Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

loovelyAvatar border
TS
loovely
Mengenal Lebih Jauh Kelainan TIROID


Selamat datang di thread ane,
kali ini ane mau share tentang kelainan tiroid
mayan nih buat yang belum tau, ato yang lagi mengalaminya

check this out

Mengenal Lebih Jauh Kelainan TIROID

Mengenal Lebih Jauh Kelainan TIROID



Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) atau Iodine Deficiency Disorders (IDD) merupakan suatu spectrum gangguan yang luas sebagai akibat kekurangan yodium dalam makanan. Karena bahan baku yodium kurang dan agar kebutuhan badan akan hormon tiroid tetap dicukupi maka kelenjar itu harus bekerja lebih keras dan arena itu akan menjadi lebih besar.

Dengan demikian pada keadaan kekurangan yodim dapat terjadi pembesaran tiroid yang disebut gondok (kelenjar gondok membesar). Apabila dengan upaya tersebut kebutuhan akan hormon tiroid dapat dipenuhi, maka tidak akan ada gangguan fungsi tiroid. Sebaliknya kalau kebutuhan akan hormon tiroid tidak terpenuhi maka terjadilah gondok dan keadaan itu mungkin disertai hipotiroid (kekurangan hormon tiroid).

Menurut Prof. dr. Johan S. Masjhur, SpPD-KEMD, SpKN , adapun kasus tiroid yang berlebihan (hipertiroid)merupakan suatu keadaan di mana kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon tiroid secara berlebihan dan penderita pun akan mengalami penurunan kualitas hidup.

Penderita hipertiroid akan mengalami denyut jantung yang sangat cepat, keringat yang berlebihan, tangan gemetar, peningkatan frekuensi buang air besar, pertumbuhan kuku yang sangat cepat, rambut rontok, kulit tipis dan halus, penurunan berat badan meskipun pola makan normal, cemas dan mudah tersinggung serta terjadinya gangguan menstruasi.

Prevalensi penyakit tiroid lebih banyak dialami oleh wanita yakni 5-7 kali lipat lebih besar dibanding pria. Akibatnya seringkali kelainan pada kelenjar tiroid tersebut dapat mengganggu fungsi reproduksi wanita, sehingga pada umumnya kejadian hipotiroid dan hipertiroid dapat memicu terjadinya gangguan pola haid,” kata dr. Johan.

Gejala pada anak berbeda dengan orang dewasa, tetapi sayangnya gejalanya sering tidak diperhatikan oleh pasien dan luput dari diagnosis. Jika gejala yang timbul tidak segera diketahui,lanjut dr. Johan, maka dapat menurunkan kualitas hidup penderita. Oleh karena itu penting dilakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan kadar TSH.

Tidak kurang dari 300 juta penduduk dunia mengalami gangguan fungsi kelenjar tiroid. Oleh karena itu, pendekatan terhadap kasus disfungsi kelenjar tiroid harus terus disosialisasikan karena penyakit endoktrin ini tergolong insiden tertinggi urutan 9 dari 10 penyakit ganas tersering.

Diagnosis disfungsi tiroid, hipotiroid dan hipertiroid perlu dilakukan sejak dini, yaitu melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui ada atau tidaknya pembesaran di daerah leher dan tes darah lalu dilakukan pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan USG, scan-tiroid dan pengukuran kadar TSH apabila melebihi 20 mikro unit per liter menunjukkan pasien mengalami hipertiroid, sedangkan pada kondisi normal kadar TSH 1-5 mikro unit per liter.

“Penting untuk diperhatikan bagaimana benjolan terjadi sebab pada hipotiroid juga terdapat benjolan, hanya saja pembesaran di sekitar leher tidak merata. Sedangkan pada hipertiroid, pembesaran benjolan terjadi merata di sekitar leher sehingga kurang begitu nampak.

SUMBER

Pengobatan?


Pengobatan untuk HIPERTIROIDbisa dilakukan beberapa cara, yaitu :
1. Minum Obat ( memakan jangka waktu yang lama, bisa bertahun - tahun)

2. Iodium Radioaktif (memerlukan waktu penyembuhan 2-4 bulan)

3. Operasi (lebih cepat dari point nomor 1 dan 2)

Quote:
Diubah oleh loovely 03-06-2013 09:13
0
3.8K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.