7 Cara Jitu membuat pelangganmu Puas ala Paper Factory!
TS
maskedmagician
7 Cara Jitu membuat pelangganmu Puas ala Paper Factory!
This Thread is Proudly Presents By
Paper-Factory
Karikatur 4 Dimensi Pertama di Dunia!
Buat Kekasih/Sahabat/Keluargamu Bahagia menerimanya!
Reseller are Welcome!
7 Cara Jitu membuat pelangganmu Puas!
1. Berikan Senyuman
Spoiler for 1:
Kalau kita ditanya, apakah kita senang berbicara denga orang yang manyun mulu atau dengan orang yang tersenyum terus, kita akan pilih yang mana? Tentunya sebagian besar dari kita akan memilih yang pertama bukan (yang sering tersenyum)? Begitu pula dengan customer kita. Customer kita akan jadi kesal atau malas jika saat kita tanya, kita cuman jawab dengan jutek dan seadanya. Sering saya menemukan seller yang jika ditanya, jawabannya seperti robot, hanya sebesar oke atau iya. Sebagai buyer saya sangat malas berurusan dengan seller seperti ini. Makanya ketika saya menjadi seller, saya selalu berusaha untuk menjawab lebih panjang dan lebih ramah serta selalu menempatkan emotikon / tanda di akhir kata-kata saya.
2. Jangan berikan janji lebih dari yang bisa kamu berikan
Spoiler for 2:
Banyak sekali seller , terutama yang melakukan sistem PO yang gagal dalam memenuhi janji mereka kepada customer akan waktu penyelesaian produksi. Seringkali mereka menjanjikan jangka waktu yang cepat sekali tapi pada realitasnya selalu molor dari waktu yang dijanjikan. Nah, akan lebih baik jika kita memberikan jangka waktu yang dipanjangkan/diberi cadangan waktu (tentunya yg masih wajar), dan kemudian pada akhirnya kita bisa menyelesaikan lebih cepat. Jangan sampai kita menjanjikan waktu penyelesaian yang cepat, tapi realitanya, penyelesaiannya molor terus
3. Tetap sabar ketika ada Customer yang ngeselin
Spoiler for 3:
Kaskus ataupun FJB lainnya, memiliki berbagai jenis manusia yang tergabung di dalamnya. Ada yang jutek, ada yang ramah, ada yang ngeselin, dan sebagainya. Hal ini tidak bisa kita hindari mengingat pluralitas budaya bangsa kita yang tercinta ini. Nah sebaga seorang seller, tentu kita sering kesal dengan pembeli yang mungkin suka hit and run, atau suka curigaan. Namun, sebagai seller kita harus tetap melayani mereka dengan sabar, karena apabila kita lepas control akan emosi kita, dampaknya akan sangat fatal. Bisa saja para customer kita ini, walaupun mereka yang salah, menulis testimonial negative di lapak kita karena kita memarah-marahi mereka. Tentu hal ini bisa membuat para calon customer lain yang tidak tahu duduk persoalannya menjadi ragu untuk membeli di lapak kita.
4. Berikan solusi lebih atas masalah mereka
Spoiler for 4:
Salah satu kunci utama dari penjualan adalah bisa memberikan solusi bagi customer kita. Tentu solusi ini bukan hanya sekedar solusi saja. Misal, ada customer yang blackberrynya rusak dan ingin service ke kita. Mungkin, secara umum orang-orang hanya akan membetulkan saja dan kemudian mereka menganggap sudah selesai tugas mereka. Tapi di sini kita bisa memberikan sesuatu yang lebih, yaitu memberikan berbagai tips merawat blackberry agar tidak rusak lagi. Dengan demikian, usaha kita akan memiliki nilai lebih dibanding dengan usaha lainnya yang hanya mereparasi saja.
5. Berikan pelayanan sepenuhnya dari awal hingga akhir
Spoiler for 5:
Kebanyakan alur transaksi di FJB Kaskus adalah Pembeli bertanya --> Seller Menjawab --> Terjadi kesepakatan --> Pembeli bayar --> Seller kirim barang --> Barang sampai di customer. Nah, proses ini merupakan satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan. Jadi kita tidak boleh bersikap ramah hanya saat pembeli bertanya sampai bayar saja, kemudian saat ada pembeli yang bertanya barangnya nggak sampai-sampai, malah kita cuekin aja. Hal ini bisa berakibat fatal bagi bisnis kita.
6. After Sale Service
Spoiler for 6:
Kebetulan saya pernah bekerja di salah satu anak perusahaan Astra Group. Dengan demikian, saya menjadi tahu rahasia kesuksesan dan survive Astra selama berpuluh-puluh tahun. Kunci kesuskesan bisnis Astra adalah After Sales Servicenya yang sangat baik sekali. Apabila ada komponen kendaraan bermotor kita yang rusak, maka kita akan dibantu untuk memperbaikinya. Jadi perusahaan seperti Astra tidak akan berpikiran Pokoknya gue udah jualan, rusak atau nggaknya bukan urusan gue, yang penting duit udah masuk ke kantong. Hal ini tentunya memberikan nilai positif bagi kelangsungan bisnis Astra Group.
7. Jaga hubungan dengan customer setelah penjualan
Spoiler for 7:
Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan customer setelah penjualan adalah dengan misalnya memberi ucapan selamat saat ulang tahun/ saat hari raya keagamaan tertentu. Dengan demikian customer akan selalu ingat dengan kita dan ada kemungkinan mereka akan beli produk kita lagi
8. Berikan Cendol seikhlasnya
Spoiler for 8:
[CENTER]
Siapa sih kaskuser yang nggak suka namanya cendol? TS aja suka . Jadi kalau kalian sudah ISO, berikanlah cendol untuk customer kita. Dan jangan luap, kalau thread ini dirasa bermanfaat berikan cendol Ijo/ Abu juga boleh, dengan cara mengklik gambar di bawah ini