Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

^SKY^Avatar border
TS
^SKY^
Jejalkan Penumpang Seperti Sarden Kaleng, Ban Kempis Tetap Jalan
Siapapun yang pernah naik bus-bus tanggung angkutan kota di Jakarta seperti Metro Mini dan Kopaja paling tidak pernah mengalami menjadi penumpang yang dijejal-jejalkan bak sarden kaleng. Bahkan ada yang tetap berjalan kendati bannya kempis!

Hal itu yang dikatakan Ditha, pembaca detikcom yang sehari-harinya menumpang Metro Mini 640 jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang dan Kopaja 19 jurusan Ragunan-Tanah Abang.

"Metromini atau Kopaja penuh sesak sampai gelantungan juga sering ngalamin, bahkan nyerobot jalur busway. Ngerem ajrut-ajrutan dan bikin sport jantung, kalau nyerempet orang malah mereka yang sewot, marah. Kalau dioper-oper juga udah sering ngalamin," tulis Ditha dalam emailnya.

Bahkan saat naik Metro Mini 640 sering kali berputar balik di Pancoran walaupun belum sampai Pasar Minggu. "Sehingga saya harus cari bus pengganti," jelas dia.

Kadang Ditha mendapati bus yang bocor kala hujan plus dashboard di depan sopir yang kosong, hingga dipaksa jalan meski bannya kempis.

"Pernah suatu ketika pedagang asongan di pinggir jalan teriak-teriak, tahunya solarnya tumpah berceceran, bannya kempis satu dipaksa jalan," jelas Ditha.

Kendati kondisinya parah, Ditha tak punya pilihan lain. Dia berharap kondisi angkutan umum ini diperbaiki.

"Semoga Pak Jokowi bisa buat ini angkutan lebih beradab. Mau gimana lagi, pilihan praktis, cepat, murah meriah," tutur Ditha.

Metro Mini atau Kopaja yang sering mogok diakui Eka, mahasiswa di Jakarta Selatan yang kesehariannya naik Kopaja 605 jurusan Blok M-Kampung Rambutan.

"Sering, terakhir kemaren tuh mogok di Antasari. Ya dioper ke bus di belakangnya. Sering kaya gitu mah, udah biasa," imbuh dia.

Karena hal-hal di atas pula yang membuat Muslimah (43) ogah naik Metro Mini atau Kopaja. Muslimah lebih memilih bus Patas AC.

"Nggak enak, panas, udah gitu dempet-dempetan. Kan sopirnya suka tuh udah penuh masih aja ditambahin, sampai berdiri-berdiri. Takut kecopetan saya juga," kata perempuan yang selalu menutup hidung pakai sapu tangan kalau ada bus yang lewat ini ketika ditemui di Blok M, Kamis (20/6/2013).

Muslimah setuju bila ada peremajaan Metro Mini dan Kopaja menjadi bus AC. "Biar kata lebih mahal juga kan yang penting lebih nyaman, nggak panas, nggak umpel-umpelan, paling kalau AC kan yang berdiri cuma dikit ya, kaya Kopaja yang ke ragunan itu," tutur Muslimah.

[url]http://news.detik..com/read/2013/06/21/070720/2279718/10/jejalkan-penumpang-seperti-sarden-kaleng-ban-kempis-tetap-jalan?9922022[/url]

=====

welcome to indonesiaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
1.9K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.