Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xirhabyxAvatar border
TS
xirhabyx
Jangan Makan Hiu, Ini Alasannya!!
Ane ingin berbagi Informasi penting menurut ane, yang salah satu penyuka seafood juga (meskipun ane belum sempet ngerasain masakan ini emoticon-Matabelo) tapi ya semoga bisa bermanfaat untuk agan" semua. Kalau bisa turut disebarluaskan informasi yang menurut ane penting untuk anak cucu kita dimasa depan. emoticon-Turut Berduka

Spoiler for Buka:


Kalau belakangan ini, mulai sering mendengar kampanye-kampanye yang semakin gencar berusaha menghentikan penangkapan hiu untuk dimakan manusia, ini dikarenakan oleh angka yang semakin mengkhawatirkan akan jumlah penangkapan hiu. Hiu dibantai sebanyak 100 juta ekor per tahun, 274.000 ekor per hari, 11.400 ekor per jam, 190 ekor per menit, atau kini, sudah tiga ekor per detik!

Jangan Makan Hiu, Ini Alasannya!!

Angka itu menjadi alasan utama dari banyak sekali alasan untuk kita semua menghentikan penangkapan pada jenis ikan yang seringkali dianggap musuh manusia di laut ini. Padahal, ada banyak fakta penting lainnya yang harus Urbanesian tahu tentang hiu. Berikut ini adalah daftarnya.

Hiu Punya Peran Penting di Laut

Hiu adalah predator tingkat atas (apex predator) di piramida makanan ekosistem laut yang berfungsi penting dalam mengontrol keseimbangan populasi biota-biota laut lain di bawahnya, termasuk keseimbangan populasi ikan yang kita konsumsi. Jadi, hiu punya peranan penting, yang jika sampai musnah akan merusak kehidupan ikan lainnya di laut.

Perburuan Hiu Sangat Sadis

Hiu dijadikan menu makanan yang populer, terutama bagian siripnya. Secara umum, pemburu yang mengincar sirip hiu (dan tidak jarang bagian tubuh lainnya) dengan memotong sirip mereka hidup-hidup atau biasa disebut dengan shark finning, lalu hiu tanpa sirip tersebut dibuang ke laut dalam keadaan masih bernyawa untuk kemudian mati secara perlahan. Maka tidak heran, banyak hiu yang mati terdampar ditemukan sudah tidak bersirip lagi.

Spoiler for Hiu:


Indonesia Penangkap Hiu Terbesar di Dunia

Negara penyedia menu makanan hiu memang masih dianggap jarang, tapi sedihnya, negara kita terkenal sebagai pengekspor bahan baku menu tersebut. Laporan TRAFFIC (www.traffic.org), selama tahun 2000-2010 menyebutkan bahwa Indonesia adalah penangkap hiu terbesar di dunia. Sebagian besar produk tersebut diekspor dalam bentuk sirip, minyak, dan kulit.

Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia berada di urutan pertama dari 20 negara penangkap hiu terbanyak di dunia, di atas India, Spanyol, Taiwan, dan Argentina. Indonesia memasok sekitar 15% dari total kebutuhan sirip hiu dunia, sedangkan negara lainnya hanya 1% saja.

Kandungan Merkuri Hiu yang Tinggi Berbahaya bagi Manusia
Last but not least, di samping seluruh alasan sebelumnya, alasan satu ini mungkin bisa jadi alasan yang bisa membuat Urbanesian benar-benar tidak memakan fauna satu ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wildaid Asia, kandungan merkuri dalam hiu yang kita konsumsi (umumnya siripnya) sangatlah tinggi, bisa sampai 42%. Kandungan merkuri yang terlalu tinggi dalam makanan bisa merusak sistem syaraf, khususnya pada janin atau anak di bawah lima tahun. Merkuri juga dapat mengacaukan organ reproduksi dan sistem kekebalan tubuh.
Spoiler for Hiu:

Apa yang harus kita lakukan?

Jika kondisi ini terus berlangsung, keseimbangan rantai makanan dalam ekosistem laut akan terganggu dan berdampak negatif bagi ketahanan pangan Indonesia.

Langkah nyata untuk kalian yang masih mengkonsumsi sirip hiu adalah dengan berhenti mengonsumsinya sekarang juga, atau jika belum, jangan pernah mencobanya. Masih banyak menu seafood lainnya yang bisa Kalian coba. Sedangkan bagi penjual, menghentikan penjualan produk-produk hiu dapat mengangkat citra penjual di mata pembeli. Media massa juga diminta untuk dapat menghentikan semua promosi kuliner produk hiu (WWF-Indonesia).

Kalian juga dapat berpartisipasi dengan menandatangani petisi yang akan dikirim ke pemilik restoran yang menyajikan menu berbahan hiu. Perusahaan ritel yang menjual produk berbahan hiu, perusahaan eksportir produk berbahan hiu, perusahaan farmasi yang memproduksi produk berbahan hiu, media massa yang masih mempromosikan kuliner hiu, konsumen kuliner berbahan hiu, pemilik hotel yang menyajikan menu berbahan hiu, dan pemilik jasa katering yang menjual menu berbahan hiu.

Tanda tangani petisi tersebut disini.. [URL="[url]http://www.change.org/id/petisi/hentikan-promosi-konsumsi-dan-penjualan-produk-produk-hiu-save-our-sharks-save-our-seafood-save-our-ocean[/url]

Spoiler for Petisi:


Don’t eat sharks by now!
Sumber: di sini

Semoga informasinya bermanfaat,

Komen bermutu ane taro di pejawen..emoticon-2 Jempol
Untuk SIlent Reader sempatkan emoticon-Rate 5 Starbiar banyak yang baca..
Untuk Yang ngejar ISO, silahkan Komeng dimari dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star juga
Yang udah ISO, bolehlah dibagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star juga
Maaf belom butuh emoticon-Blue Guy Bata (L) buat bangun rumah emoticon-Ngakak
Diubah oleh xirhabyx 12-06-2013 19:29
nona212
nona212 memberi reputasi
1
5.7K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.3KThread88KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.