Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ID.fenomenalAvatar border
TS
ID.fenomenal
Sensor di Pergelangan Tangan untuk Ukur Tekanan Darah
Sebelumnya ane mau ngucapin Assalamualikum gan. Ane disini newbie. sorry ye gan kalo berantakan. heheh ane minta bimbingannya ya gan. Ksi ane emoticon-Cendol (S) emoticon-Kiss

Jakarta, Mengukur tekanan darah selama ini diketahui hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sfigmomanometer, baik yang digital maupun yang konvensional. Penggunaan alat ini dinilai belum praktis. Oleh karena itu, sebuah tim membuat teknologi sensor di pergelangan tangan agar lebih praktis.

Sebuah tim di University College London mengungkapkan bahwa sensor baru yang dipakai di pergelangan tangan ini nantinya dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah sepanjang hari, seperti dilansir BBC, Selasa (11/6/2013).

Umumnya tekanan darah diukur pada arteri di lengan, namun mengukur tekanan pada jantung bisa menjadi prediktor yang lebih baik terhadap masalah kesehatan di masa depan. Jika tekanan darah terlalu tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Selain itu, tim di NHS National Institute of Health Research (NIHR) juga mencoba melakukan uji coba sensor, yang berisi mini-plunger. Grafik ini nantinya akan bergerak naik dan turun untuk memberi informasi tekanan darah yang melewati setiap detak jantung. Kemudian sebuah program komputer di tali pergelangan tangan menggunakan 'gelombang tekanan' tersebut untuk mengetahui tekanan dari jantung.

"Gelombang yang dihasilkan sangat akurat," ungkap Prof Bryan Williams, direktur NIHR University College London Hospitals Biomedical Research Centre.

"Kita tahu bahwa tekanan ketika seseorang tidur merupakan prediktor yang kuat untuk penyakit jantung. Perangkat ini hampir pasti memberikan ukuran yang lebih baik dari tekanan darah di lengan," lanjutnya.

Kini, uji klinis sedang dilakukan untuk menguji apakah perangkat ini bisa digunakan untuk membuat diagnosis lebih cepat dan lebih akurat.

"Sebagai perangkat pengukuran yang baru, prosesnya masih berada di tahap awal. Namun saya yakin kemajuan teknologi ini dapat menciptakan pengobatan tekanan darah tinggi di masa depan yang lebih baik," ujar Amy Thompson, perawat jantung senior di British Heart Foundation.

Perangkat ini diharapkan bisa membantu kepraktisan dalam mengukur tekanan darah pasien. Sebab, tekanan darah berfluktuasi sepanjang hari bergantung pada apa yang Anda lakukan. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk menguji tekanan darah beberapa kali.

Sensor di Pergelangan Tangan untuk Ukur Tekanan Darah

sumber: [url]http://health.detik..com/read/2013/06/11/142650/2270247/763/temuan-baru-sensor-di-pergelangan-tangan-untuk-ukur-tekanan-darah[/url]
emoticon-Cendol (S)emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
0
2.5K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.