Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aktivisbannedAvatar border
TS
aktivisbanned
Belanda Minta Maaf soal Kostum Pertandingan
07/06/2013 17:57

Michael van Praag


Liputan6.com, Jakarta: Presiden Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) Michael van Praag meminta maaf kepada Indonesia karena Tim Garuda tidak bisa menggunakan kostum (jersey) utama Merah Putih saat berlaga sebagai tuan rumah melawan Timnas Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jumat (7/6/2013) malam ini.

"Kami mohon maaf kepada Indonesia karena tidak bisa menggunakan jersey utamanya," kata van Praag di kantor PSSI Senayan, Jakarta, Jumat.

Van Praag datang secara khusus menemui Ketua Umum PSSI Djohar Arifin untuk menyampaikan permohonan maafnya sekaligus membahas konsep kerjasama yang akan dijalani PSSI dengan KNVB. Van Praag menuturkan tidak ada maksud menghina Indonesia terkait kesepakatan Timnas Indonesia yang harus mengalah menggunakan kostum tandang.

"Bukan maksud kami menghina Indonesia. Tetapi promotor telah melakukan kesepakatan dan kami hanya menyetujui," ujarnya.

Dari kesepakatan tersebut De Oranje hanya membawa satu jenis kostum saja ketika datang ke Jakarta. Ia mengatakan hal ini murni soal kesalahan komunikasi dari promotor pertandingan (Nine Sport) yang tidak berkoordinasi dengan pihak PSSI sebagai federasi sepakbola nasional yang menaungi Timnas Garuda.

"Kami hanya menjalankan kesepakatan yang telah disampaikan promotor untuk mengenakan jersey oranye," tambahnya.

Sementara itu pihak promotor, Ceo Nine Sport Arif Putra Wicaksana menjelaskan kesepakatan soal kostum ini dilihat dari segi komersialnya. Ia menjelaskan Timnas Belanda identik dengan kostum warna oranye maka disepakati bahwa mereka tetap menggunakan kostum tersebut sedangkan Timnas Indonesia mengenakan kostum putih hijau karena kostum utama Timnas Indonesia yang berwarna merah hijau dinilai hampir mirip warnanya.

"Saya melihat dari segi komersialnya. Kita di sini mau jualan kalau promotor tidak ada sisi komersialnya kan kasihan, kita butuh cari uang. Sepakbola ini kan menurut saya bukan sekadar sport tetapi ada entertainmentnya juga," jelas Arif. Menurut Arif soal kesepakatan ini sudah disepakati sejak tahun lalu.

"Kalau memang kemarin warnanya mau diubah, siapa yang mau provide jersey-nya. Belanda bawa bajunya sesuai dengan komitmen," ujarnya.

Ia menambahkan, "Ini kesepakatan di awal. Tahu sendiri PSSI serba berubah-ubah. Saya deal sejak Desember tahun lalu dan sekarang sekjen-nya sudah ganti tiga kali jadi komunikasinya tidak maksimal antara sekjen pertama kedua dan ketiga." (Ant/*)

International match pake salah paham emoticon-Cape d... (S)

Akhir berita mak jleb emoticon-Malu (S)
0
3.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.