Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

konx777Avatar border
TS
konx777
Kenapa Andoid tetap Lag Meski Sudah Quad-Core
Spoiler for Android VS Apple iOS:

Setelah kemarin Saya terkagum-kagum dengan almarhum Steve Jobsdan hal itu membuat Saya memperhatikan ramuan produk yang dia ciptakan. Hal yang paling mendasar adalah dari sisi UI (tampilan). Steve Jobs membuat perpindahan antar muka pada perangkat yang dia ciptakan bersama Apple, Inc. begitu mulus dan mengalir natural serta animatif. Hal ini menjadi wajib di setiap produk Apple.

Kemudian sebuah pertanyaan pun muncul :
Apa yang menyebabkan produk Apple itu begitu mulus dan lancar ???
Bila ada yang menjawab, hal itu dikarenakan hardware Apple berteknologi tinggi maka tidak sepenuhnya benar. Bagaimana bila kita kerucutkan dengan pertanyaan seperti :
Kenapa hape Android sering lag (terjadi jeda) dan tidak semulus dan selancar iPhone ???
Apakah hape Android saat ini tidak dilengkapi dengan teknologi canggih ??? Jangan salah pada artikel sebelumnya mengenai prosesor hape, hape Android sekarang bahkan telah menggunakan teknologi Quad-core!!! Tetapi masih lag. Meskipun Android yang menyadari ini telah meluncurkan Project Butter yang menghasilkan ramuan yang lebih mulus, Jelly Bean. Tetapi JB pun belum sanggup menandingi kemulusan dari kinerja iPhone. Lihatlah pada tayangan berikut ini ...

[YOUTUBE]<iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/ijol7KbqYQs" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>[/YOUTUBE]
Kalo ga bisa langsung dimari TKP

Tentu dari Android ICS ke JB sangat meningkat sekali dan lebih mulus namun sekali lagi hal ini masih ketinggalan dengan mulusnya iPhone.

Dari beberapa informasi dan spekulasi yang Saya dapatkan dari internet, ada beberapa artikel yang menjelaskan bahwa secara kronologis pada saat lahirnya Android ditujukan untuk memasuki pasar Blackberry (hape ber-keyboard QWERTY). Pada saat itu penguasa pasar ponsel adalah sistem operasi Blackberry, Windows Phone dan Symbian. Namun, ketika Android masih dalam tahap beta (uji coba), Steve Jobs dan Apple, Inc. meluncurkan iPhone, sebuah paradigma baru telepon genggam sentuh dengan layar lebar.

Ini merupakan ciri khas Apple, Inc. menjual paket hardware & software, tak ayal mereka bagaikan diatas awan menyangkut teknologi ini. Suatu komposisi yang sudah pasti pas karena perangkat lunak memang dirancang untuk berjalan di perangkat keras yang mereka rancang juga. Berbeda dengan Android yang diciptakan untuk bisa berjalan di berbagai brand perangkat keras.

Jelas arsitektur dari teknologi perangkat lunak sangat berbeda antara iOS dan Android. iOS perangkat lunak andalan Apple, Inc. itu memang didedikasikan untuk memberikan kenyamanan dengan menampilakan mulusnya UI. Sehingga layer yang bertugas menjalankan UI pada prosesor mendapatkan prioritas pertama, itulah sebabnya sembari memasang aplikasi pun iOS tetap begitu lancar berpindah layar. Hal ini membuat pengembang rival seperti Windows Phone memulai dari awal untuk memperbaiki arsitektur tersebut. Sehingga satu-satunya hanya Android lah yang sekarang masih menggunakan arsitektur awal, Windows Phone dan yang lainnya telah menggunakan arsitektur baru layaknya iOS. Oleh karena itu Android tidak akan bisa semulus iOS dan Windows Phone, meskipun telah menggunakan prosesor quad-core sekalipun.

Nah, akhirnya sedikit terjawab hal yang mengganjal dibenak Saya "Kenapa begitu mulusnya scrolling pada perangkat yang menggunakan iOS seperti iPod Nano sekalipun dibandingkan Android". Tentunya Saya masih berharap pada versi Android selanjutnya Key Lime Pie akan ada perbaikan yang sangat signifikan untuk UI.

Bagaimana komentar Anda?

Sumber


emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)
Spoiler for Nice Responses:
Diubah oleh konx777 27-06-2013 02:26
0
30.3K
152
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.