soiponAvatar border
TS
soipon
{Gaul Ala Dhewan} DPRD DKI: Pergi ke Luar Negeri Dalam Rangka Pergaulan Internasional
DPRD DKI: Pergi ke Luar Negeri Dalam Rangka Pergaulan Internasional
Demi "kunjungan balasan," mereka akan ke empat kota, plus New York
Selasa, 4 Juni 2013 | 07:35 WIB


VIVAnews - Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta akan jalan-jalan ke lima kota mancanegara dalam rangka memenuhi kunjungan balasan program sister city. Kunjungan kerja tersebut dianggarkan sekitar Rp1,812 miliar.

Menurut Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, kunjungan kerja itu merupakan tata pergaulan internasional yang sewajarnya dilaksanakan. Kata dia, kunjungan kerja ke kota-kota sister city itu merupakan kunjungan kerja balasan.

"Kunjungan kerja ini tata pergaulan internasional. DPRD tidak akan melakukan kunjungan kalau tidak ada yang diserap," ujar Manggara di kantor DPRD DKI Jakarta, Senin 3 Juni 2013.

Mangara mengungkapkan sampai saat ini sudah ada delegasi dari empat kota yang berkunjung ke DPRD DKI. Dia mengatakan, kunjungan kerja itu sudah dianggarkan sejak Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012 sebesar Rp700 juta dan belum dipakai sama sekali. Lalu untuk tahun ini dianggarkan sebesar Rp1,812 miliar. "Kami ini kan seperti punya empat utang," kata Mangara.

Dia melanjutkan, delegasi asing yang berkunjung ke DPRD DKI adalah dari Beijing (China), Seoul (Korea Selatan), Los Angeles (Amerika Serikat) dan Houston (Amerika Serikat).

Delegasi DPRD DKI akan menunaikan kunjungan balasan ke kota-kota tersebut, ditambah satu kota yaitu New York (Amerika Serikat).

"Karena sampai dengan sekarang sudah empat DPRD kota yang berkunjung ke DPRD DKI, kalau masih ada satu lagi tahun ini yang berkunjung maka masih bisa kami kunjungi satu lagi," kata Mangara. (ren)

Source


Selain sister city, DPRD DKI bakal melancong ke tiga negara
Reporter : Muhammad Sholeh
Senin, 3 Juni 2013 22:14:00


Selain pelesiran ke negara yang tergabung dalam sister city, DPRD DKI Jakarta tengah merencanakan kunjungan kerja ke tiga negara. Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Mangara Pardede mengakui hal tersebut telah digulirkan pimpinan dewan sejak satu bulan yang lalu.

"Sebulan lalu, ada surat dari pimpinan DPRD ke fraksi meminta peserta melakukan kunjungan kerja," ungkap Mangara di Gedung DPRD, Jakarta, Senin (3/6).

"Itu tidak ada dalam rangka kunjungan sister city. Saya tidak menyatakan benar atau tidak benar, tetapi itu tidak terkait dengan kunjungan sister city," tambahnya.

Menurut Mangara, kunjungan kerja ke tiga negara tersebut untuk melakukan studi banding terkait sejumlah program Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Namun, dirinya enggan menyebutkan negara mana saja yang bakal dituju dan kapan akan berlangsung.

"Kita hanya sesuai Pergub bahwa yang kunjungan kerja satu grup yang terdiri dari lima anggota saja. Wacana itu ada, tapi tidak tahu jelas," tandasnya.

Source


Tak Ada Dana, Studi Banding DPRD DKI Terancam Gagal
Fabian Januarius Kuwado
Senin, 3 Juni 2013 | 18:07 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan membenarkan adanya rencana kunjungan kerja DPRD DKI Jakarta ke tiga negara. Namun, kunjungan itu terancam gagal karena keterbatasan anggaran.

"Sampai saat ini belum bisa kita laksanakan itu. Kenapa? Karena terbentur pada biayanya," ujar Ferrial kepada wartawan, Senin (3/6/2013).

Ferrial mengatakan, kunjungan kerja ke luar negri bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan. Menurutnya, kunjungan tersebut bertujuan untuk menggali referensi proyek pembangunan sejenis dengan proyek yang akan dikerjakan di Jakarta. Ferrial mencontohkan, saat proyek transjakarta pertama kali berjalan, ada tim dari Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD yang melakukan kunjungan kerja ke Bogota, Kolombia. Kala itu, Bogota dianggap jadi salah satu kota yang memiliki transportasi jenis bus terintegrasi secara baik bagi masyarakatnya.

"Dalam kasus ini, misalnya monorel. Kita mau tahu yang dibangun bagaimana, apa beban bagi masyarakat terhadap pembangunan monorel itu. Jadi, memang seharusnya dilakukan (studi banding) itu," ujarnya.

Rencana kunjungan kerja DPRD DKI itu bakal dilakukan di Belanda, Malaysia, dan China. Kunjungan tersebut bukan termasuk ke dalam kunjungan kerja ke lima sister city di tiga negara yang telah direncanakan dalam APBD DKI 2013. Adapun kunjungan kerja ke Belanda, Malaysia, dan China itu ternyata tidak dianggarkan dalam APBD DKI 2013. Padahal, sejak satu bulan lalu, pimpinan DPRD DKI telah berkirim surat ke tiap-tiap fraksi di DPRD untuk menunjuk anggotanya yang ikut dalam kunjungan kerja ke tiga negara tersebut.

Source

Karena tidak pakai uang sendiri jadi tidak merasa sayang kalau dihambur-hamburkan. emoticon-Matabelo
0
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.