Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shartikaAvatar border
TS
shartika
Perbedaan konsep penjualan dengan konsep pemasaran
beberapa hari yang lalu, ada seorang temen yang bukan ahli di bidang pemasaran, dia nanya ke ane, apa sih bedanya penjualan dengan pemasaran ? bukannya pemasaran itu yah pasti penjualan kan ?


sebagai mahasiswi pemasaran ane senyum-senyum denger pertanyaan temen ane ini, dan dengan baik hati ane jelasin panjang kali lebar kali tinggi.

sekaligus berbagi pengetahuan ke agan-agan mudah-mudahan bermanfaat.


begini penjelasannya :


menurut dosen pemasaran ane, marketing is art with science, marketing is create, communicate, and delivery. marketing is not sales, but sales is part of marketing.


artinya adalah bahwa marketing itu adalah seni yang menggabungkan berbagai macam ilmu pengetahuan, pemasaran adalah proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menghantarkan nilai kepada pelanggan lalu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.


pemasaran bukanlah penjualan, tetapi penjualan hanyalah bagian dari pemasaran. karena pemasaran adalah proses menciptakan barang/jasa, lalu mengkomunikasikannya bisa dengan berbagai media massa seperti kalau below the line, ada brosur, pamflet, pemberian sampel produk, dll sedangkan di above the line, ada TV, Radio, Majalah, koran, billboard. setelah dikomunikasikan, jangan lupa memberi nilai tambah produk / jasa yang kita tawarkan sehingga mampu menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.



mengutip isi buku dari philip kotler, bapak yang satu ini gak asing lagi bagi orang-orang pemasaran, karena beliau adalah ahli atau tokoh pemasaran yang sudah diakui di dunia.


Spoiler for Philip Kotler:


Quote:



sekarang udah tau kan bedanya pemasaran dengan penjualan ?


jangan lupa

Spoiler for budayakan:






Diubah oleh shartika 27-05-2013 01:48
0
6.4K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.