Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
Ini penyebab pengguna BlackBerry di Indonesia turun
Seperti yang telah diberitakan oleh merdeka.com beberapa waktu lalu, pengguna BlackBerry di Indonesia saat ini sudah menurun drastis.

Hal ini diutarakan oleh Presdir XL Axiata, Hasnul Suhaimi. Menurut dia, pangsa pasar BlackBerry untuk segmen smartphone di Indonesia turun sangat signifikan. "Sebelumnya vendor asal Kanada itu menguasai pasar smartphone di Indonesia hingga 60 persen, sekarang cuma 30 persen," tuturnya.

Diperkirakan, ada dua faktor yang menjadi pemicu menurunnya pangsa pasar BlackBerry, yaitu tidak mampunya bersaing dengan harga smartphone Android di pasaran dan hadirnya layanan BBM (BlackBerry Messenger) pada perangkat iOS dan Android.

Faktor utama yang banyak diprediksi sebagai penyebab turunnya peminat BlackBerry di Indonesia adalah ketidakmampuan bersaing dengan smartphone Android yang menawarkan harga murah. Diketahui, smartphone Android memiliki harga yang sangat bervariasi, mulai dari Rp 600 ribuan, hingga jutaan. Sedangkan BlackBerry baru memperkenalkan pada bulan lalu smartphone kelas bawah, Q5, yang belum juga diketahui harga pastinya.

Untuk faktor kedua, adalah hadirnya layanan BlackBerry Messenger atau yang biasa disebut dengan BBM, pada perangkat iOS dan Android. Hal ini muncul spekulasi bahwa penggemar layanan BBM tidak perlu membeli BlackBerry jika BBM sudah dapat dinikmati pada perangkat Android dan iOS. Artinya, mereka lebih memilih smartphone yang fleksibel seperti Android ketimbang harus membeli BlackBerry.

Akan tetapi, semua ini hanya spekulasi yang diperkirakan sebagai penyebab menurunnya pengguna BlackBerry di Indonesia. Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab tersebut.
Sumber

Penyebab utama BB ga laku yakni OVERPRICE, ngandelin fitur bbm doankemoticon-Cape d... (S)
Kalo sampe fitur bbm ada di iOS dan android, ya goodbye BBemoticon-Malu (S)
Diubah oleh kortikal 10-06-2013 13:51
0
6.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.