Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kloninganjuergeAvatar border
TS
kloninganjuerge
Apa itu cegukan dan bagaimana cara mengatasinya
Agan semua pasti pernah ngerasain yang namanya cegukan, biasanya kalo abis makan tapi tidak disertai minum. Cegukan disebabkan adanya kontraksi tiba-tiba pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit. Secara medis, cegukan dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan cegukan, di antaranya :

1. Makan terlalu banyak.
2. Makan terburu-buru.
3. Menelan terlalu banyak udara.
4. Merokok.
5. Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin.
6. Stres atau emosi yang tinggi terkadang juga memicu cegukan.

Cegukan normal biasanya terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Lalu, ada juga cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Selain itu, ada cegukan yang bertahan lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan.

Cara mudah mengatasi cegukan :
1. Menahan napas dan menghitung perlahan sampai hitungan ke-10.
2. Meminum air tanpa bernapas.
3. Bernapas berulang kali ke dalam kantong kertas dalam jangka waktu terbatas.
4. Meminum segelas air dingin.
5. Makan 1 sendok teh gula atau madu.

Cegukan pada Bayi :
Selain pada orang biasa, bayi juga dapat mengalami cegukan. Sebabnya sama, kontraksi pada diafragma. Berikut ini cara mengatasi cegukan pada bayi :

1. Berikan gula lewat jari. Letakkan gula pada dot atau pada jari Anda. Jilat jari Anda / dot dan celupkan ke dalam mangkuk berisi gula. Kemudian letakkan pada mulut bayi, dan biarkan ia mengisapnya selama beberapa menit, dan cegukan kemungkinan besar akan memudar.

2. Berikan makan atau susu asi/botol. Jika Anda habis memberi bayi susu atau memberikan makan, pola napasnya akan berubah setelah makan atau disusui, dan cegukan akan hilang. Ini bisa berlangsung lebih dari beberapa menit agar cegukan berhenti, tetapi terus berikan makan sampai cegukan menurun.Bisa diKasih minum air/susu hangat, setelah disusui.

3. Buat Bersendawa. Jika bayi bisa bersendawa, ini akan membersihkan kelebihan gas dalam perut Bayi. Biasanya bayi akan memberikan satu cegukan keras terakhir sebelum cegukan berakhir.Dan kemungkinan besar ia akan mulai batuk sedikit, tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah.Letakkan bayi tengkurap pada dada Anda, kemudian gosok dengan tangan punggungya secara halus.

4. Biarkan bayi Anda berbaring. Tempatkan bayi diatas pembaringan, sehinga akan memungkinkan dia untuk sedikit bergerak. Hal ini akan membantu untuk menyingkirkan setiap gelembung udara menyebabkan cegukan diperut. Cobalah untuk menggosok punggungnya sedikit, atau bermain dengan dia. Membuat bayi aktif akan menyebabkan cegukan mereda.

5. Membuat bayi tetap hangat. Penyebab cegukan seringkali karena bayi kedinginan. Buatlah tubuh bayi hangat dengan cara memberikan baju/selimut hangat pada seluruh tubuhnya. Buat bayi anda senantiasa hangat, terutama saat suhu terasa dingin.


Maaf gan kalo trit ane repost, semoga trit ane dapet membantu agan. Kalo berkenan ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan hehe.
Share juga cegukan terlama agan agan berapa lama, ane pernah seminggu ga berenti cegukan sampe capek sendiri emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)

UPDATE TAMBAHAN DARI AGAN KASKUSER :
Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Diubah oleh kloninganjuerge 02-06-2013 17:07
0
5.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.