelolaan limbah rumah tangga dan menjadikan kampung asri ramah lingkungan. Dan saya dijadikan contact person penghubung antara Banjarsari dan UNESCO," terang Harini.

"Itu kita diberi bantuan Unesco sampai tahun 2003. Mereka membiayai program kami untuk mengolah sampah. Sampai tahun 2003 itu, kemudian UNESCO punya program lain," tambahnya lagi.

Kampung Banjarsari ini memang tampak hijau. Melihat rumah penduduk banyak tanaman hijau dari pot yang bertebaran. Kebersihan juga amat dijaga. Pohon rindang juga ada di kanan kiri jalan kampung itu.

"Kalpataru pernah pada 2001 tingkat DKI. Pernah juga juara nasional Penghijauan Lingkungan dan Konservasi Alam tahun 2000," bangga Harini.

Spoiler for sumber:


Spoiler for penting:


Spoiler for kampung:



asri banget, pasti nyaman tinggal di lingkungan seperti itu...
Diubah oleh delanies 04-07-2013 05:40
0
4.8K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.