astrorangerAvatar border
TS
astroranger
Saya berhenti jadi Operator Warnet.
Sebelumnya Thanks banget buat agan agan emoticon-I Love Kaskus (S)
Spoiler for cendol:



Hanya sekedar share pengalaman pribadi ane, mohon dibaca sampai habis karena ini bukan curhat.

Ane laki laki sekarang umur ane 23 tahun. Ane tinggal di salah satu kota kecil di kalimantan timur. ane lulus SMK tahun 2009 (pas umur ane masih 19 tahun), dan setelah lulus ane bingung mau ngapain. Karena orang tua ane ga sanggup membiayai ane untuk kuliah, ane malah disuruh kerja, tapi ga tau mau kerja apa. emoticon-Berduka (S)

Ane pernah disuruh ikut bokap ane bantu bantu bokap ane (bokap ane tukang kayu gan). Tapi ane ga mau karena ane ga bisa. Pegang gergaji aja ga bener. Akhirnya setelah 1 bulan lulus sekolah ane jadi pengangguran. emoticon-Cape d... (S)

Rasanya stres ane gan, soalnya teman teman ane udah pada punya kerjaan enak, dan ada yang kuliah di tempat bagus juga. Rasanya iri, tapi mau gimana lagi.

Pernah tetangga ane ngajak ane buat gali sepiting (yang buat WC itu lho gan) hanya demi uang 50000 aja. Akhirnya ane mau kerja begitu.
Akhirnya ane mencoba ngelamar kerja di perusahaan sawit. Setelah masukin lamaran, sekitar 2 minggu kemudian ada panggilan untuk tes dan wawancara, setelah itu bos perusahaan sawit itu bilang gini “sepertinya kamu harus ikut tes tahap II, Cuma saya belum bisa kasih tau kapan waktunya, bersabar aja dulu”. Akhirnya saya pulang dengan penuh harapan. (padahal ga lolos gan). emoticon-Mad (S)

Setelah 3 bulan nganggur akhirnya teman ane ada yang nawarin ane buat jadi OP warnet, tentu saja ane langsung terima. Upah jadi OP warnet waktu itu 500 rb / bln. Jumlah yang lumayan besar untuk ane, dan perasaan ane udah agak legaan dikitlah ketimbang sebelumnya. Baru 1 bulan jaga warnet, ane masih ngerasa kurang, tetap aja dalam hati ane merasa galau. Apalagi ada teman ane yang pernah bilang “ cari kerja itu yang bisa menjamin masa depan”. emoticon-Matabelo

Jadi suatu hari ane pergi ke Disnaker daerah ane dan nyari lowongan kerja, yang ada mah minimal D3. Lowongan utk lulusan SMA sederajat, adanya Cuma Sales doank gan. Akhirnya ane kembali jaga warnet selama 3 bulan, kalau mungkin sebagian besar OP warnet hari harinya main game atau FBan, ane malah sibuk nyari lowongan kerja, sambil iseng2 nulis blog. emoticon-Malu (S)

Beberapa hari kemudian, pas ane lagi jaga warnet malam, tiba2 ada sms masuk dari teman ane, isinya gini “besok km liat di disnaker ada lowongan kerja diperusahaan”. Akhirnya besok pagi ane langsung ke disnaker lagi untuk ngeliat lowongan itu, dan ternyata memang bener ada. emoticon-I Love Indonesia (S)

Akhirnya ane masukin berkas lamaran ane ke disnaker. Besoknya nama nama yang lolos berkas ditempel, dan ada sekitar 380an orang yang lolos berkas (termasuk ane). Kemudian tahap selanjutnya adalah TEST. emoticon-Bingung (S)

Tes pertama adalah psikotes, yang lolos tes ini sekitar 250an orang gan dari 380an orang tadi. Hari berikutnya adalah Wawancara I, yang lolos sekitar 180an gan. Hari berikutnya lagi adalah Wawancara II, yang lolos Cuma sekitar 45an orang, dan yang terakhir adalah Medical Check Up. Yang lolos medical Cuma 42 orang. Dan 42 orang itulah yang diterima sebagai karyawan disalah satu sub kontraktor perusahaan batu bara (termasuk ane). emoticon-Malu (S)



Setelah yakin keterima, ane langsung pamit sama yang punya warnet. Dan ane mulai bekerja sebagai karyawan subcont dengan gaji sekitar 3,5 jt / bln. walaupun masih status kontrak selama 2 tahun. Selama bekerja sebagai subcont, ane masih aja usaha bagaimana caranya bisa masuk ke perusahaan induknya. Akhirnya ane 3 kali ngelamar ke perusahaan induknya yaitu PT. P**a P*rs*d* N*s*nt*r* (ane sensor ya gan. Hehe). Tapi setalah 3 kali ngelamar, ane blum keterima juga.. dan pada saat kesempatan ke 4. Ane ngelamar lagi. emoticon-Ngakak

Yang ane tau waktu itu Perusahaan induk tersebut Cuma mencari 4 orang, dan peserta yang melamar ada 16 orang (semuanya merupakan karyawan subcont, termasuk ane). Seperti sebelumnya, kami semua harus menjalani tes lagi, yaitu : PSIKOTEST, INTERVIEW I, INTERVIEW II, MCU.
Setelah semua tes selesai dilaksanakan, akhirnya Cuma 5 org yang lolos sampe MCU, termasuk ane. Perlu waktu sekitar 5 bulan menunggu hasilnya bakal keterima di perusahaan induknya atau enggak. Dan 5 bulan pun berlalu, tepatnya 22 Maret 2012, akhirnya Cuma 3 orang yang diterima di Perusahaan induknya (Termasuk ane). emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Ane bersyukur banget gan bisa lolos sampe sejauh itu, Alhamdulillah sekarang kehidupan ane udah jauh lebih baik dan bisa bantu orang tua ane, sekarang tiap bulan ane bisa nerima sekitar Rp 5 jutaan / perbulan. Dan setiap 6 bulan ada insentive, kalau ditotal semua bisa nyampe 14 jutaan gan.

Ane akuin, hidup ini emang ga gampang, tapi bukan berarti ga mungkin, asalkan mau usaha insya allah bisa.Sekian pengalaman hidup ane gan, semoga cerita ini bermanfaat gan. Terima Kasih emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S)

Saya ga minta cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L), tapi kalau mau ngasih ya ga apa sih emoticon-Malu (S)

follow ane ya gan : https://twitter.com/ahmadramadani

setuju sama agan ini

Quote:




Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Diubah oleh astroranger 22-08-2013 10:43
0
49.1K
914
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.