• Beranda
  • ...
  • UKM
  • Ketika Usaha Kecil Menengah mu dipertanyakan orang

ahmad baihaqiAvatar border
TS
ahmad baihaqi
Ketika Usaha Kecil Menengah mu dipertanyakan orang
Dalam pergaulan kita sehari-hari, mungkin ketika kumpul dengan teman-teman kita sering meluncur pertanyaan “Halo bos, gimana kabar, sibuk apa sekarang?”. Lalu biasanya yang pengusaha jawab “Saya buka usaha sekarang”. Kemudian dibalas lagi “wah bagus donk, omzet berapa per bulan, laba nya gimana?. Jreeeeeng kemudian meluncur lah jawaban denga ilmu kira kira “Hmmm berapa yah, yaa kira kira omzet saya kisaran 10jt perbulan”. Loh kenapa gak yakin gitu jawabnya.

Dari percakapan sederhana diatas terlihat, bagaimana ilmu kira-kira sudah sangat menjamur di kalangan pengusaha kecil menengah, apalagi pengusaha kolot konvensional, jujur saja, ayah saya pun usahanya masih sangat kolot dan sulit untuk di ubah pola pikirnya. Lalu apakah kita mau seperti itu? mengikuti gaya mereka yang kolot dan rata-rata sulit berkembang.

Lupakanlah, itu mereka yang tua yang kolot yang bandel, “wah durhaka deh gw”. Salah satu sikap positif yang bisa kita ambil dari mereka mungkin semangat kerja kerasnya yang cukup tangguh. Lalu apa langkah yang harus kita lakukan?.

Kita sebagai era baru wirausaha ya seharusnya lebih cerdas dan lebih belajar membangun sistem dari usaha itu sendiri. Pelajarilah bagaimana membuat SOP, laporan keuangan yang benar, trik marketing yang lebih gila. Nah, karena saya lebih berfokus pada akuntansi, pembahasan ini kita arahkan saja ke akuntansi. hehe.

Ahh,,akuntansi, pusing ah, loh kalo temanmu ada yang nanya seperti di paragraf awal tadi, mereka minta jawabannya angka loh, ya angka itu dari akuntansi. Ya memang pengusaha-pengusaha kolot juga sudah melakukan pembukuan gaya mereka, tapi saya berani jamin 90% pengusaha yang biasanya usaha nya sulit berkembang mencatat pembukuannya cuma arus kas masuk dan keluar saja. Padahal sebenarnya ada Neraca, Laba rugi, dan Laporan perubahan ekuitas selain laporan arus kas yang biasanya sudah dibuat itu. Sulit untuk menganalisa bisnis dengan mengandalkan laporan arus kas saja, itupun biasanya disusun sangat sederhana sekali. Disisi lain banyak manfaat yang terkandung dalam Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas yang bisa dijadikan acuan untuk penentuan arah kebijakan bisnis kedepan.

Jujur bisnis saya pun belum besar, tetapi untuk teman-teman UKM yang bermimpi untuk sebuah perkembangan bisnis yang signifikan, mulai lah merapihkan laporan keuangan. Karena akuntansi bisa jadi acuan juga untuk membuat SOP atau sebuah sistem pengendalian internal dari bisnis kita. Loh bukannya akuntansi angka angka doank yah? Secara kasat mata iya, tapi dibalik semua itu ada semua aktivitas perusahaan yang terekam didalamnya contoh Penjualan, piutang, persediaan, sewa dibayar dimuka, bukankah semua itu aktivitas perusahaan yang semuanya bisa disusun dengan SOP secara sistematis dan tertulis.

Lanjutkan lah mimpi besar UKM mu dengan senjata bernama “Akuntansi”


follow ane di
berbisnis pintar

hayoo main main ke blog saya
blog ane

atau ke sini jg bisa:

Kesini

Diubah oleh ahmad baihaqi 12-05-2015 10:02
0
7.3K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.