Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukangonlenAvatar border
TS
tukangonlen
PPATK: Perempuan Fathanah Seperti Gunung Es
PPATK: Perempuan Fathanah Seperti Gunung Es


Surabaya-Kepala Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keungan, Muhammad Yusuf, mengatakan terungkapnya sejumlah perempuan cantik penerima aliran uang dan barang dari Ahmad Fathanah seperti fenomena gunung es. Maksudnya, masih banyak perempuan penerima aliran uang serta barang yang belum terlihat ke permukaan.

"Ibarat gunung es, yang terlihat baru pucuknya. Yang tak terlihat di bawah masih banyak," kata Yusuf seusai memberi kuliah umum bertema "Rezim Anti-Pencucian Uang di Indonesia" di auditorium Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Kamis, 23 Mei 2013.

Yusuf mengaku lupa jumlah persisnya para perempuan penerima aliran dana itu. Yang ia ingat sekitar 40-an. Mereka, kata Yusuf, datang dari beragam latar belakang, mulai pekerja seni, ibu rumah tangga, wiraswasta, dan lain-lain. "Macem-macemlah pokoknya," kata Yusuf.

Namun, Yusuf tidak bisa memerinci aliran uang dan barang itu masuk dalam kategori pencucian uang atau hadiah. Yang jelas, kata dia, seluruh temuan transaksi mencurigakan itu telah diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi. "Belum tentu pencucian uang. Makanya biar penyidik yang melakukan klarifikasi, agar jelas statusnya," ujar Yusuf.

Di luar 45 perempuan itu, menurut Yusuf, masih banyak orang-orang yang kecipratan dana haram Fathanah. Tapi Yusuf enggan menyebutkan namanya dengan alasan tidak hapal. "Banyak sekali," kata dia.

Meski demikian Yusuf memastikan bahwa sampai saat ini PPATK belum menemukan aliran dana Fathanah yang masuk ke kas Partai Keadilan Sejahtera. Sejauh ini penerima aliran dana yang diketahui baru ke perorangan-perorangan. "Belum kami temukan yang masuk ke partai," kata Yusuf.

Fathanah merupakan tersangka kasus pencucian uang kuota impor daging sapi di Kementerian Pertania. Lelaki asal Makassar yang dekat dengan bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera itu memberi uang dan mobil kepada sejumlah perempuan cantik, seperti aktris film Ayu Azhari, foto model Vitalia Shesya, penyanyi dangdut Tri Kurnia dan lain-lain.

SUMBERNYA
0
2.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.