News
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a1d29dbe29a0bf6e000007/harga-bbm-indonesia-lebih-mahal-ketimbang-amrika-dan-malaysia
Inilah Daftar Harga BBM Dunia: Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amerika Ipotnews – Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara yang membanderol harga bahan bakar minyaknya cukup murah, karena tingginya subsidi yang diberikan negara. Namun, jika mencermati daftar harga BBM di sejumlah negara yang disusun Bloomberg, Jumat (15/2), ternyata pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, j
Lapor Hansip
26-05-2013 16:15

Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia

Inilah Daftar Harga BBM Dunia: Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amerika
Ipotnews – Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara yang membanderol harga bahan bakar minyaknya cukup murah, karena tingginya subsidi yang diberikan negara.

Namun, jika mencermati daftar harga BBM di sejumlah negara yang disusun Bloomberg, Jumat (15/2), ternyata pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, jika dibandingkan negara adidaya semacam Amerika Serikat, atau negeri jiran Malaysia, harga BBM di Tanah Air justru lebih mahal.

Dalam laporan yang dibuat Bloomberg Rankings, menggunakan data yang dikompilasikan oleh Bloomberg, Associates for International Research Inc, Portal Energi Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Badan Enegi Amerika Serikat, Indonesia menempati peringkat 49 dengan harga BBM sebesar US$3,68 per galon (satu galon sama dengan 3,7 liter), di atas AS dan Malaysia yang masing-masing menempati posisi 51 dan 53.

Harga BBM di Amerika Serikat selama penelitian tersebut, yang dilakukan pada periode 3-18 Januari sebesar US$3,29 per galon, sementara di Malaysia mencapai US$2,36.

Namun, jika dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, Filipina atau Thailand, harga BBM di Indonesia masih lebih murah. Singapura menempati peringkat 37 dalam daftar tersebut dengan harga US$6,29 per galon, diikuti Filipina di tempat ke-43 (US$4,87) dan Thailand di posisi 47 (US$4,42).

Bahkan, jika dibandingkan Turki atau negara-negara zona euro yang saat ini tengah dihantam badai krisis utang, semacam Belanda, Italia, Portugal, Yunani, Belgia, Prancis dan Jerman, harga BBM di Indonesia terhitung sangat murah.

Turki menempati posisi puncak yang menjual BBM dengan harga paling mahal, yakni sebesar US$9,89 per galon, diikuti Norwegia (US$9,63), Belanda (US$9,09), Italia (US$8,87), Portugal (US$8,82) dan Yunani (US$8,62).

Sementara, negara-negara yang selama ini dikenal sebagai eksportir minyak dunia, memberikan harga yang sangat murah untuk BBM-nya. Di posisi teratas, harga BBM paling murah dinikmati rakyat Venezuela, yang hanya membayar US$0,06 per galon, selanjutnya Arab Saudi (US$0,45), dan Kuwait (US$0,81).

Mata air

karena banyaknya keanehan dalam mata air di atas ane coba comot salah satu berita liputan6*com

20 Negara dengan Harga Bensin Termahal dan Termurah di Dunia


oleh Estu Suryowati
Posted: 23/02/2013 16:44
20 Negara dengan Harga Bensin Termahal dan Termurah di Dunia
Bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di dunia manapun. Meski berasal dari sumber yang sama di dasar bumi, bbm atau lebih dikenal bensin memiliki harga bervariasi di berbagai belahan dunia karena perbedaan banyak faktor.

Ada sejumlah negara yang terkenal dengan harga bensin yang tinggi. Sebaliknya, ada pula negara yang memiliki harga bensin yang murah.

Bloomberg melansir harga bensin di 60 negara. Ternyata, Indonesia menempati urutan ke 49 dari 60 negara di dunia yang memiliki harga bensin tertinggi.

Harga per galon bensin RI adalah US$ 3,68. Sementara rata-rata pendapatan harian adalah US$ 11. Artinya 33% pendapatan harian orang Indonesia digunakan untuk membeli bensin.

Indonesia mengkonsumsi 0,08 galon BBM per hari, kurang dari sepertiga rata-rata konsumsi global.

Berikut daftar 10 negara yang memiliki harga BBM lebih murah dari Indonesia dalam hitungan galon, berdasarkan peringkat data yang dikutip dari Bloomberg, Sabtu (23/2/2013), yakni:

1. Russia, US$ 3,47
2. United States, US$ 3,29
3. Meksiko, US$ 3,22
4. Malaysia, US$ 2,36
5. Nigeria, US$ 2,34
6. Iran, US$ 2,15
7. Uni Emirat Arab, US$ 1,77
8. Mesir, US$ 1,14
9. Kuwait, US$ 0,81
10. Saudi Arabia, US$ 0,45

Jika Anda mengira biaya transportasi yang Anda keluarkan tiap hari sangat besar?, Coba lihat dulu daftar negara dengan harga bensin termahal berikut ini dan penyebabnya. Anda pasti akan tercengang.

1. Turki, harga bensin per galon: US$ 9,89

Turki adalah negara ekonomi terbesar di Eropa Timur dengan pendapatan mencapai US$ 800 miliar. Meski demikian, harga bahan bakarnya yang paling mahal di dunia, juga membuat negara ini cenat-cenut.

Rata-rata pendapatan harian orang Turki adalah US$ 30, dan sepertiganya sendiri untuk beli satu galon bensin.

Turki mengalami masalah pajak yang sangat berat. Sekitar 40% pendudukan bekerja di sektor informal dan tidak membayar pajak. Hanya sekitar 4% dari total populasinya yang membayar pajak penghasilan.

Dalam beberapa tahun terakhir Turki telah meningkatkan basis pendapatan melalui pajak konsumsi seperti pajak bahan bakar, yang relatif mudah untuk diterapkan.

Negara ini memiliki salah pajak bahan bakar yang tertinggi, yang menyumbang lebih dari setengah dari biaya untuk bahan bakar.

2. Norwegia, harga bensin per galon: US$ 9,63

Norwegia adalah negara penghasil minyak yang tetap menjual dengan harga mahal, meski di negaranya sendiri. Daripada memberikan subsidi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, negara ini lebih memilih menggunakan keuntungan minyak tersebut untuk layanan, seperti pendidikan tinggi gratis, dan tabungan untuk perbaikan infrastruktur.

Pendapatan rata-rata harian adalah US$ 280. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 3,4%.

3. Belanda, harga bensin per galon: US$ 9,09

Belanda memiliki pengguna sepeda kayuh paling banyak di dunia. Parkir sepeda berderetan di stasiun kereta api, museum dan taman nasional. Infrastruktur besar jalur sepeda dan jalur, terowongan dan sinyal lalu lintas membuat akses bersepeda lebih mudah.

Pendapatan rata-rata harian di Belanda adalah US$ 125. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 7,3%.

4. Italia, harga bensin per galon: US$8,87

Harga bensin mulai melompat tak lama setelah Perdana Menteri Mario Monti berkuasa pada November 2011. Italia menaikkan pajak BBM sekitar 25 %, kedua tertinggi di Eropa Barat setelah Belanda, sebagai bagian dari upaya penghematan untuk mengendalikan anggaran negara.

Italia kini menghabiskan anggaran yang sama setiap minggunya untuk BBM dan makan.

Menurut kelompok perdagangan, Coldirettu, kenaikan biaya tangki 60 liter (16 galon) mobil sekitar US$ 142, kira-kira sama dengan rata-rata anggaran satu rumah tangga Italia pada makanan.

Pendapatan rata-rata harian di Italia adalah US$ 88. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 10%.

5. Portugal, harga bensin per galon: US$8,82

Pajak menyumbang 64% dari harga BBM di Portugal. Itu lebih tinggi daripada di negera tetangganya, Spanyol. Kondisi ini menyebabkan banyak pengemudi memilih menyeberangi perbatasan untuk mengisi bensin, yang harganya jauh lebih murah.

Pajak BBM adalah salah satu dari beberapa pungutan yang ditingkatkan di Portugal sejak 2001, yang bertujuan untuk melindungi lingkungan. Pajak kendaraan memperhitungkan emisi karbondioksida karbon dan kapasitas silinder, dengan maksud armada yang lebih efisien di jalan.

Pendapatan rata-rata harian di Portugal adalah US$ 53. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 17%.

6. Yunani, harga bensin per galon: US$8,62

Di tengah krisis finansial yang sedang berlangsung, upah di Yunani mengalami penurunan. Sementara itu pajak BBM sejak 2009 naik, ketiga tertinggi di Eropa.

Rata-rata penghasilan harian orang Yunani US$ 58. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bahan bakar adalah 15 %.

7. Swedia, harga bensin per galon: US$ 8,50

Harga energi di Swedia dikenakan pajak atas polusi knalpot, termasuk karbondioksida, gas rumah kaca yang paling berbahaya. Tidak terpengaruh dengan hal tersebut, Swedia tetaplah konsumen 10 terbesar bensin di dunia.

Dengan pendapatan harian yang tinggi rata-rata US$ 153, pangsa upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 5,5%.

8. Belgia, harga bensin per galon: US$ 8,41

Pendapatan rata-rata harian di Belgia adalah US$ 117. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 7,2%. Belgia mengkonsumsi 0,15 galon gas per hari, kurang dari rata-rata 60 negara yang sebesar 0,25 galon.

9. Perancis, harga bensin per galon: US$ 8,38

Dari peringkat 60 negara, Perancis menduduki peringkat kesembilan negara dengan harga bensin tertinggi.

Pada 2012, para politisi mendorong untuk memotong pajak untuk mengurangi harga eceran. Namun, dengan penghasilan rata-rata harian sebesar US$110, dan tingkat konsumsi bensin yang di bawah rata-rata, Perancis menghabiskan proporsi yang relatif kecil dari gaji mereka. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bensin 7,6%.

10. Denmark, harga bensin per galon: US$ 8,22

Pendapatan rata-rata harian adalah US$ 151. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bahan bakar adalah 5,4%.

Pemerintah Eropa biasanya memiliki pajak BBM tertinggi, sehingga meningkatkan biaya untuk konsumen ritel. Denmark menempati peringkat ketujuh negara Eropa dalam hal pajak BBM tertinggi. (Est/Nur)

Mata Lelaki
Diubah oleh HesePaeh
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 17:49
Quote:Original Posted By njiing


Perkiraan saya itu komparasinya pake yang ron 92 keatas, coz ron 88 dah jarang yang make, kayak malay yang udah pake ron 92 keatas dengan harga sekitar 6000(setelah disubsidi). Dan amerika 8.300 itu harga terrendah. Cmiiw

ronnya bkn hanya itu loh.. disana kebijakan biofuel didukung penuh... kalo disini krn premium msh 4500 mana laku biofuel... pakai aj bahan bakar campuran ron 88 + biofuel = ron 92 pasang harga 6000 -7000 dah untung tuh
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 17:51
jangan suka banding2in sama luar negeri
pendapatan dan taraf hidup disana pasti beda sama di indo
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 17:57
Quote:Original Posted By hezztee
jangan suka banding2in sama luar negeri
pendapatan dan taraf hidup disana pasti beda sama di indo


Kualitas manusianya juga beda emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 17:58
Quote:Original Posted By sopir.truk
Kurang bener, gan.

Saya pernah di Amrik, dan harga 1 galon (3.8 liter) = sekitar 3.7 - 3.8 dollar.

Jadi katakanlah 1 dollar = 9000 rupiah, harga per liter masih di atas 9500 rupiah.


ron nya berapa gan...indonesia pertamax berapa?..pertamax plus berapa.???.....di sono US ga ada premium gan...emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By AmandaMio
US$3,68 per galon
1 galon = 3,7 liter
berarti 1 liter = $1

$1 = Rp 9700

sebelah mana murahnya...

di indonesia 1 liter Rp 4500
masih murah indonesia


barusan beli pertamax 10.000 an di solo...solo itu masuk wilayah indonesia.
kalau saya beli pertamax plus di US cuma 9700...murah mana?...
di US ga ada premium yg di jual di sini 4500....emoticon-Big Grin
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 18:03

Pendapatan

Wkwkwk... Ya murah US lah, pendapatan juga beda.

Kite udah susah, bbm mahal pula.
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 18:12
Quote:Original Posted By lasthong
Kualitas manusianya juga beda emoticon-Ngakak


kualitas par-TAI-nya pun pasti beda emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 18:12
Quote:Original Posted By 0ralucu


ron nya berapa gan...indonesia pertamax berapa?..pertamax plus berapa.???.....di sono US ga ada premium gan...emoticon-shakehand



barusan beli pertamax 10.000 an di solo...solo itu masuk wilayah indonesia.
kalau saya beli pertamax plus di US cuma 9700...murah mana?...
di US ga ada premium yg di jual di sini 4500....emoticon-Big Grin


ya ga bisa di bandingin lah gan....pendapatan perkapita aja beda.....cadangan minyak jg beda...jd ga bisa di bandingin lah...
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 18:29
Quote:Original Posted By antok_cakep
Ini mah ngebandingin pertamax indo ma pertamax amrik,ya jelas lbh mahal,,standard oktan mereka kan 92,bukan 88 emoticon-Malu (S):


tapi reguler di amrik setara Rp 5000 / liter taun lalu dan telah memenuhi standar Euro 5 lho gan emoticon-Embarrassment
nah Indonesia reguler emang lebih murah gope tapi standar Euro satu aja kagak memenuhi padahal Pemerintah sejak 1 Januari 2007 telah menetapkan standar Euro 2 emoticon-Embarrassment
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 18:43
ssstt, dah paling murah lho harga bbm di Indonesia

pemerintahnya juga paling baik dengan memberikan subsidi bbm kepada rakyatnya

emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:11
Quote:Original Posted By elf321

ronnya bkn hanya itu loh.. disana kebijakan biofuel didukung penuh... kalo disini krn premium msh 4500 mana laku biofuel... pakai aj bahan bakar campuran ron 88 + biofuel = ron 92 pasang harga 6000 -7000 dah untung tuh




Hedeh biofuel lagiemoticon-Nohope gak ngerti ane biaya produksinya emoticon-Nohope tapi seinget ane brazilpun yang paling konsen masalah biofuel pun mesin2 mobil disana cuman kuat perbandingan 80 fosil : 20 bio, blom ada negara yang brani 50:50, biosolar yang dijual di pertamina aja cuma 5% bionya, sisanya....
Btw emang biofuel bisa naikin oktan ya?
Diubah oleh njiing
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:20
Quote:Original Posted By 0ralucu


ron nya berapa gan...indonesia pertamax berapa?..pertamax plus berapa.???.....di sono US ga ada premium gan...emoticon-shakehand

barusan beli pertamax 10.000 an di solo...solo itu masuk wilayah indonesia.
kalau saya beli pertamax plus di US cuma 9700...murah mana?...
di US ga ada premium yg di jual di sini 4500....emoticon-Big Grin


Di http://www.exxon.com/USA-English/GFM...y_gas_faq.aspx dan http://www.handymanusa.com/articles/octane.html dijelaskan kalo yg regular paling tidak RON-nya 87, jadi mirip dg brand "premium" dari Pertamina yg RON-nya 88, kan?
Dan selisih harganya dg grade mildgrade dan premium di US sebenernya tdk terlalu jauh.

Jadi ya tetep mahal di USA.
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:22
Quote:Original Posted By HesePaeh


tapi reguler di amrik setara Rp 5000 / liter taun lalu dan telah memenuhi standar Euro 5 lho gan emoticon-Embarrassment
nah Indonesia reguler emang lebih murah gope tapi standar Euro satu aja kagak memenuhi padahal Pemerintah sejak 1 Januari 2007 telah menetapkan standar Euro 2 emoticon-Embarrassment


Regular di US 5000 rupiah per liter sumbernya dari mana, gan? Kalo boleh tau.
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:27
Quote:Original Posted By njiing




Hedeh biofuel lagiemoticon-Nohope gak ngerti ane biaya produksinya emoticon-Nohope tapi seinget ane brazilpun yang paling konsen masalah biofuel pun mesin2 mobil disana cuman kuat perbandingan 80 fosil : 20 bio, blom ada negara yang brani 50:50, biosolar yang dijual di pertamina aja cuma 5% bionya, sisanya....
Btw emang biofuel bisa naikin oktan ya?

kalo dicampur dgn komposis premium : biofuel. 90 :10 bisa.. tampa modif mesin bisa..bahan bakar setara pertamax...diatas 15% -20 % mesti modif mesin. byk jurnalnya cari aj digoogle
susah diterapin diindonesia krn msh kalah murah dgn premium..
harga perliter bioethanol 6000 -7500 perliter.... kalo dihitung sederhana. jd gini
misal premium 6000 non subsidi..jd kalo perbandingan 90 :10 jd harganya 5400 + 750..= 6150 lempar ke pasar 7000 bisa bih murah kan...drpd beli pertamax 10 k
Diubah oleh elf321
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:32
Quote:Original Posted By sopir.truk
Regular di US 5000 rupiah per liter sumbernya dari mana, gan? Kalo boleh tau.


Quote:Safrudin mengatakan, mahalnya harga BBM di luar negeri lebih karena spesifikasi yang telah tinggi. Ia mencontohkan, bensin reguler di Malaysia dipatok Rp7.000 per liter dengan oktan 91 dan telah memenuhi standar Euro 4. Bahkan, harga BBM di Amerika Serikat setara dengan Rp5.000 per liter dan telah memenuhi standar Euro 5.


Code:
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/308968-kualitas-bbm-bersubsidi-ri-paling-rendah


emoticon-Peace
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:37
Quote:Original Posted By HesePaeh


Code:
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/308968-kualitas-bbm-bersubsidi-ri-paling-rendah


emoticon-Peace


Keliatannya ndak bisa diklarifikasi pake cross-check sumber lain.
So, lemah keliatannya statemen 5000 rupiah dapat bensin seliter di US (dg grade apapun).

So, emang lebih mahal di Amrik kayaknya.
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:44
Ah yg boneng gan .
emoticon-Matabelo

0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:46
Quote:Original Posted By sopir.truk


Keliatannya ndak bisa diklarifikasi pake cross-check sumber lain.
So, lemah keliatannya statemen 5000 rupiah dapat bensin seliter di US (dg grade apapun).

So, emang lebih mahal di Amrik kayaknya.


coba deh kirim bensin yg harga nya 4500 tuh ke papua.. harga nya tetap 4500 ngak ???

loe pikir ongkos kirim nya gratis emoticon-Stick Out Tongue.. itu semua di tanggung ama pemerintah ;p
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:48
Quote:Original Posted By riry7djoe


coba deh kirim bensin yg harga nya 4500 tuh ke papua.. harga nya tetap 4500 ngak ???

loe pikir ongkos kirim nya gratis emoticon-Stick Out Tongue.. itu semua di tanggung ama pemerintah ;p


Wah, gan. Lihat konteksnya dunk. Kalo konteksnya spt itu, ya apa2 jadi lebih mahal bahkan dari negara kaya.
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:51
Quote:Original Posted By riry7djoe


coba deh kirim bensin yg harga nya 4500 tuh ke papua.. harga nya tetap 4500 ngak ???

loe pikir ongkos kirim nya gratis emoticon-Stick Out Tongue.. itu semua di tanggung ama pemerintah ;p


State amerika ada yang ngatur harganya $4,5. Itu masih harga resmi lho. Belum harga di konsumen. Coba bayangin aja yang dipedalaman gurun, berapa harganya? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Harga BBM Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Amrika dan Malaysia
26-05-2013 19:56
Quote:Original Posted By sopir.truk
Keliatannya ndak bisa diklarifikasi pake cross-check sumber lain.
So, lemah keliatannya statemen 5000 rupiah dapat bensin seliter di US (dg grade apapun).

So, emang lebih mahal di Amrik kayaknya.



Iya gan ternyata ane salah tentang harga BBM di amrik lebih murah dari di Indo. salah ane juga cuman baca dari satu sumber emoticon-No Hope
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia