Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mantap gan,CAWALKOT Bandung luncurkan aplikasi pelaporan warga berbasis Android!

wawa_surowaAvatar border
TS
wawa_surowa
Mantap gan,CAWALKOT Bandung luncurkan aplikasi pelaporan warga berbasis Android!
Perkembangan teknologi internet dimanfaatkan salah satu calon walikota Bandung Ridwan Kamil untuk lebih dekat dengan pemilihnya. Hari ini(minggu 26/5/2013), Ridwan meluncurkan aplikasi pelaporan warga (citizen reporting) berbasis android.

Aplikasi yang diberi nama 'NgaBandungan' ini diklaim sebagai aplikasi pelaporan warga pertama di Indonesia yang menggunakan konsep teknik gamifikasi (gamification).

"Saya yakin aplikasi ini akan sangat berguna bagi masyarakat Bandung. Ini merupakan wadah yang bagus untuk menampung kritik dan saran masyarakat mengenai empat permasalahan utama di Kota Bandung saat ini, yaitu sampah, jalan berlubang, macet, dan fasilitas umum yang rusak," jelas Ridwan, Minggu (26/5/2013).

Menurutnya untuk menyelesaikan masalah di Kota Bandung yang sudah sangat rumit ini, perlu kerjasama dari dua pihak, baik dari sisi pemerintah maupun sisi masyarakat. "Lewat aplikasi ini nantinya, masyarakat dapat membantu pemerintah menginformasikan berbagai permasalahan kota," jelasnya.

Sementara itu, Penggagas aplikasi Ngabandungan Juwanda memaparkan aktivitas pelaporan ini dikemas dengan lomba games kreatif sehingga masyarakat terpacu untuk melaporkan pemasalahan kota. "Aplikasi ini, karakternya Bandung pisan," ujar Juwanda yang juga pernah membantu Jokowi membuat games kreatif Selamatkan Jakarta.

Peluncuran aplikasi NgaBandungan tersebut dilakukan melalui games kreatif bernama GARARETEK yang merupakan singkatan dari Games Amazing Race Ngangge Teknologi. Games ini ditujukan untuk mensosialisasikan bagaimana aplikasi NgaBandungan digunakan oleh warga.

Dari GARARETEK minggu (26/5/2013), para peserta melaporkan permasalahan kota di antaranya, macet sebanyak 62 laporan, kerusakan jalan 60 laporan, sampah 72 laporan dan fasilitas umum 162 laporan.
sumber : kompas

Spoiler for App Screenshots :




download aplikasi :
aplikasi ngabandungan
Diubah oleh wawa_surowa 29-05-2013 18:30
0
2.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.