Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
6 Strategi Menghindari Kerugian Saat Berpromosi di Toko Online
Netpreneur Indonesia - Promosi termasuk ke dalam salah satu kegiatan berbisnis yang bertujuan untuk menaikkan angka penjualan. Tidak hanya dalam bisnis offline, seller sering melakukan promosi melalui toko Jual Beli
online yang dimilikinya. Potongan harga dan pemberian merchandise adalah contoh bentuk promosi. Di satu sisi, promosi memang efektif untuk menaikkan penjualan. Namun di sisi lain, promosi bisa menjadi bumerang bagi seller jika dilakukan tanpa strategi dan perencanaan yang matang.

Promosi yang tidak direncanakan dengan baik bisa menyebabkan seller mengalami kerugian. Situs Volusion menyebutkan, ada strategi-strategi khusus berpromosi agar seller terhindar dari kerugian.

Tentukan tujuan promosi.

Ketika Anda berinisiatif untuk melakukan promosi di toko online, tetapkanlah tujuan dari promosi tersebut. Apakah Anda berpromosi untuk menaikkan penjualan? Apakah Anda ingin agar merek bisnis Anda lebih dikenal oleh orang banyak? Apakah Anda ingin menaikkan jumlah pengunjung di toko online Anda? Tentukan tujuan atau harapan yang ingin dicapai oleh toko online Anda melalui promosi.

Pilih target promosi.

Langkah kedua adalah menetapkan target promosi yang hendak Anda capai. Apakah Anda ingin menghimpun buyer yang sama sekali belum pernah melakukan pembelian di toko online? Atau apakah Anda ingin membuat buyer yang pernah bertransaksi melakukan repeat order? Promosi dengan cara buy-one-get-two efektif untuk menjaring buyer yang belum pernah membeli di toko online Anda. Sementara buyer yang pernah bertransaksi sebelumnya dapat diberikan promosi pemberian diskon yang lebih besar jika melakukan repeat order.

Tetapkan jangka waktu berlakunya promosi.

Promosi tidak mungkin berlaku untuk selamanya. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan periode berlakunya sebuah promosi. Promosi sebuah produk dapat berlaku secara harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan promosi di toko online terkait momen-momen spesial, misalnya hari raya Lebaran, Natal, dan hari Valentin.

Lakukan analisis finansial.

Penyebab utama sebuah promosi gagal adalah ketidakmampuan seller memperhitungkan biaya dan profit yang didapat dari sebuah promosi. Hanya karena ingin meningkatkan penjualan, banyak seller rela merugi dengan cara menjual produk jauh di bawah harga pasar. Jika hal ini terus berlanjut, bisnis Anda akan mengalami kerugian secara permanen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menganalisis untung-rugi menjalankan sebuah promosi. Berapa persenkah keuntungan yang Anda korbankan demi promosi tersebut? Apakah profit dari sebuah produk promosi masih relevan dengan biaya operasional yang Anda keluarkan? Anda perlu menemukan jawaban dan solusi atas pertanyaan-pertanyaan semacam ini sebelum berpromosi.

Buat rencana publikasi.

Ketika perencanaan promosi telah dilakukan dengan matang, langkah berikutnya adalah menyebarluaskan promosi toko online Anda kepada sebanyak-banyaknya orang. Tampilkan iklan promosi di toko online dan akun media-media sosial yang Anda miliki, misalnya Facebook dan Twitter. Buatlah orang banyak tahu bahwa toko online Anda sedang melakukan promosi. Semakin banyak orang yang tahu tentang promosi Anda, semakin tinggi angka penjualan produk yang Anda peroleh.

Lakukan evaluasi.

Jangan pernah berbisnis tanpa melakukan evaluasi secara berkala. Apapun keputusan bisnis yang diambil, lakukan evaluasi untuk menilai efektivitas promosi yang Anda lakukan. Jika Anda berhasil mencapai tujuan awal melakukan promosi, maka Anda boleh melanjutkan promosi tersebut. Jika sebaliknya, ada baiknya Anda berhenti berpromosi sebelum toko online Anda merugi.

sumber

-------------------------------------------------------------------------------
gimane gan? emoticon-Matabelo
0
1.8K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.