Supir bis biasanya punya "bahasa" khusus menggunakan isyarat lampu / sen / klakson
TS
nara03
Supir bis biasanya punya "bahasa" khusus menggunakan isyarat lampu / sen / klakson
saat sein kiri dinyalakan (pengecualian utk belok kiri yaa).
ni bahasanya :
# Bila ada yg overtaking dr dpn, memberi tau kendaraan dpn bahwa
posisi nya sudah berada pd sisi paling kiri (maaf bukan mempersilakan
msk buat kendaraan di dpn nya...), itu sebabnya kendaraan yg crash dr
dpn akan segera mengambil lajur yg sbnr nya klo gak dikasih oleh
kendaraan yg disalip biasanya memaksa msk alias dipepet abiz....
# Memberikan signal buat kendaraan di belakangnya agar posisi
nya tidak melebihi sisi paling kanan bis tsb atau dgn kata lain bodi
sebelah kanan maksimal sejajar dgn bodi kanan bis tsb. Krn pd umumnya
driver sll agak condong kekanan utk mempunyai ruang pandang yg cukup
swaktu bermaksud overtaking.
Sebagai tambahan informasi, kalau kita mengerti isyarat lampu sein
kiri tsb, misalnya kita berada di urutan belakang 5 bus malam.
Jika pada posisi berpapasan (istilah driver :'crash') bus urutan 1
akan menyalakan sein kiri, diikuti bus 2 dst-nya sehingga bus paling
belakang akan waspada bahwa bus 1 sedang posisi 'crash'. Ini sangat
membantu iring-iringan pada jalan penuh tikungan, misal : Alas Roban.
Biasanya hazzard lamp (istilah driver : Lampu segitiga, karena pada MB
tombolnya merah dan berlabel segitiga putih) digunakan dalam situasi
darurat, berhenti mendadak, masuk RumahMakan atau SPBU.
Salah satu sopan santun di Bus Malam adalah dilarang menyalip dengan
lampu dim/lampu besar.
untuk lampu sen, ada berbagai macam:
- kalo berpapasan dgn kendaraan di depannya, menghidupkan lampu sen kiri itu bisa :
# a. memberitahu kendaraan yg berpapasan dgn kita bahwa kita tetap di jalur kita (susah njelasinnya )
# b. kita mau ngalah untuk mobil yg berpapasan dgn kita, contoh kalo kita lagi di blong dari depan, sen kiri berarti kita ngalah , silahkan mobil depan ngeblong.
# c. kita kasi tau mobil di belakang kita bahwa di depan kosong dan silahkan menyalip kalo mau (dan kalo bisa )
# d. mau belok kiri ..
kalo papasan dan kita idupin sen kanan , bisa:
# a. kita kasi tau ke mobil yg papasan dgn kita batas kanan kita seberapa, ini di gunakan biasanya di jalan yg kelok2, atau jalan yang sempit.
# b. memberitahu mobil dari depan bahwa kita tidak mau di blong ...
# c. kita memberitahu mobil di belakang kita bahwa di depan ada mobil yg papasan, jadi jangan nyalip!
"bahasa" ini bener2 tergantung dengan kondisi dan pemahaman pengemudi ..
tapi emang ada kode etik tertentu yang berlaku pada pengemudi, yang berhubungan dengan toleransi berkendara.
pernah naek bis yang nempel ketat bis depannya? nah pada saat bis didepan kita menyalip dan bis kita ngikut nyalip,
bis depan kita biasanya setelah nyalip langsung ambil kiri, ini gunanya biar bis kita (atau bis yang dibelakang dia) bisa ngeliat apa yang ada di depannya, jadi memberi ruang tembak eh ruang pandang ..
Tips aman berada di belakang bis.
disamping kita memperhatikan tanda-tanda sein / signal adalah MENJAGA JARAK AMAN itu aja kuncinya Kalo memang mau menuruti hawa nafsu, kita harus berpikir dan mempertimbangkan seberapa safety nya kendaraan yg kita bawa dr mulai akslerasi, rem dan kekuatan mesin kita untuk bisa mendahului / mengekor bis yg berada di depan kita.
Yang penting konsentrasi dan patuhi rambu2 jalan.
Perlu diingat bhw sopir2 bus malam itu memang hidupnya di jalan dan
hmpr tiap hari lewat jalan yg sama jadi tentu beda "feeling" sm
"touch" nya dgn kita2 yg "newbie".
Hal2 tertentu memang perlu dicontoh tp msh bnyk hal yg perlu
diperbaiki dari sikap berlalulintas bus2 malam.
Satu lagi....ngalah kadang2 perlu...bahkan bus2 jg sering ngalah klo di"blong" baik searah ataupun head-on. Gak baik trlalu ngikutin nafsu.
Spoiler for tips lagi:
satu tips lagi kalau menghadapi bis malam.
jangan gunakan klakson kalau mau minta jalan, tapi isyarat lampu dim sekali saja pasti akan dapat jalan dengan leluasa, baru klakson kalau sudah berhasil melewati sebagai ucapan terima kasih.
pertama berisik dan pasti akan mengganggu kenyamanan penumpang, bis malam sangat minimal dalam menggunakan klakson, karena klakson itupun juga ada maknanya.
1 kali tanda terima kasih, dan permisi numpang lewat gan.
klakson panjang tanda marah, biasanya terjadi kalau ada mobil lain yang membahayakan.
satu lagi tips buat para pengendara mobil pribadi di jalur pantura malam, kalau dibelakang anda ada isyarat dim 2x dari bis, berarti anda sedang berjalan terlalu pelan atau terlalu ke tengah. jadi kalau posisi anda sedang mau mendahului, dan dibelakang anda ada isyarat dim 2x, maka dipastikan didepan aman dan sang bis sedang menunggu anda untuk segera mendahului. tapi kalau mau pelan-pelan usahakan untuk berada di jalur terluar (kiri) atau terdalam (kanan).
nambah lagi...
jika kendaraan yang anda kendarai didahului bis, sedangkan di depan dari arah berlawanan ada kendaraan perhatikan dengan baik badan bis yang mendahului anda, kalau sudah lebih dari setengah badan sebaiknya anda mengurangi kecepatan berikan kesempatan untuk mendahului anda, tapi kalau bis belum mencapai setengah badan segera tambah kecepatan anda. karena kalau sudah setengah badan tapi anda malah menambah kecepatan maka akibatnya akan fatal, anda pasti juga akan terkena dampaknya, begitu pula kalau belum setengah badan anda malah melambat itu juga akan fatal, karena bis tidak punya kesempatan untuk kembali ke posisi semula.
Quote:
Original Posted By Aspergillus►ni ane ada video gan... y ttg isyarat sein gtu..
langsung aja ya...
silahkan d tonton vdeona...
jadi kalo kita udah ada di daerah yang jalan nya naek turun, mis:alasroban, pasti kita akan kesulitan jika ada truk di depan kita. sesaat sebelum jalan yang mendaki,jika truk itu mengetahui ada mobil lain di belakang (terutama mobil pribadi ) maka ia akan menyalakan sein kiri dan mengurangi laju kendaraanya (maksudnya untuk mempersilakan mobil yang lebih kuat untuk nanjak lewat duluan). tapi kalo supir truk gak tau, kita cukup klakson sekali saja atau lebih sederhana tongolin body biar kelihatan dari spion supir..... dan setelah itu supir akan melakukan hal yang sama seperti di atas.....n' yang lebih penting,pas kita nyalip di sampingnya kita bunyiin klakson satu kali tanda terimakasih karena udah mau ngalah sama yang kecil hehehehe
jadi jangan salah pengertian, kalo salah pengertian ntar dikira kita ga boleh nyalip karena tanjakan bahaya..... yang penting komunikasi aja antar pengendara yang mesti di mengerti.
NB: hal ini biasa dilakukan oleh pengemudi truk yang bermuatan penuh... atau berat saat menanjak sehingga pada saat menanjak justru akan menghalangi kendaraan lainya.belum tentu semua truk melakukan ini, jika truk dalam keadaan kosong / truk kecil, mereka jarang melakukan ini, karena mereka masih mampu menanjak dalam kecepatan yang tidak begitu lambat (normal)...!!!! jadi jangan anggep semua truk sama, truk juga ada jenis2 nya..
keep safe on the road gan.
Quote:
Original Posted By Kakek.Macho►Nice thread gan
Bisa jadi bahan pembelajaran lagi kalo jalan lintas kota
Ane sih biasanya cuma maenin lampu sein kanan sama dim lampu tembak
Sein kanan itu biasanya ane gunain buat kode ke mobil belakang kalo belom bisa overtaking
Atau juga kode ane ke mobil belakang dan mobil depan kalo ane mau overtaking mobil depan
Kalo ngedim lampu tembak sih kode ke mobil depan kalo ane udah ancang" mau overtaking
Terus 1 lagi yg ane tau
Kalo lagi konvoi atau rombongan
Sein kiri ane idupin buat ngasih tanda kalo ane mau minggir atau berenti...
Sein kanan (high speed) : Patokan mocong kendaraan, baik itu saat nyalip / tidak, kl lg ga nyalip cz you are alone without others cars cz biasanya kl jalan ditengah untuk menghindari lubang, jalanan rusak, jurang, binatang" (tiger, monkey, included)
Klakson panjang : Biasa diapake melewati Gua / Goa yg ukurannya hanya 1 1/2 mobil pribadi, make it fast, kl jarak anda cuma hitungan kurang 10 meter dr mobil di depan, tempel aja, tp kl engga tunggu reasponse dr lawan arah, hal ini menghindari dead lock
(Biasa terjadi di non lintas timur)
High beam : jangan marah kl lawan arah ganti ke low beam saat sudha dekat dengan agan, hal ini memastikan kl agan ga ngantuk, ada kendaraan lain dibelakang agan, serta memastikan kondisi lajur setelah melewati mobil agan cz ga semua jalanan si Sumatera ada garis pandu!
Sisanya belajar sendirideh cz menurut ane tiap daerah punya tata krama masing", tp yg umunnya tetep kepake
Yg ane share diatas berlaku saat malam ya, kl siang kynya biasa" aja, kl masuk desa / kota wajib ya low beam gannnnn
Akhir kata, Welcome to the jungle, keep safe
Quote:
Original Posted By mikhsans►makasih gan.infonya penting bwt sopan santun di jalan.ane menyimpulkan sopir2 bis itu lebih punya tatakrama klo lg bw kendaraan,ga kyk sopir2 mobil pribadi di kota.contohnya pemakaian lampu dim dan klakson.sopir mobil pribadi sering overacting pake dim,bisa nyalain dim beberapa kali atau nyala agak lama pdhl cm minta jalan ke kendaraan dari arah berlawanan bwt belok doang.klo soal klakson agan2 lebih tahu lah,apalagi di jakarta,ga usah ane ceritaian lagi
emang penting banget buat tau "bahasa" di jalan, apalagi yg udah antar provinsi. beda karakterisitik jalan, beda situasi.
yg ane prihatin sih banyak orang yang mentang2 udah bisa bawa mobil, terus dengan entengnya langsung pergi ke luar kota tanpa persiapan mateng. padahal itu penting banget, salah satunya dengan tau kondisi jalan dan pengendara yang lain. kalo cm biasa bawa di kota kan ga ketemu bis malam, truk gandeng, atau mobil2 gede lain yang udah jelas beda karakteristik sama kendaraan yang ada di kota. walhasil banyak kecelakaan dikarenakan ketidaksiapan pengendara.
so, buat agan2 yang mau berkendara ke luar kota, ada baiknya tanya2 dulu ke orang yg udh beberapa kali keluar kota, atau yg sudah biasa. supaya tau karakteristiknya. karena emang beda, dan agak susah jg sih sebenernya dijelasin.
emang sih ga usah pake nanya2 juga bisa berkendara keluar kota, tinggal gas rem doang (apalagi yg pake matic), tp bisa jadi berbahaya buat agan2 or pengendara lainnya
tengkyu buat TS atas sharingannya.
Quote:
Original Posted By arieflash►Ane pengendara motor yg tinggalnya di pinggiran ibukota, kalo jalan pagi selalu papasan sama bis2 AKAP yang baru dateng dari kampung, biasanya kalo mau nyalip bis2 tsb cukup kasih lampu dim 2 kali atau lebih sampe supirnya bener ngeh ngeliat dim kita dari kaca spionnya sama dikombinasiin lampu sein, trus kalo udah ngembalap bis tsb jgn lupa kasih tanda ucapan berupa klakson 1x ja, insyallah akan dibalas klakson pula sama bis nya
Soalnya setau memang ada bunyi variatif klakson, yg dimana diterapin juga di jalanan buat menandakan suatu isyarat tertentu.
Pengalaman ngeblong Panturaan bareng sopir2 bus malem
Quote:
Original Posted By davidadi►mantap gan.. ane ada tambahan wawasan baru nih dalam mengemudi dan berdampingan dengan kendaraan besar yang punya kode yang harus dimengerti..
sama juga gan kalo convoy motor ada kode2nya seperti kaki, tangan mengepal dll semua untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain.
Quote:
Original Posted By ninoarnod►Gan, tolong pekiwan ini. penting gan.
sebenernya ada salah kaprah di masyarakat yang ini fatal akibatnya. kaya yang agan taroh di pekiwan itu ada yang bilang sen kiri buat ngasih jalan! ini salah gan. kalo bis/truk ngasih sen kiri karena di depan ada mobil jadi jangan nyalip. bener yang kata agan!.
inget! SEN KIRI = Jangan NYALIP!
Sen KANAN= Jangan NYalip juga karena supir mau nyalip.
kalo ga ngasih sen apa apa, baru dah nyalip!
Quote:
Original Posted By rayearth666►nih trit berguna banget..sayang dulu lom ada tritnya 10 taun yg lalu...mau share dikit ajah sih sebenarnya...umur 18 ( thn 2003 ) ane disuruh bokap buat bawa mobil keluarga panth#r isi full 7 org beserta koper2...waktu itu pengalaman nyetir ane baru 2 taun..kemacetan jkt waktu itu ga separah skrg, banyak mobil saling sundul dan mepet2an adu tipis dll buat dapetin jalan kalo udah macet, tapi kalo perjalanan antar kota tuh skill di jkt ga ada apa2nya. yg jago nyalip, mepet2an, kenceng2an, adu ngotot, ama adu gengsi kalo ud jalan antar kota pasti down soalnya lawannya truk gandeng yg pelan dan sering membuat salah tafsir, bus antar kota yg kenceng gila, mobil pribadi yg semua berbeda cara bawanya...ini ilmu yg ane dpt setelah 3x bolak balik jkt- surabaya 2x lewat pantura 1x lwt selatan..
1. persiapan itu harus matang seperti cukup tidur, makan bergizi, posisi nyaman pas nyetir.
2. waspadanya harus tingkat tinggi, peka terhadap kendaraan lain juga.
3. selalu berdoa sebelum berangkat dan mengucap syukur ketika tiba di tujuan.
4. nyetir harus disertai co pilot buat teman bicara ( sebaiknya yg bisa nyetir juga )
trik baru yg ane dpt.
1. kalo depan bis / truk, lo kalo mau nyalip cukup klakson sekali trus nongolin mobil ke kanan biar terlihat ama sopir bus depan...( itu tanda kalo anda mau nyalip ) kalo truk depan kasih sen kanan itu tandanya lo bisa nyalip / aman untuk mendahului, tp ada juga yg truk kasih sen kiri buat tanda kalo depan ga aman, ada juga yg diem aja ga kasih sen.
2. plg bahaya kalo nyalip truk gandeng...ada truk gandeng yg nakal ga kasih stiker kalo itu truk gandeng...jadi pas nyalip lo ibarat harus salip 2 truk, itu bahaya bgt kalo timing lo kacau...
3. bis antar kota lebih sadis daripada bus kopaja / metro mini..kencengnya parah bgt itu kalo lg nyalip.
4. perhitungan lo nyalip kalo mobil berlawanan kalo nyalip juga mending lo ngalah aja, jgn dipaksain sama2 salip tp dari 2 arah yg berlawanan, timing lo bisa kacau.
5. setiap kali nyalip kalo bisa ketika gigi 2. jgn gigi 1 / gigi 3 kalo nyalip bis / truk. ketika lg nyalip untuk yg manual jgn pernah ketika nyalip pindah gigi...lo ga tau kalo lg nyalip ternyata selip ga masuk gigi 3, timing mobil lo kacau dan pasti kaget bgt. alhasil mobil lo memelan, triknya adalah lo gas pol trus ampe rpm merah kalo ga dpt sekaligus lgs matiin ac.
6. inget jalan antar kota tahan kecepatan 80 - 110 kpj, karena kalo 60 kpj lo sering disalip ama mobil belakang...
7. banyak bgt keanehan berkendara truk2 seperti jalan zigzag kalo lg tanjakan tinggi, ternyata mereka ga kuat nanjak lurus, jadinya kaya oleng kiri kanan buat nambahin gesekan...
8. dulu alas roban plg serem, udah gelap kiri kanan hutan pohon gede, jaman gw lom ada jalur ke 2...jadi semua kendaraan lewatin jalan itu, kalo skrg udah ada jalur buat truk ama bis sendiri.
9. kalo udah gelap mending lo ngikut mobil depan, jadi jgn depan lo kosong, itu bahaya bgt..mending sih cari mobil depan lo biar merasa lebih aman kalo ada apa2..
dan masih banyak lg, intinya kesabaran dan sikap " ngalah aja d gw "
NB: overtaking tuh istilahnya nyusul kendaraan lain di depan kita lah, kurang lebih begitu.
Quote:
Original Posted By rahardiya►buat agan-agan yang gak tau maksud TS "blong"...
itu maksudnya papasan antar mobil/truck/bis di jalan kecil, jadi salah satu harus ngalah minggir.
CMIIW
maap jg klo berantakan gan.
update post #3.
Diubah oleh nara03 10-01-2014 13:34
0
77.5K
Kutip
591
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!