Selain tingginya penetrasi tablet dan smartphone, mudahnya sistem pembayaran membuat konsumsi konten digital di Indonesia semakin tinggi.
Membaca majalah gaya hidup dan automotif kegemarannya di tablet bersistem operasi Android menjadi hal biasa bagi Erwin Prasetyo, 29. Bahkan sejak 6 bulan terakhir pria yang bekerja di perusahaan Oil & Gas tersebut lebih banyak membeli majalah dalam bentuk digital dibanding cetak.
”Lebih praktis,” ujar Erwin, yang biasa membeli 3-4 buku atau majalah digital dalam sepekan.
Pekerjaan menuntut Erwin untuk menghabiskan banyak waktu berada di rig lepas pantai dan bahkan bepergian ke berbagai pelosok kawasan Indonesia yang tidak memiliki jaringan data atau internet. ”Disinilah keunggulan majalah digital. Saya bisa membaca puluhan majalah sekaligus (secara offline) hanya melalui sebuah tablet,” paparnya lagi.
Berbeda dengan membaca konten melalui website, konten majalah atau buku digital bagi Erwin memiliki kelebihan karena dapat diakses tanpa koneksi internet (setelah di download akan terus tersimpan di perangkat). Selain itu, majalah digital juga menawarkan pengalaman menikmati konten yang hampir tidak berbeda dengan versi cetak. ”Di website, saya membaca cepat. Di majalah digital, saya membaca nikmat,” ia mengungkapkan.
Erwin memang tidak sendiri. Kendati jumlahnya masih relatif kecil, namun tren menikmati konten majalah, buku, atau bahkan koran melalui media smartphone atau tablet terus meningkat.
”Tingginya penetrasi smartphone dan tablet membuat konsumen semakin teredukasi dalam memanfaatkan perangkat genggam mereka untuk berbagai hal. Salah satunya menikmati konten majalah atau buku secara digital,” ujar Head of Digital Lifestyle Group Telkomsel Marina Kacaribu.
Faktanya, aksesibilitas konsumen terhadap konten digital saat ini semakin dimudahkan. Ini terbukti dengan maraknya kehadiran kios majalah, koran, tabloid, hingga buku dalam bentuk digital yang biasa disebut newsstand. Melalui aplikasi newsstand yang juga berfungsi sebagai e-reader inilah para pengguna dapat membeli majalah, koran, atau buku favoritnya lewat sistem berlangganan atau per edisi, di media baik smartphone maupun tablet.
Kemudahan aksesibilitas konsumen untuk mendapat konten digital di newsstand ditandai dengan sistem pembayaran (payment gateway) yang semakin lengkap. Lihat saja aplikasi Indobooks keluaran PT Mitra Komunikasi Nusantara (MKN). Pada Selasa (28/5) silam, Indobooks menggandeng operator Telkomsel untuk menghadirkan sistem pembayaran potong pulsa.
Terhitung sejak bulan ini, pengguna Telkomsel dapat membeli konten majalah dan buku di Indobooks dengan pulsa miliknya. Sistem pembayaran ini melengkapi payment gateway Indobooks yang sudah ada, yakni paypai/kartu kredit dan Saldo Indobooks.
selanjutnya mluncur ke:
http://danevil.com/2013/06/04/aplika...makin-populer/