Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kateliciiousAvatar border
TS
kateliciious
5 Goa Wisata di Indonesia
Pertama-tama kita emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star dulu yuk gan biar para KasKus-er yang lain bisa liat juga emoticon-Smilie
5 Goa Wisata di Indonesia 5 Goa Wisata di Indonesia

Semoga gak emoticon-Blue Repost ya gan emoticon-Cool
Spoiler for NO REPOST:


Yadah yuk langsung aja menuju TKP gan! cekibrooot!

"Indonesia di kenal sebagai negeri yang kaya akan keindahan". Anggapan ini tidak salah, karena memang banyak lokasi di wilayah Indonesia yang memberikan view panorama yang meneduhkan mata. Lihat saja sunrise kawasan tengger dari atas gunung Penanjakan. Atau kapan ada waktu, bisa mengunjungi Raja Ampat dengan keindahan pulau-pulaunya yang bersinergi dengan deburan ombak.

Keduanya hanyalah contoh betapa keindahan Indonesia layak untuk di kunjungi. Masih banyak tempat lainnya yang memberikan sensasi keindahan tersendiri saat berkunjung kesana. Tidak hanya berupa jajaran gunung, pantai, teluk, air terjun, di bawah perut bumi pun, berupa goa, kita masih bisa melihat keindahan yang di anugerahkan Tuhan kepada negeri ini. Mau tahu keindahan goa wisata di Indonesia yang bisa kita kunjungi? Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Goa Maharani, Lamongan, Jawa Timur

Spoiler for Goa Maharani:


Gua ini di sebut juga sebagai gua Istana Maharani. Berada di kedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 m2. Diketemukan tanpa sengaja pada tanggal 6 Agustus 1992 dan diresmikan sebagai obyek wisata pada tanggal 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan (saat itu Muhammad Faried)

Menurut Prof Dr. KRT. Khoo ahli perguaan internasional dari yayasan Speleologi Indonesia di Bogor menilai bahwa stalaktit dan stalakmit di gua istana Maharani masih tumbuh. Pertumbuhannya mencapai kurang lebih 1 Cm per sepuluh tahun. Karenanya keindahan gua ini bisa disejajarkan dengan gua Altamira di Spanyol. Gua Mamonth di Amerika Serikat dan gua Carlsbad di Perancis.

2. Goa Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah

Spoiler for Goa Jatiajar:


Goa Jatijajar adalah sebuah tempat wisata berupa gua alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajar mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 meter. Lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12 meter sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, dan ketingian dari permukaan laut 50 meter.

Ada yang unik saat kita berada di dalamnya, yaitu adanya 32 patung yang sengaja di bangun. Patung-patung ini mengisahkan cerita legenda dari "Raden Kamandaka - Lutung Kasarung". Mitos yang berkembang di masyarakat, dahulu kala Gua Jatijajar pernah digunakan untuk bertapa oleh Raden Kamandaka Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran, yang bernama aslinya Banyak Cokro atau Banyak Cakra.

3. Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur

Spoiler for Goa Gong:


Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, sekitar 30 kilometer dari Kota Pacitan. Kenapa goa ini di sebut dengan goa gong? di karenakan pada ornamen tertentu dapat mengahasilkan suara seperti gong.

4. Goa Leang-leang, Maros, Sulawesi Selatan

Spoiler for Goa Leang Leang:


Goa ini tidak hanya menawarkan keindahan stalagtit maupun stalagmit, tapi juga menjadi bukti otentik kita mengenali manusia purba. Wisata situs bersejarah goa purba ini berada di Leang Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Tidak jarang, goa ini sering mengundang para peneliti untuk datang.

5. Goa Harimau

Spoiler for Goa Harimau:


Goa ini berada Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji, Ogan Komering Ulu. Dinamakan Gua Harimau karena pada zaman dahulu, di gua yang memiliki pintu masuk sekitar 40 m-50 m tersebut terkenal tempat harimau menyimpan hasil buruannya. Gua dengan kemiringan 60 derajat hingga 80 derajat ini konon menjadi sarang harimau.

Goa ini menjadi lebih populer ketika di temukannya fosil manusia purba 3000 tahun.

Yang tadi lupa mau emoticon-Rate 5 Stardiingatkan lagi ya emoticon-Big Grin Ane gak nolak emoticon-Blue Guy Cendol (L) kok gan asal jangan kasih ane...
Spoiler for jangan:


KasKus-er yang baik selalu meninggalkan jejak sesudah mampir emoticon-Smilie

Sumber : http://www.djarum-super.com/adventur...-di-indonesia/

Spoiler for Tambahan dari KASKUSER:
Diubah oleh kateliciious 12-06-2013 16:35
0
2.7K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.