Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jsb4chAvatar border
TS
jsb4ch
Keberadaan Lubang di Alam Semesta Telah Ditemukan



Spoiler for ilustrasi lubang universe:


Di bulan Agustus 2007, ilmuwan dari universitas Minnesota membeberkan temuan mengejutkannya di Astrophysical Journal. Yaitu adanya lubang di alam semesta (universe) kita. Ukurannya juga raksasa, jauh lebih raksasa dari yang selama ini dibayangkan ilmuwan. Garis lintang tengah nya saja berjarak 1 milyar tahun cahaya. Lubang itu terletak 10 milyar tahun cahaya dari bumi. Lokasi persis nya ada di konstelasi Eridanus. Sekedar gambaran saja, 1 tahun cahaya itu setara dengan 1,6 trilyun kilometer.

Apa yang menyebabkan lubang itu? Didalam lubang itu tidak ada tanda2x benda kosmik apapun. Tidak ada bintang, tidak ada planet, tidak ada tata surya, tidak ada debu kosmik. Benar benar hitam dan kosong isinya. Bahkan tidak ada keberadaan dark matter didalamnya. Juga tidak ada keberadaan satupun black hole didalamnya.

Sekedar gambaran saja, dark matter tidak bisa di lihat dengan teleskop, tapi bisa diketahui keberadaannya dengan mengukur tarikan gravitasi nya. Sedangkan black hole hanya bisa terbentuk jika ada materi (apapun) di sekitarnya.


Spoiler for emisi radiasi bukti keberadaan void:


Pertama kali lubang (void) universe diketahui keberadaannya oleh NASA secara tidak sengaja kala sedang mempelajari radiasi yang terpencar sejak Big Bang terjadi. Radiasi itu diyakini ada di seluruh penjuru universe. Lubang itu kemudian dipelajari lebih jauh dengan teleskop VLA (Very Large Array) dan berkesimpulan temuan itu 'tidak normal' karena bertentangan dengan simulasi komputer yang diyakini kebenarannya selama ini.
*
Sebelumnya void void sejenis juga ditemukan, namun semuanya tidak ada yang sebesar yang ini. Void temuan lainnya yang sudah ditemukan, berukuran cuma 1/1000 dari yang raksasa ini, berjarak cuma 2 juta tahun cahaya dari bumi.

Ahli astronomi Brent Tully mengatakan ke Associated Press soal penyebab munculnya void void itu, kemungkinan disebabkan bagian area ruang angkasa (space) dengan banyak materi, menyedot materi dari space dengan materi yang sedikit. Seiring berjalannya waktu, let's say, milyaran tahun, bagian space dengan materi yang sedikit, bisa saja kehilangan seluruh massa nya, pindah ke space tetangga nya.



serem juga gan, kayak masuk ke ruangan kosong aja, gak ada apa apa di sana
dulu di film star trek nya jean luc picard juga sempat dikisahkan tuh uss enterprise masuk ke void kayak gitu
disitu dikisahkan void itu adalah pintu gerbang menuju batas akhir dari universe itu sendiri, trus pas nyebrang kesana, gak tahunya disitu alam setelah kematian (surga dan neraka) emoticon-Takutemoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
0
19.9K
269
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.