Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sutonokairosAvatar border
TS
sutonokairos
[Opini] Pembangunan Jembatan Selat Sunda atau Pelabuhan2 Baru
Rencana pembangungan Jembatan Selat Sunda (JSS) sepertinya merupakan sebuah proyek nasional yang sangat prestisius dan bernilai ekonomis tinggi bagi bangsa Indonesia, khususnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa dan Sumatera.

Kajian2 ilmiah, deal-deal penting dengan berbagai pihak dan lembaga2 sudah pernah dilakukan, pro dan kontra juga terus berkembang. Rangkuman berita dapat dibaca disini [URL="http://search.detik..com/search?query=jembatan+selat+sunda"]"Berita terkait JSS"[/URL]

Ane sebagai orang awam mau mencoba menyampaikan sedikit opini pribadi, tidak ada maksud dan tujuan apapun, hanya sekedar beropini dan membuka ruang untuk kita dapat berinteraksi secara sehat dan dewasa.

Dari situs Wikipedia, ditemukan ada banyak kasus bridge failure "Link Kasus Jembatan Ambruk" diseluruh dunia. Terjadi baik selama masa pembangunan maupun setelah jembatan tersebut selesai dibangun.

Melihat kejadian2 tersebut, dan meilhat kondisi alam dimana JSS akan dibangun, ane merasa dan berpikir adalah sebuah tantangan yang sangat luar biasa besar proses pembangunan yang akan dilaksanakan.

Kalaupun JSS berhasil dan selesai dibangun, apakah pemerintah telah memperhitungkan akan kendaraan dan supir yang akan melintasi jembatan tersebut. Kita tahu sendirilah seperti apa kualitas kendaraan2 angkutan dan supir2 yang setiap hari melintasi jalan raya lintas Jawa - Sumatera. Kecelakaan di jalan tol Merak-Tangerang-Jakarta-Cikampek-Bandung dan juga jalan2 raya umumnya. Setiap hari kita baca dan dengar berita tentang kecelakaan2 yang terjadi.

Pertanyaan ane cuman satu, seandainya seorang pengemudi, dikejar target deadline, membawa barang dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, Dengan tingkat kelelahan yang begitu tinggi, dipaksakan untuk terus melintasi JSS, seperti apa kejadian yang mungkin bisa terjadi, cuma waktu yang bisa menjawab itu semua.

Ane punya opini pribadi, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki jaringan lautan yang sangat luas. Kenapa pemerintah tidak mempertimbangkan untuk membangun jaringan pelabuhan yang lebih banyak dan lebih baik. Ane sih bukan orang pinter yang ngerti hitungan ekonomis dan bisnis, tapi dari penerawangan ane, pembangunan pelabuhan dan elemen2 pendukungnya (infrastruktur jalan, industri maritim, jasa pelabuhan, dll) bisa memberikan nilai ekonomis yang lumayan tinggi dan membuka lapangan kerja baru.

Pembangunan pelabuhan juga sepertinya bisa dilakukan lebih cepat dan dengan biaya yang lebih murah. Dan dapat dikembangkan juga menjadi pelabuhan internasional yang bisa disandari oleh kapal2 pesiar yang ujung2nya bisa mendatangkan devisa buat bangsa ini.

Itu ajah sih opini ane, sorry kalau masih "mentah" banget, secara ane emang ga paham masalah beginian ... emoticon-Ngakak

oh iya, Momod kalau dirasa salah room, tolong dipindahin yah, ane bingung mau posting dimana .. hehehe... PISS
0
3.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.