Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • WOW...Arief Budiman, Arsitek RI Perancang Gedung Pencakar Bumi Pertama di Dunia

udah.tobatAvatar border
TS
udah.tobat
WOW...Arief Budiman, Arsitek RI Perancang Gedung Pencakar Bumi Pertama di Dunia
Arief Budiman: Pemimpin Proyek Earthscraper BNKR Arquitectura yang Monumental di Meksiko


Arief Budiman bagi masyarakat Indonesia mungkin masih awam. Namun, di bidang arsitektur, anak bangsa ini sudah berkarier hingga kancah internasional. Dia memulai kariernya di Singapura, lalu melanglang buana ke berbagai negara.

Dia adalah arsitek muda jebolan Fakultas Arsitektur Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta. Kiprahnya di Indonesia memang belum bergaung, tapi di luar negeri, khususnya di Meksiko, namanya sudah menggema.
Nama Arief mulai bergaung setelah dia bergabung dengan BNKR Arquitectura, sebuah biro arsitek di Meksiko. Dia terlibat dalam proses desain gedung pencakar bumi alias earthscraper, untuk sebuah kompetisi terbuka skyscraper. Sebuah kompetisi ide dalam mendesain skyscraper.
BNKR memilih bangunan tingkat bukan ke atas, melainkan ke bawah, yakni ke kedalaman 300 meter di perut bumi di tengah kota Meksiko. Proyek ini tengah menjadi sorotan dunia dan Arief dipilih sebagai pemimpin proyek tersebut. Jika teralisasi maka proyek ini akan menjadi tonggak sejarah dunia arsitektur.

Karier Arsitek

Sejak lulus dari jurusan Arsitektur Usakti tahun 2006, ia memulai karier di sebuah konsultan arsitektur di Jakarta untuk beberapa bulan dan akhirnya ada peluang untuk memulai karier di Singapura.

Ia berkesempatan untuk terus menimba ilmu dengan bekerja di beberapa biro atau perusahaan lainnya di Singapura, Meksiko dan Ivory Coast. Namun sementara ini, ia bekerja dan menetap di Singapura. Semua itu merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya dan ia berharap suatu ia bisa terapkan bila memulai karier di Indonesia.

Dalam mengerjakan berbagai proyek, umumnya lebih banyak di luar negeri, ia tidak mengklaim kalau semua itu adalah hasil karyanya semata. Baginya, semua berkat kerja sama tim yang baik. Ia adalah bagian dari sebuah tim yang mengerjakan proyek-proyek tersebut.

Targetnya dalam mencari kerja bukanlah untuk bisa bekerja dengan perusahaan arsitektur ternama dunia, tapi ia mencari kantor yang bisa memberikan ilmu yang memang ia perlukan untuk menjadi seorang desainer yang baik. Ia bersyukur sejauh ini diberi kesempatan untuk bekerja di kantor yang memang ia inginkan.
Spoiler for arief:


Di saat memutuskan pergi ke Meksiko, ia memang ingin memperdalam pemahaman filosofi dalam berarsitektur dan tahu bahwa BNKR adalah biro terbaik yang bisa memberinya kesempatan untuk mempelajari hal itu. Lalu di saat ia memutuskan untuk bekerja di Ivory Coast, ia tahu kalau dirinya butuh mempelajari desain yang memang nantinya bisa saya terapkan di Indonesia.
Kebetulan ia mendapat kesempatan bekerja di biro dengan pimpinannya adalah ketua ikatan arsitek se-Ivory Coast. Intinya, ia ingin mencoba melengkapi kekurangan-kekurangan dirinya dengan cara mencari kesempatan bekerja di biro-biro arsitek yang bisa melengkapi puzzle gambaran ideal atas seorang arsitek.

Arief berharap proyek yang sedang ia kerjakan saat ini nantinya juga akan menjadi contoh yang baik dalam menggabungkan sistem konvensional dengan sistem yang modern.



Pencakar Bumi Pertama Toreh Sejarah Arsitektur


MEKSIKO - Bagi yang belum pernah mendengar berita ini sama sekali mungkin akan terkejut. Sebab, ini merupakan hal baru yang sama sekali berlawanan dengan tren saat ini, di mana yang sedang marak-maraknya adalah pembangunan pencakar langit skyscaper bukan pencakar bumi earthscraper.
Spoiler for 1:


Meksiko mungkin akan membuat sebuah sejarah baru dunia arsitektur dengan membangun gedung pencakar bumi sedalam 300 meter dengan 65 lantai di dalamnya. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh sang arsitek dari BNKR Arquitectura Suarez Esteban.
Spoiler for 2:

Tim arsitek yang akan membangun gedung ini adalah BNKR Arquitectura bermitra dengan Esteban Suarez dan Sebastian Suarez. Sementara yang menjadi kepala proyek seluas 775 ribu meter persegi ini adalah Arief Budiman, yang merupakan seoarang warga negara Indonesia, demikian seperti dilansir laman Archdaily, Rabu (18/1/2012).
Spoiler for 3:

Gedung tersebut akan dibangun di alun-alun Meksiko City Central Plaza atau yang biasa disebut Zocalo oleh masyarakat setempat. Sesuai desain yang dipublikasikan ke seantero dunia, bangunan tersebut berbentuk piramida terbalik dan akan menerobos bumi dengan rangka bagunan dari baja dan permukaan gedung yang sebagian besar
menggunakan kaca.

Spoiler for 8:


Spoiler for 4:

Bagian tengahnya dibiarkan kosong supaya sinar matahari dan udara dapat masuk ke dalam bangunan. Rencananya, bangunan ini akan digunakan sebagai superblok (mixed use), dimana di dalmnya akan dibangun museum, perkantoran komersil, residensial, dan pusat perbelanjaan.

Spoiler for 5:

Gedung yang menyerupai piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai dari bawah tanah. Sebanyak 35 lantai paling ujung atau paling dalam dari gedung ini akan dijadikan pusat perkantoran. Sebanyak 10 lantai di atas area perkantoran adalah tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat
perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.
Spoiler for 6:

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Sehingga di dalam bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. Di tengah persegi tersebut tak lupa ditancapkan pula bendera nasional Meksiko.
(rhs)
Spoiler for 6:


Silahkan komen gan,,,,,komen bermutu berhadiah cendol
0
9.3K
86
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.