Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hofuyangAvatar border
TS
hofuyang
[ Safety Driving ]Bahaya Silau Membutakan




Sesungguhnya kita mengemudi dengan mata. Organ lain bekerja setelah mata mendapat informasi yang cukup mengenai keadaan sekitar. Makanya kesehatan mata sangat penting jika ingin melakukan perjalanan yang aman.

Sayangnya banyak terdapat potensi gangguan mata saat berkendara. Sementara debu dan kerikil tak lagi menjadi isu karena kita banyak menyalakan AC. Potensi bahaya justru datang dari hal-hal yang bisa menyilaukan pandangan.

Intensitas cahaya tinggi yang terfokus ke mata dapat menyebabkan hilangnya kemampuan melihat sesaat. Namun dengan kecepatan mobil yang cukup tinggi, hilangnya pengelihatan sekejap saja bisa mengundang bahaya.

Supaya mata tetap aman dari gangguan, Anda perlu memperhatikan hal-hal kecil yang berpotensi menyilaukan.

MATAHARI PAGI DAN SORE
Di pagi dan sore hari, matahari berada cukup rendah sehingga cahayanya bisa langsung menusuk ke mata. Gunakan sun visor untuk menghalau sinar mentari atau gunakan kaca mata hitam.

JAM TANGAN PENUMPANG
Perhatikan bila penumpang di sebelah Anda menggunakan arloji di tangan kanan. Saat membentuk sudut yang tepat dengan matahari, kaca kristal di jam bisa memantulkan cahaya dengan intensitas sangat tinggi ke mata. Hal ini bisa sangat mengganggu dan berbahaya. Mintalah penumpang untuk melepas arloji sebelum berkendara atau memindahkannya ke tangan kiri.

KERTAS DI DASBOR
Kebiasaan meletakkan barang di atas dasbor sebaiknya dihindari. Barang berwarna terang seperti kertas misalnya, dapat membuat pantulan mengganggu di kaca depan. Hal ini mengganggu mata, bahkan kadang secara otomatis titik fokus mata berpindah dari jalan ke pantulan benda di kaca.

LAMPU KABIN
Saat berkendara malam hari Anda membutuhkan kepekaan mata cukup baik. Bila penumpang menyalakan lampu kabin, maka kepekaan ini akan berkurang drastis. Anda semakin jelas melihat interior mobil, tapi semakin buruk dalam melihat keadaan di luar. Walaupun penumpang hanya menyalakan lampu baca, ini juga sudah cukup untuk mengurangi visibilitas ke luar.

Jadi saat berjalan malam hari pastikan seluruh lampu kabin dimatikan. Lampu instrumen juga jangan disetel paling terang, karena bisa mengurangi kepekaan ke luar pula.

LAMPU PAPAN REKLAME
Saat ini ada sejumlah papan reklame yang bersinar terlalu terang di malam hari. Maksud sang produsen jelas, membuat iklannya makin menyolok dan mudah dibaca. Tapi bagi pengemudi ini berpotensi menimbulkan bahaya. Selain kepekaan ke jalan berkurang, konsentrasi cenderung jadi terpecah.

Karena kita tak punya kemampuan untuk mematikan atau meredupkan papan reklame tersebut, artinya ada aksi lain yang perlu dilakukan. Fokuskan pandangan tetap ke jalan dan beri jarak aman lebih jauh dari mobil depan.

LAMPU HAZARD
Sejumlah pengemudi yang belum paham kiat menyetir aman selalu menyalakan lampu hazard saat hujan deras. Bagi pengemudi yang berada di belakang, silaunya lampu hazard bisa membuat mata lelah dan berkurangnya kepekaan terhadap lampu rem.

Menghadapi hal seperti ini, Anda sebaiknya menambah jarak aman ke mobil depan atau bisa juga menyalipnya bila memungkinkan. Nyalakan saja lampu besar saat hujan deras dan Anda akan berada pada posisi lebih aman.
0
3.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.