Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bnooooodAvatar border
TS
bnoooood
Gempa 5,3 SR Guncang Pesisir Selatan, Warga Berhamburan
jangan lupa di rate gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Rate 5 Star



JAKARTA - Masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berhamburan keluar rumah setelah gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang wilayah tersebut. Gempa yang terjadi pukul 09.30 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada koordinat 1.73 LS dan 100.24 BT atau 62 kilometer barat daya Pesisir Selatan, atau 88 kilometer barat daya Kota Padang. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

"Pusat gempa berada di lautan antara Painan dengan Pulau Sipora," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkat yang diterima Okezone, Selasa (11/6/2013).

Gempa dirasakan cukup keras masyarakat di sepanjang pantai barat Pesisir Selatan selama 2-3 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Saat ini, BPBD Pesisir Selatan masih melakukan pendataan, belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

"Wilayah Kepulauan Mentawai, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan dan sekitarnya di Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah rawan tinggi gempa bumi karena berada pada jalur subduksi aktif antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia," tambahnya.

Pertemuan kedua lempeng tektonik tersebut, lanjut Sutopo, setiap tahun bergeser 5-7 sentimeter ke arah timur laut sehingga memicu gempa bumi. Untuk itu, masyarakat diimbau meningkatkan kesiapsiagaan.

"Begitu terasa gempa cukup kuat segera keluar rumah dan mencari tempat yang aman. BNPB, BMKG dan BPBD selalu memantau semua informasi bencana," pungkasnya.

sumber : sumber

emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) jgn lupa gan
Diubah oleh bnoooood 11-06-2013 06:14
0
1.5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.