Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bluejeanz.comAvatar border
TS
bluejeanz.com
Bahaya Orang Yang Enggan Melunasi Utangnya


Berhutang cepat, tetapi enggan melunasinya. Jika ada yang memiliki sifat demikian maka mulai sekarang sebaiknya berhati-hatilah sebab dapat menjadi penghalang masuk surga. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal ;[1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga." (HR. Ibnu Majah).



Lebih tegasnya lagi, orang yang berhutang tetapi tidak berniat untuk mengembalikannya dengan membuat berbagai alasan maka orang tersebut statusnya sama dengan pencuri. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Ibnu Madjah "Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri."

Oleh karena itu Rasulullah SAW selalu menasehati ummatnya agar sedapat mungkin menghindari berhutang jika tidak mampu mengembalikannya meskipun hutang itu diblehkan dalam kondisi tertentu, sebab orang berhutang sering berdusta dan berbohong.

Di dalam fiqih Islam, utang piutang atau pinjam meminjam telah dikenal dengan istilah Al-Qardh. Makna Al-Qardh secara etimologi (bahasa) ialah Al-Qath'u yang berarti memotong. Harta yang diserahkan kepada orang yang berhutang Al-Qardh, karena merupakan potongan dari harta orang yang memberikan hutang.

Sedangkan secara terminologi (istilah syar'i), makna Al-Qardh ialah menyerahkan harta (uang) sebagai bentuk kasih sayang kepada siapa saja yang akan memanfaatkannya dan dia akan mengembalikannya (pada suatu saat) sesuai dengan padanannya. Atau dengan kata lain, hutang piutang adalah memberikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dengan pengembalian di kemudian hari sesuai perjanjian dengan jumlah yang sama. Jika peminjam diberi pinjaman Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) maka di kemudian hari si peminjam akan mengembalikan uang sejumlah sejumlah satu juta juga.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Disarikan oleh tim buletin mitra ummat pkpu Padang.



so, agan-agan yang punya utang sebaiknya cepat2 dilunasi utangnya yah..
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh bluejeanz.com 24-06-2013 13:22
Fatimah.ridwan
Fatimah.ridwan memberi reputasi
1
13.8K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.