Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maulanaozora99Avatar border
TS
maulanaozora99
KEAJAIBAN PADA PENCIPTAAN CAPUNG
Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nam Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada dilangit dan dibumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. Al-Hasyr : 24)

Dalam artikel berrjudul “The Mechanical Design of Insect Wings” ,Ahli biologi inggris bernama Robin Wottom mengatakan : “ makin baik kita memahami guna sayap-sayap serangga, maikn canggih dan indah rancangannya , bentuk-bentuk umumnya dirancang dengan cacat sedikit mungkin , cara kerjanya dirancang untuk menggerrakkan bagian-bagian rancangannya dengan cara terencana. Sayap-sayap serangga menggabungkan kadua hal ini menjadi satu,dengan menggunakan bagian-bagian rencana dari beragam bahan lentur, yang terangkai secara sempurna untuk memungkinkan perubahan bentuk dalam menanggapi kekuatan yang tepat untuk mengahasilkan pemanfaatan udara sebaik mungkin. Mereka malah lebih dahulu mempunyainya, jika memang kesesuaian dengan teknologi”

Capung : Yang Menginspirasi pembuatan Helikopter.
Capung adalah serangga yang dapat terbang. Capung merupakan inspirasi dari pembuatan helicopter. Seorang perancang helicopter, Sikorsy membuat model helicopter dengan menjadikan capung sebagai model. Dua ribu ribu jenis penggambaran khusus dilakukan dikomputer dalam hal manuver capung diudara. Pada dasarnya tubuh capung menyerupai bentuk pilin yang terbungkus logam. Dua sayapnya saling-silang pada badanya yang menampakkan bias warna dari biru muda hingga merah marun, salah satu kemampuan dari capung adalah dapat berhenti mendadak dan terbang kembali dengan arah berlawanan serta dapat tetap diam di udara untuk berburu.

Design helikopter yang berasal dari capung
Kemudian kehebatan dari capung adalah dapat terbang sangat cepat untuk seekor serangga, yaitu sekitar 25 mil perjam (40 kilometer perjam). Saat capung bertabrakan dengan mangsanya. Gunjangan pada mangsanya ini sangat kuat. Namun, ketahanan capung sangat lentur sehingga tahan terhadap benturan. Sebaliknya, hal yang sama tidak akan terjadi pada mangsanya, justru mangsanya akan kehilangan kesadaran atau bahan mati karena benturan ini. Ketika telah mendapatkan mangsanya, kaki dari capung berfungsi sebagai senjata dimana kaki ini dengan tangkas mencabik-cabik dan memakan mangsanya dengan rahangnya yang kuat.
Lebih dari itu capung adalah serangga dengan pengllihatan yang sangat mengesankan dan merupakan mata terbaik diantara semua serangga. Mata dari capung mempunyai sekitar 30 ribu lensa yang berbeda. Dua mata nyaris bulat, masing-masing hamper separuh ukuran kepalanya, memberikan serangga ini wilayh pandang yang luas. Sehingga secara otomatis capung selalu dapat mengetahui keadaan di belakangnya.
Keajaiban selanjutnya terletak pada sayap capung. Sayap-sayap ini dapat bergerak maju mundur ataupun keatas dan kebawah. Gerak sayap ini didukung oleh suatu bentuk persendian yang rumit. Capung mempunyai dua pasang sayap, sepasang dibagian depan pasangan lainnya. Sayap-sayap tersebut bergerak secara berlawanan, yakni ketika dua sayap didepan terangkat, maka kedua sayap belakangnya bergerak turun. Dua kelompok otot yang berlawanan menggerakan sayap-sayap tersebut. Otot-otot tersebut terikat pada tuas didalam tubuh. Ketika satu kelompok otot menarik sepasang sayap dengan mengerut, kelompok otot yang lain membuka sepasang sayap lainnya dengan serta merta. Helikopter naik turun dengan cara yang serupa. Hal ini memungkinkan capung untuk diam diudara, bergerak mundur atau seketika mengubah arah.



Sumber : Keajaiban design di alam ; Harun yahya.
emoticon-Matabelo

linknya : http://www.biologinesia.com/2013/06/...an-capung.html

jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan, atau emoticon-Rate 5 Star gan kalau infonya bermanfaat. emoticon-Matabelo


Diubah oleh maulanaozora99 08-06-2013 04:35
0
2.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.