Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokowinewsAvatar border
TS
jokowinews
Ahok: Kalau gubernur DKI harus Betawi, presidennya juga dong
Ahok: Kalau gubernur DKI harus Betawi, presidennya juga dong

Jokowi News - Tokoh Betawi Syahrudin beranggapan pemimpin DKI Jakarta harus dipimpin oleh warga asli Betawi. Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) malah bercanda dengan meminta Presiden harusnya berasal dari betawi.

"Kalau begitu Presiden juga orang Betawi dong karena istananya di Jakarta," ucap Ahok sembari bercanda di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/6).

Mantan anggota Komisi II ini berargumen seperti itu karena selama ini Presiden hanya numpang di Ibukota. Menurutnya, Betawi terdiri dari berbagai ras yakni Arab, Cina, Batak, Jawa sehingga dia memiliki hak untuk jadi pemimpin.

"Kenapa enggak protes ke SBY. Gubernur saja enggak boleh. Kalau mau lebih dalam suruh pindah saja istana jangan di sini," ujarnya dengan tertawa.

Sebelumnya, Tokoh Betawi Syahrudin mengaku Gubernur DKI Jakarta perlu memberikan kepercayaan kepada tokoh Betawi untuk memegang jabatan strategis. Paling tidak tokoh tersebut harus memahami karakter warga Betawi yang jumlahnya 18 persen dari total penduduk Jakarta.

Ketua Majelis Ta'lim Raudhotul Jannah ini menambahkan kehadiran tokoh Betawi dalam jajaran birokrasi setidaknya dapat menambah kepercayaan diri warga betawi sebagai warga asli DKI.

"Sekarang ini Gubernur DKI Jakarta dari suku Jawa dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Tionghoa," ucapnya.

Keberadaan tokoh Betawi dalam jabatan birokrasi, menurut Syahrudin, dibutuhkan mengingat salah satu tujuan Jokowi memimpin DKI Jakarta adalah membranding Kota Jakarta dengan simbol-simbol muatan lokal.

"Gubernur berulangkali mengatakan DKI harus punya ciri khas Betawi, baik dari bangunan maupun dari pakaian. Yang tahu detail tentang filosofi Betawi yah orang Betawi," jelasnya. (merdeka.com)
0
2.9K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.