Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jellybeanv41Avatar border
TS
jellybeanv41
Babak Baru Persaingan Konsol Game Antara PS4 dan Xbox One

Pertarungan sengit industri game semakin memuncak, apalagi sejak Sony Computer Entertainment berencana meluncurkan produk baru PlayStation (PS4) untuk merebut ceruk pasar konsol game. Lalu, bagaimana nasib Xbox One besutan Microsoft?

Pasar saham global menyinyalir kehadiran PS4 nanti bakal menggeser pasar Xbox One besutan Microsoft. Sinyalemen itu tampak dari nilai saham Sony naik 9,25 persen, sedangkan Microsoft turun 0,66 persen pada saat rilis Xbox One pada 21 Mei 2013.

Microsoft dan Sony diprediksi akan memamerkan produknya, yakni Xbox One dan PS4, pada ajang Electronic Entertainment Expo (EEE) di Los Angeles Convention Center, Amerika Serikat (AS) pada 11-13 Juni 2013. Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan paket Xbox One secara lengkap, sedangkan PS4 baru diperkenalkan Sony sebatas controller-nya saja yang akan dilanjutkan dengan rilis secara penuh pada 10 Juni 2013.

Walaupun demikian, kedua perusahaan itu belum secara tegas menyebut harga dan kapan akan dilempar ke pasar secara pasti. Microsoft telah membuka pra pemesanan produk itu melalui lamannya. Xbox One merupakan konsol game generasi lanjutan dari Xbox 360 yang telah dilepas ke pasar pada 22 November 2005, sedangkan PS4 tidak mau dibilang Sony sebagai generasi penerus PS3.

Jeroan Xbox One dan PS4 diperkirakan berbeda pada prosesor, namun keduanya menggunakan System On Chip (SOC) Jaguar milik Advanced Micro Deviced (AMD). Peranti ini mendukung Xbox One pada sejumlah fitur seperti Live TV, Xbox Snap, dan perintah suara.

Lebih detail lagi, Xbox One punya spesifikasi Random Access Memory (RAM) 8 Giga Byte (GB), Central Processing Unit (CPU) 8 core dan Graphic Processing Unit (GPU) SoC serta HDD 500GB. Urusan koneksi produk ini menggunakan Universal Serial Bus (USB) 3.0, 802.11n Wireless dengan WiFi Direct, High Definition Multimedia Interface (HDMI) in/out, dan native 64 bit.

Sementara itu PS4 memunyai prosesor 8 core AMD x86 CPU, GPU AMD Radeon, dan memori 8 GB Graphic Double Data Rate (GDDR) 5. Perangkat ini bisa terhubung dengan ethernet 802.11 b/g/n Wifi Bluetooth 2.1 dan HDMI composite optical output.

Kinect 2.0
Spesifikasi Xbox One dan PS4 tersebut didukung peranti yang punya keunggulan masing-masing. Xbox 360 memunyai controller Kinect 2.0 yang bisa mengenali perintah dari gerakan tubuh penggunanya menggunakan kamera High Definition (HD) 1080p. Suara berbunyi "Xbox on" akan direspons controller Xbox One dengan pengguna bisa melakukan sign in.

Perangkat ini juga bisa mengenali ruangan yang besar, gerakan tubuh, ekspresi wajah pengguna dengan emoticon, dan detak jantung pemain. "Kami sangat serius mengembangkan Xbox One," kata Yusuf Mehdi, Senior Vice President (SVP) Microsoft Interactive Entertainment Business.

Xbox One juga dapat memutar piringan Blu-ray dengan hasil suara yang lebih jernih. Kernel yang dipakai pada produk ini adalah Windows 8 sehingga memungkinkan perpindahan dari satu game ke game lain secara mudah.

Siaran televisi bisa ditonton secara gampang berkat fitur Live TV. Komunikasi dengan sesama pemain dengan Xbox One bisa lewat Skype dengan fitur Xbox Snap. Konsol game ini bisa dikendalikan dengan ponsel cerdas dan tablet melalui fitur Smart Glass.

Microsoft juga telah mempersiapkan ratusan server untuk mendukung berbagai game yang dimainkan lewat Xbox One. Langkah ini diklaim bisa meningkatkan kualitas grafis dari game.

Namun, Xbox One tidak bisa digunakan oleh sembarang gamer. Pasalnya, untuk memainkan konsol ini harus diinstal terlebih dulu dengan serial number khusus dalam Hard Disk Drive (HDD). Lalu serial number akan diverifikasi Xbox Live melalui internet.

Isi game yang bisa diputar pada Xbox One akan berbeda antarsatu wilayah dengan wilayah lain sesuai lokasi pembeliannya lantaran keberadaan fitur Region Lock. Sejumlah fitur tertentu juga hanya bisa digunakan pemain Xbox One apabila perangkat ini terhubung dengan internet.

DualShock
Sementara itu, Sony baru menyebutkan kapasitas PS4 melebihi generasi sebelumnya, yakni PS3. "Ukuran hard disk PS4 lebih besar dibandingkan konsol terdahulu," ujar Chris Norden, Senior Staff Engineer Sony Computer Entertainment.

Sony juga melengkapi PS4 dengan DualShock 4 yang bisa mendeteksi sentuhan sekaligus dari pemain yang selanjutnya tersimpan. Navigasi user interface (UI) bisa dilakukan untuk mengontrol cursor dan slider button. Suasana hati pemain juga bisa dikenali DualShock dengan warna merah, biru, dan hijau.

Tombol Share juga terdapat pada PS4 yang bisa mengunggah gambar dan video secara cepat. Tombol ini juga bisa memperlihatkan game yang sedang dimainkan seorang pemain kepada orang lain. Selain itu, PS4 dapat digunakan untuk berkomunikasi antar pemain melalui Share Button. Bahkan, sekilas permainannya bisa dikirimkan kepada pemain lain.

Pengembang "Game"
Berbagai peranti yang dimiliki kedua konsol game tersebut akan didukung game-game terbaru. Sejumlah pengembang game siap menyediakan game-game untuk Xbox One seperti Electronic Arts (EA), Microsoft Studio, Activision, dan Ubisoft. EA memberikan game-game seperti FIFA 14, Madden NFL 25, NBA Live 14, dan game baru UFC. Hal yang sama juga dilakukan Microsoft Studio, misalnya Forza Motorsport 5.

Call of Duty Ghost merupakan game yang diproduksi Activision untuk Xbox One. Ubisoft menawarkan game-game antara lain Watch Dog dan Assasin Creed IV Black Flag.

Hal yang sama juga dirasakan PS4 berupa sedikitnya tiga game yakni FIFA14, Battlefield 4, dan Need for Speed Rivals telah disiapkan EA. Pengembang-pengembang lain seperti Ubisoft, Capcom, Square Enix, dan Blizzard juga siap menyediakan game-game untuk PS4. mochamad ade maulidin


Nih Sumbernya
Semoga agan suka dgn Thread ane ya...
emoticon-Rate 5 Star
Agan2 yg baik hatimnya, bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya ya...

0
3.4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.