Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

supriatna23Avatar border
TS
supriatna23
Ratusan Kios Pasar Rawa Indah di Bontang - Kaltim Ludes Terbakar


Spoiler for GAMBAR:

Spoiler for VIDEO:


Bontang - Kebakaran melanda Pasar Rawa Indah, kawasan Tanjung Laut, kota Bontang, Kalimantan Timur, Rabu malam. Ratusan petak kios pedagang ludes terbakar dan kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Keterangan dihimpun detikcom, kobaran api berlangsung sejak pukul 20.25 WITA, Rabu (12/6/2013). Pasar tersebut merupakan pasar induk tradisional terbesar di kota Bontang. Padatnya petak kios, membuat api dengan mudah menyambar ke petak kios lainnya.

"Iya, ini kebakaran besar di pasar tradisional terbesar di Bontang. Tidak menyangka kalau kebakarannya sebesar ini," kata warga Bontang, Syaifullah, ketika dihubungi detikcom, Rabu (12/6/2013) malam.

Menurut dia, belasan unit pemadam terlihat berupaya keras memadamkan api, yang menyambar petak kios pedagang dan umumnya terbuat dari kayu. Hingga 1 jam kemudian, pemadaman masih berlangsung.

"Saya melihatnya areal yang terbakar semakin meluas. Mudah-mudahan bisa cepat padam," ujar Syafullah.

Wakapolresta Bontang Kompol I Nyoman Mertha Dana membenarkan peristiwa kebakaran itu. Menurut dia, petugas pemadam baik itu dari PT Badak LNG, PT Pupuk Kaltim maupun dari Pemkot Bontang hingga pihak swasta lainnya, masih melakukan upaya pemadaman di lokasi.

"Ini pasar tradisional terbesar di kota Bontang. Ada ratusan petak yang hangus. Saya dan Pak Wali Kota Bontang (Adi Dharma) masih di lokasi," kata Nyoman.

Menurut Nyoman, diduga kuat kobaran api disebabkan hubungan arus pendek (korsleting) listrik di salah satu petak kios pedagang, sehingga dengan cepat meluas ke petak lainnya.

"Dugaan awal penyebabnya adalah korsleting listrik. Korban nihil," ujar Nyoman.

Ditanya lebih jauh apakah tiupan angin kencang turut menyebabkan kobaran api cepat meluas dan belum bisa dikendalikan hingga 1 jam kemudian, Nyoman menilai itu bukan menjadi penyebab api berkobar sedemikian hebat.

"Angin kencang sih tidak ya. Cuman memang petak-petak kios pedagang ini petak terbuka, tidak bersekat. Tapi memang pasar yang cukup padat. Kerugian sementara ditaksir miliaran rupiah," tutup Nyoman.

Ketua Asosiasi Pasar Bontang (APB) Kota Bontang, Fachruddin Ismail, mengaku kecewa dengan kinerja petugas pemadam kebakaran. Pasalnya, sejumlah mobil yang tiba di lokasi kebakaran hanya fokus mengantisipasi sebaran api ke rumah warga padahal terdapat bangunan pasar di sisi kiri pasar yang masih bisa diselamatkan andai petugas bekerja cepat.
"Anda lihat sendiri bangunan yang disebelah kiri itu harusnya masih bisa diselamatkan. Tapi mereka (pemadam, red) tidak berbuat apa-apa," katanya.
Fachruddin mendesak agar Wali Kota Bontang, Adi Darma dan seluruh Anggota DPRD segera menyikapi nasib 1347 pedagang yang ditimpa musibah. "Saya minta Wali Kota dan seluruh Anggota DPRD segera mencari solusi atas musibah ini," bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Adi Darma yang juga turun langsung memantau peristiwa kebakaran itu menyampaikan rasa prihatin yang mendalam kepada seluruh pedagang yang ditimpa musibah. Ia berjanji akan segera membahas nasib seluruh pedagang yang terkena musibah kebakaran pasar.
"Kami akan segera duduk bersama mengkaji masalah ini," ungkapnya.


[URL="http://news.detik..com/read/2013/06/12/212332/2271864/10/ratusan-kios-pasar-rawa-indah-di-bontang-ludes-terbakar?9911012"]SUMBER[/URL]
Diubah oleh supriatna23 13-06-2013 03:41
0
3.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.