Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wilinAvatar border
TS
wilin
SEABAD KONTROVERSI SEJARAH DIINDONESIA!! PEMBODOHAN MASYARAKAT!
Sejarah merupakah sebuah fenomena peradaban manusia yang unik, dengan adanya sejarah kita bisa menguak tabir masa lalu, namun sejarah juga bisa melahirkan kontroversi dan perdebatan panjang.

Pada dasarnya, sejarah merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang benar terjadi, bersifat mutlak. Namun, kemudian ia akan menjadi relatif bila dilihat dari berbagai sisi dan sudut pandang. Singkatnya, kejadian itu sendiri bersifat absolut, tapi setelah ditangkap dan sampai pada manusia kejadian itu kemudian menjadi relatif. Dengan demikian, kebenaran sejarah merupakan kebenaran relatif. Hal inilah yang kemudian melahirkan beragam perdebatan dan kontroversi. Sejarah konvensional yang menjadi pegangan umum harus rela untuk direkonstruksi begitu ditemukan bukti baru. Maka tidak heran hingga detik ini telah muncul banyak versi sejarah. Sejarah bukanlah fenomena yang hanya mengakui hitam-putih, panjang-pendek, banyak warna dan ukuran yang menghiasinya. Namun, selama tidak mengandung bias dan tidak untuk kepentingan kekuasaan, versi-versi sejarah tetap memberikan nilai yang berarti.

Namun pada galibnya, Sejarah dijadikan doktrinasi dalam legitimasi politik pemerintah, yang mengakitbatkan penyelewengan fakta. Sejarah menjadi milik penguasa, dinasti atau orde yang berkuasa.

Hal inipun terjadi di negara kita. Telah terjadi pembengkokan sejarah dan pengaburan fakta. Setelah reformasi bergulir, puluhan buku yang mempertanyakan dengan berani dan terbuka merupakan bukti riil. Sejarah yang sudah ada dianggap tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta dan bukti sejarah. Sumbernya dipalsukan dan interpretasinyapun bias. Sejak saat itu pula sejarah harus diluruskan, sebab pemalsuan sumber sejarah merupakan pembengkokan atau rekayasa sejarah.

Selama ini publik bingung dengan banyaknya peristiwa masa lalu yang kabur atau dikaburkan sebab ditampilkan sesuai kehendak politik. Kini semenjak lengsernya rezim orde baru, sejarah Indonesia tidak lagi menjadi dominasi pemahaman rezim, namun menjadi kontroversi sengit dikalangan para sejarawan dan peneliti.

Menurut Asvi Warman Adam (2007), kontroversi sejarah di Indonesia dikarenakan fakta dan interpretasi yang dilakukan pemerintah berkuasa tidak tepat, tidak lengkap dan tidak jelas. Akibatnya, begitu rezim otoriter itu tumbang, sejarah yang direkonstruksinya pun tumbang. Maka, terjadilah polemik dan kontroversi sejarah di tengah masyarakat.


Spoiler for G 30S PKI:


Spoiler for Hari Lahir dan penggali pancasila:


Spoiler for Serangan Umum 1 Maret 1949:


Spoiler for supersemar:


Spoiler for Integrasi Timor Timur ke Indonesia Tahun 1976. :


KESIMPULAN


Apa yang telah dijelaskan di atas menyadarkan kita bahwa materi pelajaran sejarah kontemporer di Indonesia sebagaimana nampak dalam buku-buku teks sejarah di sekolah banyak mengandung masalah. Permasalahan itu terletak tidak hanya sejak awal pilihan atas materi-materi sejarah itu penuh dengan nuansa kepentingan politik, tetapi juga acapkali proses eksplanasi sejarahnya terlalu sederhana, monolitik, dan tidak memadai. Memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sejarah untuk kepentingan pendidikan di sekolah tidak bisa dilepaskan dari kebijakan politik pemerintah.
0
8.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.