Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
Strategi Memantau Ruang Gerak Kompetitor di Media Online
Netpreneur.co.id - Hampir mustahil untuk menjual jenis produk yang sama sekali belum pernah didagangkan dalam bisnis dunia maya. Seorang seller Jual Beli online memiliki kompetitornya masing-masing yang juga menjual produk sejenis. Dampaknya, praktek monopoli mustahil untuk dilakukan seller dalam bisnis online. Oleh karena itu, penting bagi seller untuk menerapkan strategi-strategi tertentu agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Menurut Freddy Aurso, pendiri Lighthouse8, strategi terbaik yang bisa dilakukan seorang seller online adalah dengan memantau kompetitor juga secara online. Artinya, ruang lingkup kompetitor di ranah online perlu dimonitor.

Media sosial Twitter. Twitter adalah media sosial yang memungkinkan orang meng-update informasi tentang kegiatannya dalam hitungan jam, bahkan menit. Informasi yang ditulis orang melalui di Twitter adalah informasi yang instan, cepat, dan terkini. Kompetitor Anda dalam bisnis online pasti memiliki akun Twitter untuk merek bisnisnya. Anda bisa memantau tweet terbaru yang ditulis oleh kompetitor, sehingga Anda tahu kegiatan terkini yang tengah dilakukan bisnisnya.

Google Trends. Tools yang dimiliki Google ini memungkinkan pengguna internet mengetahui popularitas penggunaan sebuah istilah, kata, atau tren tertentu di kalangan masyarakat. Melalui Google Trends ini, Anda dapat memperoleh informasi tentang perbandingan merek bisnis Anda dan merek bisnis kompetitor. Google Trends memberikan gambaran apakah merek bisnis kompetitor lebih unggul dibanding merek bisnis Anda, atau sebaliknya.

Google Alerts. Serupa dengan Google Trends, Google juga menyediakan tools gratisan untuk memonitor rating merek bisnis kompetitor dalam search engine. Hanya dengan memasukkan kata kunci terkait informasi kompetitor yang ingin diketahui, Anda akan mendapatkan update via surat elektronik. Misalnya, informasi mengenai media online mana saja yang memuat berita atau mengankat profil bisnis kompetitor.

Media sosial LinkedIn. Dengan mem-follow akun LinkedIn milik kompetitor, Anda akan mendapat gambaran yang jelas tentang latar belakang kompetitor. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh informasi tentang apa saja yang dilakukan kompetitor terhadap bisnisnya. Informasi personal yang ditulis kompetitor dalam akun LinkedIn-nya membuat Anda mengenal lebih jauh siapa kompetitor Anda. Know your enemy, then make friends with them.

sumber
-----------------------------------------------------------

gimn nh komen2 nya para calon Bob Sadino muda? emoticon-Big Grin
0
1.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.