Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maulindralana12Avatar border
TS
maulindralana12
Zbee, alon pengganti bajaj di Ibukota
Zbee, alon pengganti bajaj di Ibukota

VIVAnews – Polusi udara dan kemacetan kota Jakarta, membuat masyarakat menuntut akan kendaraan umum ramah lingkungan. Hal itu, dalam waktu dekat akan segera terealisasi dengan kahadiran ZBee.

Tentunya, jika ZBee benar meluncur, kehadiran kendaraan asal India, Bajaj akan tergerus dan hilang.

Keberadaan pengganti bajaj asal Swedia ini telah diperlihatkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat kunjungan kenegaraan kemarin. Kemudian, kendaraan ini akan diresmikan di Balaikota Jakarta, oleh Gubernur DKI Jakarta, Juni mendatang.

ZBee sendiri merupakan motor listrik yang ramah lingkungan. Selain itu, kendaraan ini diklaim akan sangat mudah dan lincah untuk dikendarai.

Jika dilihat, ZBee memang terlihat seperti bajaj. Namun, bajai listrik abad 21 ini memiliki desain lebih futuristik dan modern, ketimbang bajaj yang sering ditemui di Jakarta saat ini.

Bahkan, untuk masalah keamanan, ZBee juga telah dilengkapi tiga sabuk pengaman, yang tersematkan untuk pengemudi dan penumpang.

Dilansir Clean Motion, Kamis 30 Mei 2013, dengan warna khasnya putih dan bentuk yang mungil, Zbee memiliki panjang 2.400 mm, lebar 1.250 mm, dan tinggi 1.500 mm. Kendaraan ini memang cocok digunakan di perkotaan serta mudah saat melakukan parkir.

Meski kecil, kendaraan berkapasitas tiga penumpang ini juga memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 230 kilogram. Selain itu, motor listrik roda tiga ini diklaim tidak mengeluarkan suara bising serta bebas polusi udara.

Karena menggunakan tenaga listrik, untuk menyimpan daya Zbee akan menggunakan baterai Li-lon. ZBee sanggup menghabiskan listrik sebanyak 4 kWh/100 kilometer, dan mampu melaju hingga 35-70 km, dengan kecepatan maksimum mencapai 45 km/jam.

sumber

Zbee, Mobil Listrik Swedia Pengganti Bajaj Meluncur 12 Juni

Berencana membuka pabrik di Jakarta dengan kapasitas 100 ribu unit.

VIVAnews – Perusahaan mobil listrik asal Swedia, Clean Motion, berencana meluncurkan kendaraan roda tiga bertenaga listrik, ZBee, secara global di Indonesia pada 12 Juni 2013.

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia yang diterima VIVAnews, world premiere Zbee akan dilaksanakan di Balaikota Jakarta pada 12 Juni 2013.

Clean Motion memproyeksikan Zbee akan menggantikan kehadiran angkutan umum seperti Bajaj. Sebab, kendaraan asal India yang mengeluarkan banyak kepulan asap itu akan digantikan dengan kendaraan ramah lingkungan.

Bahkan, rencananya Zbee akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Pabrik yang berlokasi di Jawa Timur itu rencananya akan memiliki kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun.

Untuk desain Zbee memang tampak seperti Bajaj. Namun, yang pasti, kualitas gas buang kendaraan ini akan lebih hijau, dan membuat udara Jakarta lebih bersih.

Sebelumnya, rencana kehadiran pengganti Bajaj ini pernah dibahas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada Februari lalu. Waktu itu, Ahok menerima tamu dari Kedutaan Swedia yang datang untuk mempresentasikan kerja sama antara Indonesa dan Swedia, khususnya Jakarta.

Dalam kunjungannya, Kedutaan Swedia yang memboyong staf ahli, berniat membantu sistem transportasi Jakarta dengan sebuah kendaraan motor listrik ramah lingkungan, yaitu Zbee. (art)

sumber


Gambar Lainnya :

Spoiler for Zbee:

Spoiler for Zbee:

Spoiler for Zbee:

Spoiler for Zbee:

Spoiler for Zbee:



semoga semua unit bajaj bener2 diganti serempak dengan ini, seenggaknya yang oren2 itu ilanglah emoticon-Big Grin

soalnya udah berisik asepnya gak nahan emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh maulindralana12 30-05-2013 09:25
0
8.9K
65
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.