Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

enggarzzAvatar border
TS
enggarzz
21 Juni, Bung Karno Pergi & Jokowi Datang
Welcome Kaskuser


Spoiler for No Repost :



JAKARTA - 21 Juni, merupakan hari yang membahagiakan untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Sebab, di tanggal ini, Jokowi berulang tahun. Dia sendiri dilahirkan di Surakarta, Jawa Tengah pada tahun 1961 silam dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo.

Di tanggal yang sama, atau 11 tahun sebelum Jokowi lahir, bangsa Indonesia kehilangan sosok yang tidak bisa dilupakan. Salah satu proklamator Indonesia wafat karena sakit yang dideranya. Dia adalah Soekarno, lahir 6 Juni 1901 dan wafat 21 Juni 1970 tepat diumurnya yang ke-69 tahun.

Dua tokoh ini memiliki sejumlah kemiripan. Selain tanggal 21 Juni, basis ideologi mereka berdua juga sama. Ideologi Soekarno menjadi salah satu acuan untuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, tempat yang mengajarkan Jokowi berpolitik.

Gaya kepemimpinan Jokowi pun mirip dengan Soekarno. Jokowi yang sering blusukan kerap diklaim mirip gaya kerja Soekarno yang merakyat dengan wong cilik. Turun ke lapangan untuk mendengarkan keluhan rakyat secara langsung.

Politisi PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari melihat ada kemiripan gaya kepemimpinan kedua tokoh tadi. Jokowi, kata Eva sukses menerapkan gaya kepemimpinan Soekarno di masa reformasi ini.

"Jokowi itu bukan saja paham soal Soekarno tapi juga menjalani cara soekarno. Berpikir dan bertindak seperti Soekarno. Dari tindakan-tindakan yang menyatu dengn rakyat adalah Soekarno banget," kata Eva bercerita, Jumat (21/6/2013).

Selain itu, Bung Karno, sapaan Soekarno, juga sangat menjaga martabat rakyatnya. Di mata Eva, salah satu buktinya adalah penolakan yang dilakukan Bung Karno dalam bantuan pinjaman dari World Bank di masa ekonomi Indonesia mengalami kesulitan pada masa itu.

"Bung Karno itu mencintai rakyat begitu meluap sekaligus menjaga martabat (nolak bantuan World Bank karena njlimet, bikin kita kayak jongos). Bung Karno menikmati di tengah-tengah rakyat," cerita Eva.

Pada ulang tahu yang ke-52 ini, Jokowi sendiri tidak berharap apa-apa. Dia bahkan mengaku tidak pernah merayakan ulang tahunnya. "Ya gimana, wong saya ndeso. Saya nggak pernah (rayakan) ulang tahun," kata Jokowi dengan polosnya, di Balai Kota.

Jokowi dalam memimpin Jakarta didampingi oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sejak 15 Oktober 2012. Pengusaha mebel ini merupakan Gubernur DKI yang ke-17 setelah Fauzi Bowo (Foke). Sebelum menjadi Gubernur, Jokowi menjabat Wali Kota Surakarta (Solo). Namun, baru memimpin Solo selama dua tahun, dia kemudian terpilih menjadi Gubernur DKI.

Di ulang tahun ke-52 ini, dia juga berencana merayakan hari ulang tahunnya bersama seluruh warga Jakarta, yaitu pada tanggal 22 Juni 2013 atau bersamaan dengan HUT Ibu Kota Jakarta ke-486.

"Nanti kita rayakan sama-sama tanggal 22," kata Jokowi menyinggung soal perayaan ulang tahunnya.

Sumber
0
2.1K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.