Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

soiponAvatar border
TS
soipon
JIExpo Tak Punya Hak Paten Menyelenggarakan Jakarta Fair & Dikeluhkan Pedagang Kecil
Rabu, 05/06/2013 01:12 WIB
Ahok: JIExpo Tak Punya Hak Paten Menyelenggarakan Jakarta Fair
Rina Atriana - detikNews


Jakarta - Event tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau yang dikenal juga dengan nama Jakarta Fair (JF), biasa diselenggarakan oleh PT JIExpo. Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, selama penyelenggaraannya, PRJ selalu mendapat keluhan dari masyarakat.

"Banyak keluhan-keluhan. Katanya yang nikmatin orang-orang tertentu," ujar Ahok di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2013).


Ahok mengatakan, saat ini PRJ selalu dilaksanakan di wilayah Kemayoran. Bahkan PT JIExpo juga telah mendirikan komplek khusus untuk penyelenggaraan even tahunan tersebut. Namun, Ahok menegaskan jika pihak luar selain JIExpo berpeluang untuk menyelenggarakan acara yang selalu dihadiri ribuan pengunjung tersebut.

"JIExpo itu bukan punya hak paten untuk menyelenggarakan Jakarta Fair. Bahkan Pemprov DKI bisa saja membuat acara di luar sana kan?" kata Ahok.

"Tempat itu kan dikuasai mereka, kalau kita beli pakai tempat lain kan bisa saja," tambah Ahok.


Mantan Bupati Belitung Timur ini menambahkan, penggunaan nama PRJ dan JF memang masih diperdebatkan. Namun, jika pihak selain JIExpo yang ingin menyelenggarakan even tersebut, diwajibkan untuk lebih mengedepankan kapasitas UMKM dibandingkan industri besar.

"Mereka (JIExpo) punya pameran mereka pakai nama JF silakan saja. Tinggal tafsiran hukum saja. Apa Pekan Raya Jakarta diterjemahkan jadi Jakarta Fair. Itu hak yang masih bisa diperdebatkan. Pemprov DKI kalau mau bikin PRJ juga silakan saja kan. Yang lain mau bikin JF juga silakan saja. Bagi hasil. Total omset berapa? Ada persyaratan, yang mau mengambil (bikin), 60% sampai 70% nya adalah UMKM," jelas Ahok.

[url=http://news.detik..com/read/2013/06/05/011241/2264976/10/ahok-jiexpo-tak-punya-hak-paten-menyelenggarakan-jakarta-fair]Source[/url]


Ahok: Banyak keluhan pedagang kecil jika PRJ dikelola PT JIExpo
Reporter : Muhammad Sholeh
Rabu, 5 Juni 2013 11:30:32


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama ( Ahok ) mengeluhkan pelaksanaan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) dari tahun ke tahun. Pasalnya, usaha kecil dan menengah dinilai sulit untuk mendapatkan stan dalam perayaan tahunan itu.

"Dari pelaksanaan sekarang kan, bertahun-tahun begitu saja. DKI dapatnya nggak beda dari expo-expo yang ada kan. Bahkan banyak keluhan UMKM terlalu kecil. Terus yang nikmatin orang-orang tertentu. Pelaku UMKM yang asli didaftarin melalui pihak-pihak tertentu, berapa dapatnya gitu loh," keluh Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (5/6).

Idealnya, menurut Ahok , Jakarta Fair diisi oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sekitar 60 hingga 70 persen. Akan tetapi, dia tidak yakin jika PT JIExpo mau menampung pelaku usaha UMKM sebesar itu.

"Dia pasti tidak mau kan? Udah milik keluarganya Murdaya Poo sebenarnya kalau kita ngomong jujur. PT JIExpo, semua saham kan milik keluarga mereka. Semuanya orang mereka. Tapi pertanyaannya kita sekarang, tempatnya mana? Tiap tahun kan isunya begitu. Kita harus bikin alternatif. Pak Gubernur lagi bikin alternatifnya," jelas Ahok .


Diketahui sebelumnya, Komisaris Utama PT JIExpo Murdaya Poo mengklaim bahwa pihaknya sudah memberikan tempat yang berimbang kepada pelaku usaha UMKM. Bahkan dari total area yang digunakan sebagai arena Jakarta Fair, sekitar 45 persen diperuntukkan bagi pelaku usaha UMKM.

"Jakarta Fair itu paling murah. Sangat murah dibandingkan manapun. Jadi siapa pun yang masuk ke Jakarta Fair itu untungnya berlipat-lipat. Berebut-rebut masuk sana sangat murah. Karena sangat murah, maka sangat menguntungkan UKM-UKM di sana," kata Murdaya Poo.

Source

Saatnya monopoli JIExpo atas Jakarta Fair dihentikan. emoticon-Matabelo
0
2.1K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.