alip.panduAvatar border
TS
alip.pandu
Nih Gan Asal Usul Pizza (Penggemar Pizza Masuk)
Halo gaan gimana kabar ente? emoticon-2 Jempol
semoga baik baik aja gaan emoticon-2 Jempol
Kali ini ane mau ngebahas asal muasal Pizza gan, pasti agan tau Pizza dong? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak



Tahukah ente Pizza pada awalnya adalah makanan orang miskin?
Sejarah Pizza dimulai pada saat orang Yunani yang pertama membuat adunan roti berukuran besar, bulat dan rata dengan menggunakan campuran rempah-rempah dan minyak. Pada saat itu tomat belum ditemukan, sehingga tidak dipergunakan dalam campuran tersebut.
Spoiler for Awas Ngiler Gaan:

Pada abad ke 18, jenis roti ini mulai dikenal di Itali serta dijual di jalan-jalan dan pasar dengan nama ‘Pizza’. Pizza pada saat itu tidak mempunyai toping apapun melainkan hanya seperti roti tawar berbentuk bulat. Roti ini sangat mudah dibuat dan biayanya murah, karena itu kebanyakan dijual ke orang-orang miskin di daerah Naples, Raja Ferdinand I (1751-1825) konon penah menyamar sebagai rakyat jelata dan secara diam-diam pasar rakyat di Napoli.
Spoiler for Buka gaan:


Menurut cerita,dia ingin melahap makanan yang dilarang ratu di dalam istana kerajaan yaitu, PIZZA. Pizza mungkin juga berasal dari Napoli sekitar tahun 1720.Pada saat itu, pizza umumnya dianggap sebagai makanan rakyat miskin, makanan siap saji yang dijual dan dinikmati di luar rumah . Penjualnya menjual di sekeliling di jalan-jalan, sambil berteriak menjajakan dagangan mereka yang lezat . Untuk mengawetkan kehangatan Pizza tersebut, Pizza disimpan di dalam scudo, sebuah bekas tembaga yang diletak di kepala si penjual.
Berbalik kepada raja tersebut, Raja Ferdinand 1 akhirnya memberi tahu orang-orang istana tentang kegemarannya akan pizza, tak lama kemudian, karena pizza yang dijual di jalanan jauh lebih lezat, orang-orang kaya dari golongan elite dan kerajaan mulai menyerbu kedai pizza.
Resep Pizza disebarkan ke seluruh Itali dan Perancis Selatan. Orang Roman dan Perancis menyukai topping bawang bombai dan zaitun, selain itu Pizza Perancis ditambahkan ikan kecil-kecil berbentuk persegi.
Spoiler for Buka gaan:

Tahun 1830, di Napoli, kedai pizza yang pertama telah dibuka. Saat Raja Umberto I dan permaisurinya, Ratu Margherita berkunjung ke Napoli, seorang tukang roti bernama Raffaele Esposito membakar Pizza istimewa untuk Raja dan Permaisuri. Pizza itu berwarna merah putih ijau seperti bendera Itali.Warna merah dari tomato, putih dari keju mozzarella, ijau dari daun basil segar, dan rotinya dibuat rangup.
Ternyata Ratu sangat suka dengan roti yang melambangkan tanah air . Lantas sejak saat itu banyak yang membuat pizza serupa yang diberi nama Pizza Margherita, dan sejak saat itu pula pizza bukan makanan orang miskin malah dimakan semua golongan . Selain dari itu juga, pizza zaman sekarang mempunyai berbagai rasa dan cara pembuatannya

Naahh gitu kira kira gan asal usulnya, jangan laper yaa abis mbaca thread ini emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Makasih udah mampir di thread ane gan kalo bekenan bantu emoticon-Rate 5 Star sama ane haus nih tolong siram emoticon-Blue Guy Cendol (L) dong gaan emoticon-Malu



Silahkan mampir di thread ane lainnya gaan emoticon-2 Jempol
Spoiler for thread ane lainnya:
Diubah oleh alip.pandu 29-04-2013 11:01
0
11.4K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.