AkuCintaNaneaAvatar border
TS
AkuCintaNanea
Demo BBM 17 Juni: Mahasiswa UI Mulai Turun, Buruh & Massa juga Bergabung. Awas Macet!


Ada 14 Demonstrasi Tolak BBM Naik Hari Ini
SENIN, 17 JUNI 2013 | 07:33 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat ada 14 unjuk rasa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dilakukan hari ini, Senin 17 Juni 2013. Demonstrasi itu berlangsung di sejumlah titik di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. "Ada delapan elemen masyarakat yang melaporkan aksinya ke Polda Metro Jaya," kata Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Ahad 16 Juni 2013.

Rikwanto menambahkan, selain aksi penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), akan ada 2 aksi demo di luar kenaikan BBM. Unjuk rasa itu dilakukan buruh di Pulogadung dan tuntutan mengusut korupsi di Kementerian Perhubungan.Polda Metro Jaya memperkirakan 5.000 hingga 10.000 orang akan terlibat dalam aksi massa tersebut. Rikwanto menambahkan, kepolisian akan menerjunkan 19.474 personil kepolisian untuk mengamankan aksi yang terkonsentrasi di Istana Negara, Pertamina, DPR, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...-Naik-Hari-Ini



Besok BEM UI Ikut Demonstrasi di DPR
8 jam yang lalu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Senin (17/6/2013) besok akan menggelar aksi menolak rencana kenaikan harga BBM. Ketua BEM UI Ali Abdillah mengatakan, massa aksi akan berkumpul dan menggelar aksi di depan Gedung DPR/MPR sekitar pukul 10.00 WIB. "Kami akan bergabung bersama teman-teman mahasiswa lain di sana," ujar Ali saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (16/6/2013).

Ali menuturkan, BEM UI bakal menurunkan sekitar 100-200 mahasiswa. Mereka akan bergabung bersama mahasiswa dari berbagai kampus seperti IPB dan UNJ. Menurut Ali, BEM UI memutuskan ikut menggelar aksi, karena kebijakan pemerintah yang hendak menaikkan harga BBM bersubsidi, dilakukan tanpa memertimbangkan realitas di masyarakat, khususnya masyarakat miskin. Ia menilai, kenaikan harga BBM yang direncanakan pemerintah, hampir dipastikan akan menyebabkan inflasi, dan kenaikan harga kebutuhan pokok yang tentunya akan memersulit kehidupan masyarakat.

Apalagi, kenaikan harga BBM justru dilakukan menjelang bulan puasa dan Lebaran, di mana pengeluaran masyarakat sedang tinggi. Ali memaparkan, alasan pemerintah yang mengatakan terpaksa menaikan harga BBM untuk menyelamatkan kebobolan anggaran, terlalu dibuat-buat. Menurutnya, masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban APBN selain mengurangi subsidi BBM. "APBN terbebani bukan karena subsidi melainkan oleh korupsi, kebocoran anggaran, dan biaya birokrasi yang tidak rasional," tegasnya
http://id.berita.yahoo.com/besok-bem...162614978.html



Siap-siap! 3.000 Buruh Serbu DPR Tolak Kenaikan Harga BBM
17/06/2013 06:17

Liputan6.com, Jakarta : Sebanyak 3.000 buruh akan melakukan aksi demonstrasi untuk menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di depan Gedung DPR, Jakarta, pada Senin (17/6/2013). Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, aksi demonstrasi dilakukan di depan DPR bersamaan dengan rapat paripurna yang akan menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPNB-P) 2013. "Aksi demonstrasi akan dilaksanakan di DPR mulai pukul 10 WIB," tutur Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (16/6/2013) malam.

Selain di jakarta, aksi unjuk rasa tersebut akan dilaksanakan secara serentak di sejumlah kota di Indonesia seperti Serang, Cilegon, Purwakarta, Karawang, Cimahi, Subang, Bandung, Sukabumi, semarang, Yogyakarta, Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Malang, Aceh, Batam, Bintan, Karimun, Medan, Deli, Lampung, Jambi, Makassar, Manado, Gorontalo, Samarinda, dan Papua. "Aksi ribuan buruh juga serempak di ratusan kabupaten dan kota pada 17 Juni di Kantor Gubernur dan Bupati," jelas Iqbal.

Iqbal menjelaskan, aksi itu dilakukan karena kenaikan harga BBM diyakini akan memberatkan buruh. Kenaikan harga BBM Rp 2.000 akan mengakibatkan daya beli buruh turun 30% sehingga kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tahun lalu sebesar 30% menjadi sia-sia. "Sehingga buruh menjadi miskin lagi," terangnya. Selain itu, pemerintah juga belum mau menggunakan dana pengalihan subsidi BBM untuk melaksanakan jaminan kesehatan (jamkes) ke seluruh rakyat pada 1 Januari 2014, namun malah mau menjalankan jamkes tersebut secara bertahap di 2019. "Lalu apa manfaat pengalihan subsidi BBM tersebut?," tutur dia.

Dia juga belum melihat adanya ketegasan secara terbuka dari pemerintah, bahwa pengalihan subsidi untuk transportasi publik dan perumahan buruh, padahal dua item ini membebani kehidupan buruh. "Menolak pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) karena tidak menyelesaikan kemiskinan. Pemerintah hanya seperti Sinterklas menjelang pemilihan umum," papar Iqbal. Sekadar informasi, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter.
http://bisnis.liputan6.com/read/6142...ikan-harga-bbm




Polisi saat mengahdapi demo anti-BBM tahun 2012 lalu

Amankan demo BBM, Polda Metro kerahkan 19.474 Personel
Senin, 17 Juni 2013 − 02:00 WIB

Sindonews.com - Pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium akan diwarnai demonstrasi dari berbagai elemen masyarakat, Senin (17/6/2013) besok. Mengawal jalannya aksi unjuk rasa itu, Polda Metro Jaya akan mengerahkan sebanyak 19.474 personel pengamanan di beberapa titik. "Jumlah personel pengamanan yang akan kita turunkan dalam aksi demosntrasi besok sebanyak 19.474," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Minggu (16/06) malam.

Rikwanto menjelaskan, belasan ribu personel itu akan ditugaskan menjaga demonstrasi di beberapa titik seperti Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan depan Gedung MPR/DPR.
Jajarannya juga telah mengestimasi jika jumlah pengunjuk rasa yang akan berdemo diperkirakan sekitar 5000 sampai 10.000 massa. "Estimasi jumlah pengunjuk rasa yang akan turun ke jalan besok, sekitar 5 ribu hingga 10 ribu massa. Kami prediksi mereka akan memenuhi Bundaran HI, di depan Istana Negara, dan depan gedung DPR MPR," tutupnya
http://metro.sindonews.com/read/2013...9-474-personel




Ada Demo Tolak BBM Naik, Waspadai Macet Parah
Polisi mungkin akan mengalihkan beberapa arus lalulintas.
Senin, 17 Juni 2013, 06:57

VIVAnews - Pemerintah berencana akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jika Rapat Paripurna DPR hari ini, Senin 17 Juni 2013, menyetujuinya. Terkait rencana tersebut, sejumlah aksi unjuk rasa akan terjadi di Jakarta untuk menolak kebijakan itu. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto memperkirakan ada 5.000 hingga 10.000 orang yang akan berdemo di beberapa titik Jakarta, hari ini. "Untuk pengamanan, kami menyiapkan sejumlah 19.474 personel," sambungnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Lantas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo menjelaskan, beberapa titik yang menjadi sasaran demo, antara lain Bundaran Hotel Indonesia (HI), Gedung DPR/MPR, Istana Negara, Kementerian ESDM, Kantor Pajak, RRI. "Serta Bandara Soekarno Hatta," ujarnya.

Untuk mencegah kemacetan panjang, Sambodo menambahkan, Polisi mungkin akan mengalihkan beberapa arus lalulintas. "Titik pengalihan akan terjadi di Semanggi arah Bundaran HI, kawasan Jalan Merdeka Selatan, Kawasan Istana dan Seputar Depan DPR/ MPR," ujarnya.Namun, Sambodo mengatakan bahwa pengalihan arus lalulintas tersebut bersifat situasional dan sangat tergantung perkembangan situasi keadaan di lapangan.
http://metro.news.viva.co.id/news/re...ai-macet-parah



Haruskah Terulang Kembali Bentrok Demontrans vs Polisi krn BBM Naik tahun 2013 ini?





FOTO-FOTO Bentrok Massa Demonstans dan Polisi, Saat Tuntut Pembatalan Kenaikan Harga BBM tahun 2012 Lalu

--------------

Ada kesamaan perjuangan diantara kelompok-kelompok anti kenaikan BBM saat ini, selain jangan naikkan harga BBM, ialah kemungkinan tuntutan rezim SBY diturunkan (padahal tinggal kurang dari setahun itu). Hati-hati sajalah, jangan anggap remeh, apalagi BSH kini mendapat support PKS, HTI dan kelompok-kelompok ormas pemuda lainnya seperti KAMMI, selain dukungan buruh dan mahasiswa kampus


emoticon-Sorry

Polling
0 suara
Agan Setuju / Tidak Setuju dengan kenaikan BBM?
Diubah oleh AkuCintaNanea 17-06-2013 01:23
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
54.5K
1.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.