dr.hennAvatar border
TS
dr.henn
WASPADA Penipuan Saat COD (true story)
Sedikit sharing dan ngingetin aja buat agan-agan semua, baru saja hari ini saya mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga.. Saya ditipu oleh buyer ketika transaksi jual beli yang berawal dari thread jualbeli saya di FJB, ceritanya agak panjang gan tapi saya cuma mau sharing aja supaya hal ini gak terjadi sama agan-agan dan mungkin semua orang tidak tertipu seperti saya dan teman saya... Kejadiannya kira-kira seperti ini:

saya memang newbie di arena FJB kaskus, tetapi iseng-iseng jual ponsel saya di kaskus untuk pertama kalinya dan Alhamdulillah malem saya pasang iklan paginya COD dan langsung laku gan emoticon-Malu (S)

nah berbekal pengalaman sekali jualan dan aman-aman saja (saya memang hanya mau COD saja untuk barang2 spt ponsel) akhirnya temen deket saya yang kebetulan juga mau jual ponselnya saya bantu untuk pasang iklan di FJB kaskus. Disini drama dimulai...

thread kedua untuk JualBeli inilah yang membuat saya trauma..
jadi saya jual iPhone 4S 64gb black di FJB kaskus dan memang sebetulnya saya akan mendahulukan pembeli yang COD (karena belum pengalaman kirim ponsel keluar kota, takut terjadi apa-apa), jadi kemarin Minggu 13/1/2013 seorang calon pembeli SMS saya sekitar pukul 12:05
Quote:


Oke setelah itu saya sms dia lagi untuk ketemuan dan dia menolak saya kerumah dia dengan alasan sedang di Bantul dan akhirnya dia kerumah saya..
dirumah saya dia datang sekitar pukul 18.15 penipu datang dengan mengendarai mobil Toyota Avanza warna Putih (saya pikir ini mobil rental) setelah dia cek fisik barang, kelengkapan, dll akhirnya dia OK dan dia sempet nawar harga tapi saya tetep jual dengan harga 6jt.

Setelah OK dia kemudian menanyakan nomer rekening Bank BCA, kebetulan saat COD saya berdua dengan teman saya (cowok) yang punya iPhone-nya dan kebetulan juga dia yang punya rekening BCA, akhirnya didepan kita berdua penipu melakukan transaksi m-banking dan sampai sejauh ini kita masih belum ngeh kalau dia penipu... setelah (dia bilang) transaksi berhasil kemudian dia foward sms notifikasi bahwa transaksi telah sukses ke temen saya.. Karena saat itu hujan dan temen saya tidak pake m-banking sehingga tidak bisa cek saldo bank BCA nya dia akhirnya kita percaya saja bahwa transaksi memang sudah terjadi..
setelah dia transfer si penipu buru-buru pamitan dan barang semua dia bawa dan ga lama temen saya juga pamit, saya yang sudah deg-degan wanti2 ke temen saya "Abis ini kamu langsung cek saldo di ATM'

JENG..JENG..
saldo BCA temen saya belum nambah, artinya transferan belum sampai atau bahkan dia gak transfer sama sekali..
lalu temen saya sms si penipu memberitahukan bahwa uangnya belum masuk, si penipu bales dengan bilang ke temen saya suruh tunggu karena mungkin transfer antar bank (dia ngaku pake rekening Bank Permata) jadi agak lama..
jam 9 temen saya cek ke ATM lagi dan saldo belum nambah..
paniklah dia.. malem2 masih smsan si penipu bilang kalo besok pagi belum masuk juga suruh ke kantornya dia mau dikasih duit cash..

Oh iya, pas sebelum transaksi saya berdua temen saya sempet ngobrol sama penipu dan dia ngaku kerja jadi MARCOMM di Indos*t, aslinya orang Bandung.

pagi tadi dicek dan uang belum masuk juga akhirnya teman saya sms menagih alamat dan nama kantor serta nama lengkapnya, sms pending, telepon dialihkan. Panik. Akhirnya teman saya menghubungi saya dan saya ikutan panik. Akhirnya saya iseng aja googling nomer HPnya dia dan ternyata orang yang transaksi sama saya ini BURONAN KELAS KAKAP. iya dia sudah sering melakukan penipuan baik di FJB kaskus ataupun yang lainnya. Lemeslah temen saya, saya ikutan ngerasa bersalah. Langsung saya dan temen saya lapor ke polisi, ga terlalu berharap banyak sih sama aparat yang satu ini. Saya lapor polisi karena resah banyak banget yang ditipu sama dia, bahkan saya baca dia sudah menipu sejak tahun 2008 atau bahkan lebih lama.

Quote:


Buat lebih jelasnya silahkan bisa baca track record si penipu kelas kakap ini:
- http://www.kaskus.co.id/thread/00000...enipu-ulung/30--> Penipuan terakhir yang terlacak, modusnya sama persis.
- http://launch.dir.groups.yahoo.com/g.../message/12893
- http://www.facebook.com/groups/215417131026/

Saya benar-benar resah karena korbannya sudah banyak sekali, saya hanya ingin tidak ada korban selanjutnya.. laporan ke polisi sudah, foto-foto tersangka sudah tersebar di link yang saya kasih diatas (dan beneran saya langsung lemes waktu googling dan nemu foto yang saya temuin sama persis dengan orang yang transaksi sama saya.. saya ditipu penipu kelas kakap). Semoga kejadian ini bisa diambil hikmahnya oleh semua agar tidak terulang lagi.
Diubah oleh dr.henn 14-01-2013 14:13
0
21.8K
306
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.