ninoarnodAvatar border
TS
ninoarnod
Cara memenej karyawan dalam membangun tim.
wah, lama banget ane ga main ke 277 akhirnya ane main lagi.. baca baca ampe lumayan jauh satu hal yang ane dapet dari semangat temen 277 sebagai pengusaha adalah semangat berbagi. mungkin emang itu salah satu modal kuat menjadi pengusaha ya gan?

disini ane pengen share sedikit pengetahuan ane tentang cara menej karyawan dan cara membangun tim. perlu agan ketahui ane bukan pengusaha gan. ane masih mahasiswa. cuma ane doyan baca diskusi dan riset gan. tapi ilmu ini udah ane pake di kantor babe ane dan berhasil.

jadi cara paling awal dalam menej karyawan dan membangun tim yang hebat adalah dengan menempatkan orang sesuai potensinya gan.

caranya gimana?

caranya adalah dengan mengetahui karakter orang orang gan. dengan mengetahui karakter orang kita akan dengan mudah nempatin dia. kalopun dia ga ngerti di bidang itu, dia akan lebih mudah mempelajarinya.

ane kasih gambaran gini, sebenernya menurut ilmu psikologi carl gustav jung, karakter orang itu ada 5. biar lebih gampang ane jelasin pake nomer aja ya gan.

jadi ada karakter pertama orang yang rajin, daya ingat bagus dan teliti, dalam hal mendetail lebih jago dia. tapi bisa dipastikan orang seperti ini ga kreatif. orangnya cenderung monoton.

cara ngadepin orang kaya gini adalah, dia dikasih SOP yang jelas. jangan suruh dia bikin SOP karena dia ga kreatif. kalo udah ada SOPnya dia akan menjalani SOP itu sebaik baiknya karena kemampuan dia yang rajin, daya ingat bagus, teliti dan mendetail. tapi sekali lagi inget jangan suruh dia ngerjain kerjaan kreatif karena akan buntu.

orang kaya gini ditaroh dibagian keuangan juga lebih aman. ga bakal nyolong karena ga kreatif dia. dan orang seperti ini adalah tipe tipe yang mengejar frekuensi atau kuantitas.

terus tipe orang kedua adalah kebalikan orang pertama, yaitu orang yang kreatif, kalo mikir gambaran besar dan mikirnya jauh. orang kaya gini bakal kecolongan di hal hal detail gan. dia juga pasti pelupa karena otaknya selalu ketutup dengan ide ide baru.

orang kaya gini cocoknya ditaroh di bagian kreatif gan. dia jangan dikekang dengan aturan yang ketat. karena emang dia ga bisa seperti itu. kalo di kantor babe ane buat kreatif, mereka ga punya jam kerja yang penting deadline beres, kerja boleh pake kaos, boleh gondrong. pokoknya senyamannya dia aja gan.

orang ketiga adalah orang yang sangat logis gan. kalo berfikir dia sangat logis. menilai sesuatu dalam hitam dan putih. pokoknya teges banget. kalo orang lain jelek ya dia bilang jelek.

orang begini jangan ditaroh di PR gan. dia ga jago dalam ngadepin orang. jagonya dia adalah membangun sistem dan ngontrol sistem itu.. bahasa kitanya orangnya agak kaku lah.

orang ke empat adalah kebalikan orang ketiga. orangnya perasa baget. karena dia perasa dia pinter memahami perasaan orang lain. paling pinter maintain jaringan. bahkan dia bela belain boong buat nyenengin orang lain. orang kaya gini jago banget dalam maintain orang lain gan.
cocoknya jadi humas yang selalu berhubungan sama orang banyak atau menjadi tim leader karena dia jago jadi provokator dan motivator.

orang ke lima adalah orang penyeimbang, orang yang punya kemampuan 4 itu semua tapi kemampuannya rata rata aja.. tapi semuanya punya.
menurut hasil riset ane orang kaya gini paling jarang gan. karena emang agak istimewa. orangnya ngalahan, selalu mementingkan orang lain dari pada dirinya sendiri, tapi dia punya insting dan hoki yang lebih..

sekian dulu share dari ane, tiap karakter masih bisa dieksplor lebih jauh lagi tapi ane nunggu komen dan pertanyaan kaskuser supaya bisa jadi sebuah diskusi yang hidup..
sekian gan..

Spoiler for Update:
Diubah oleh ninoarnod 23-05-2013 04:33
0
3.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.