NidalapAvatar border
TS
Nidalap
[Rejeki Ngaskus]




Introduction
sekilas mengenai profil Nidalap dan bidang usahanya

Salam sejahtera juragan semua! Perkenalkan, saya Nidalap. Saya join di kaskus sejak Maret 2008 dan mulai aktif berjualan di FJB sejak Juni 2009. Saat ini saya memiliki beberapa unit usaha di FJB Kaskus, utamanya di bidang Jasa. Salah satu usaha jasa saya yang mungkin terlintas di benak kaskuser ketika mendengar nama Nidalap adalah Jasa Upgrade Kaskus Donator. Jasa ini telah saya kembangkan sejak Februari 2010 hingga saat ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan pengalaman saya menggeluti usaha Jasa Upgrade Kaskus Donator tersebut kepada juragan semua, mulai dari Latar Belakang, Perjalanan Usaha, dan Manfaat yang saya peroleh dari berjualan di FJB Kaskus. Semoga juragan semua bisa memperoleh manfaat dari apa yang disampaikan di thread ini.



The Story
cerita perjalanan usaha Jasa Upgrade Kaskus Donator Nidalap


Latar Belakang
Sejak Novermber 2008, saya memiliki impian untuk memiliki sebuah bisnis online. Bisnis online di mana saya bisa bebas menentukan waktu kerja saya secara fleksibel,namun tetap mendapatkan penghasilan yang memadai dari internet.

Sebelum saya membuka usaha Jasa Upgrade Kaskus Donator, saya pernah membuka usaha Jasa Traffic pada Juni 2009. Jasa traffic adalah semacam jasa promosi situs klien dengan cara mengarahkan pengunjung dari suatu situs ke situs klien tersebut melalui suatu program/skema. Salah satu program/skema populer untuk membuka jasa traffic adalah melalui paid-to-click(PTC).
Spoiler for PTC:
Jasa Traffic tersebut sebenarnya berjalan cukup mulus dan pendapatannya menggiurkan, hampir setara dengan omset. Karena untuk menjalankannya saya tidak memerlukan modal sama sekali, hanya perlu aktif internetan saja. Namun ketatnya persaingan bisnis antar situs penyedia jasa traffic, membuat beberapa situs yang saya ikuti akhirnya berhenti beroperasi sehingga bisnis Jasa Traffic saya ikut terganggu.

Dari pengalaman bisnis Jasa Traffic, saya belajar bahwa untuk membangun bisnis jangka panjang, kita tidak boleh mengandalkan program/skema dari orang lain,harus program/skema sendiri. Kemudian saya pun mencari inspirasi mengenai bisnis jasa apa lagi yang bisa saya jual di FJB Kaskus.
Spoiler for Kenapa harus bidang Jasa?:

Inspirasi untuk membuka Jasa Upgrade Kaskus Donator terlintas ketika Kaskus memperkenalkan Kaspay di Hot News pada Februari 2010 sebagai satu-satunya metode pembayaran Kaskus Donator, menggantikan metode pulsa dan transfer langsung.

Saya melihat hal tersebut sebagai momentum peluang yang harus dimanfaatkan. Saya pun segera mendaftar di situs Kaspay dan mempelajari mekanisme penggunaannya. Setelah paham, saya pun segera membuka thread jualan di subforum FJB Jasa dan lahirlah thread Jasa Upgrade Kaskus Donator Nidalap yang menggunakan Kaspay.
Quote:


Perjalanan Bisnis Jasa Upgrade Kaskus Donator Nidalap
Pada awal dirintisnya bisnis Jasa Upgrade Kaskus Donator Nidalap, belum banyak kaskuser yang tahu bahwa ada seller yang menyediakan jasa upgrade kaskus donator via Kaspay. Namun seiring waktu perlahan-lahan akhirnya diketahui juga. Hal tersebut nampak melalui omset transaksi Kaspay yang setiap bulannya menunjukkan peningkatan, dari yang awalnya sekitar 2 juta per bulan menjadi hampir 10 juta rupiah per bulan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Seiring berkembangnya bisnis Jasa Upgrade Kaskus Donator Nidalap, mulai muncul kompetitor yang ingin merasakan juga manisnya bermain di bisnis jasa ini. Kemunculan para kompetitor awalnya tidak begitu berpengaruh bagi lapak saya, namun lambat laun dengan menjamurnya seller serupa perkembangan omset saya seakan terhenti.

Saya pun menganalisa faktor apa saja yang membuat perkembangan bisnis saya menjadi terhambat. Ternyata ada masalah di sistem SEO search engineKaskus. Sebagai sebuah forum berbasis vBulletin, Kaskus menempatkan thread terbaru di tempat teratas hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Saya yang memiliki thread lama otomatis tenggelam dalam hasil pencarian di search engine Kaskus.

Saya pikir membuat thread baru akan mengatasi masalah tersebut, tapi kendalanya peraturan FJB tidak memperbolehkan seorang seller membuat multi-thread. Akhirnya karena didorong rasa frustrasi dan ambisi, saya pun berpikir keras bagaimana mengakali peraturan FJB tersebut. Beberapa langkah yang saya lakukan waktu itu antara lain:
  1. Membuat thread baru di subforum latihan posting dan mengarahkan calon pembeli yang masuk ke thread tersebut ke lapak saya di FJB.
  2. Mencuri calon pelanggan kompetitor dengan cara memantau thread kompetitor dan menghubungi calon pembeli potensial melalui PM.
Kedua hal di atas sebenarnya tidak melanggar aturan FJB karena saya membuat thread baru di subforum latihan posting yang tidak memiliki aturan apa pun di dalamnya. Juga PM yang saya kirimkan bukanlah spam, karena calon pembeli memang mengharapkan jasa yang ditawarkan dalam isi PM tersebut.

Hasilnya? Omset saya naik hampir 2X lipat dari bulan sebelumnya. Namun protes dari kompetitor sampai juga ke telinga moderator dan saya dijatuhi hukuman banned 1 minggu pada akhir April 2011.

Selama masa banned, saya tidak berusaha berjualan dengan menggunakan kloningan (prinsip tersebut tetap saya pegang hingga saat ini). Saya memanfaatkan waktu tersebut untuk introspeksi diri. Suatu hari ketika saya sedang membaca-baca thread di Kaskus, saya menemukan inspirasi saat melihat kalimat mutiara berikut:
Quote:

Kalimat tersebut seakan sangat mengena bagi saya yang saat itu sedang frustasi menghadapi persaingan di bisnis jasa upgrade kaskus donator.

Kemudian timbullah inspirasi bagi saya untuk mengubah strategi pemasaran jasa upgrade kaskus donator. Saya menjadi lebih fokus untuk memperbaiki aspek layanan saya dari waktu ke waktu.

Hasilnya, pada akhir tahun 2011 saya berhasil memecahkan rekor omset yang pernah saya capai pada bulan April 2011 ketika menerapkan strategi kotor, bahkan rekor baru tersebut besarnya LEBIH dari 2Xrekor sebelumnya. Ternyata hasil yang dicapai dengan fokus pada perbaikan diri lebih baik daripada hasil yang dicapai dengan fokus mengalahkan lawan.

Manfaat FJB Kaskus bagi Nidalap
Semua pengalaman yang saya jalani di FJB Kaskus telah dijadikan bahan pembelajaran bagi saya untuk membentuk diri saya yang ada seperti saat ini. Saya bersyukur dapat memperoleh pengalaman tersebut. Semoga kaskuser yang membaca thread ini juga dapat memperoleh pelajaran berharga tersebut dan dapat menerapkannya untuk perkembangan usahanya. Terima kasih.

0
3.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.