Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DonkpretzAvatar border
TS
Donkpretz
40 Ribu Pekerja Outsourcing PLN Terancam PHK
40 Ribu Pekerja Outsourcing PLN Terancam PHK

Liputan6.com , Sebanyak 40 ribu karyawan oursourcing PT PLN (Persero) terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) pada Oktober mendatang. Hal itu seiring dengan penerapan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) mengenai pelaksanaan jenis pekerjaan alih daya (outsourcing).

Dalam aturan itu, pekerjaan alih daya hanya untuk lima jenis pekerjaan, yaitu jasa pembersihan ( cleaning service ), keamanan, transportasi, katering dan jasa Migas pertambangan. Di luar 5 profesi itu, perusahaan bakal kena sanksi.

"Sementara 40 ribu orang ini bekerja untuk pekerjaan-pekerjaan utama di PLN, karena ada aturan itu mereka terancam PHK di Oktober karena November sudah tidak pakai pekerja outsourcing lagi," ungkap Presiden Konfederasi Serikat PekerjaIndonesia (KSPI), Said Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com , Rabu (12/6/2013).

Dia menjelaskan seharusnya keberadaan aturan tersebut membuat PLN mengangkat pekerja outsourcing jadi karyawan tetap bukan malah memecatnya. PLN juga dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan
"Dalam UU, kalau sudah lima tahun itu harusnya diangkat jadi karyawan PLN," tuturnya.

Untuk itu, pada hari ini sebanyak 300 orang buruh berdemo di depan Kantor Pusat PLN. Menurut Said, pihaknya meminta bertemu dengan Direksi PLN guna membahas kelanjutan nasib tenaga outsourcing PLN.

"Kami akan mengambil langkah-langkah negosiasi. Kalau permintaankami tidak dipenuhi, nanti akan ada aksi demonstasi yang lebih besar," jelas dia.
Tak hanya di kantor PLN, setelah ini massa juga akan berunjuk rasa di depan kantor PT Toyota Astra Motor(TAM) di Sunter, Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

"Ada 1.000 orang pekerja outsourcing yang terancam PHK di TAM," jelas dia.

Sumber

Terancam PHK, Pekerja Outsourcing PT PLN Berencana Mogok Nasional

40 Ribu Pekerja Outsourcing PLN Terancam PHK

Liputan6.com, Jakarta : Sekitar 300 buruh dari PT Perusahaan ListrikNegara (PLN) yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung PT PLN Pusat, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Mereka menuntut penghapusan sistem alih daya atau outsourcing .

"Terkait dengan tuntutan kami, pemerintah tidak mematuhi aturan mengenai keluarnya Peraturan Menteri. Ternyata sampai dengan sekarang masih outcourcing ," kata Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Jawa Barat Cepi Mustopa yang memimpin aksi demonstrasi ini, Selasa (12/6/2013).

Menurut Cepi, para buruh yang masih bekerja di PT PLN dengan status outsourcing itu terancam diputuskan hubungan kerjanya pada bulan Oktober 2013 nanti. Sehingga, para buruh PLN mengancam untuk segera melakukan mogok kerja nasional pada 16 Agustus mendatang.

"Bulan Oktober ini, kami semua pekerja PT PLN yang masih outsourcing akan diputus hubungan kerjanya secara nasional. Untuk itu kami terus bergerak. Jika ini tidak dihiraukan, maka tanggal 16 Agustus kami akan melakukan mogok kerja secara nasional," tambah Cepi.
Para buruh mendesak pemerintah dan Kementerian BUMN serta PT PLN untuk memenuhi tuntutan mereka yang ingin menjadi karyawan tetap dan menghapus sistem kerja outsourcing . Menurut Cepi, gaji yang diterima para buruh PT PLN yang berstatus outsourcing tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap kepada pemerintah dan Menteri BUMN tuntutan kami untuk dikabulkan. Kami siap menjadi karyawan tetap PT PLN tapitidak mau digaji seperti sekarang," katanya.

"Upah kami saat ini hanya sebesar Rp 900 ribu per bulan, bagaimana kita mencukupi kehidupan sehari-hari kita. Kami cuma minta dijadikanpegawai tetap, sudah banyak teman-teman kami yang sudah bekerja selama 20 tahun lebih tapi masih jadi karyawan outsourcing ," tutup Cepi.


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh Donkpretz 12-06-2013 07:09
0
4.4K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.