Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • ZAMAN BLAKCBERRY DI INDONESIA SUDAH BERAKHIR GAN! ANDROID SEKARANG NO 1 DI INDONESIA!

SasakiRyoAvatar border
TS
SasakiRyo
ZAMAN BLAKCBERRY DI INDONESIA SUDAH BERAKHIR GAN! ANDROID SEKARANG NO 1 DI INDONESIA!
semoga ga repost..kalau repost monggo dilaporin supya dihapus momod emoticon-Big Grin

dimohon ninggalin komen gan,terus mohon di emoticon-Rate 5 Star



Indonesia merupakan ladang produktif bagi Research in Motion (RIM). Tak seperti di negara-negara lain yang mengalami penurunan drastis, para pengguna BlackBerry di Indonesia sangat tinggi.Jumlah pengguna ponsel BlackBerry di Indonesia hampir mencapai 9 juta pengguna (Juli 2012). Fakta tersebut membuat Indonesia dijuluki sebagai Negara blackBerry, pasalanya angka 9 juta juga menempatkan Indonesia sebagai pengguna ponsel Ber-OS BlackBerry terbanyak di dunia. Namun, masalah keuangan yang melanda RIM dan semakin gencar munculnya ponsel Android membuat pengguna ponsel BlackBerry berpindah hati. Namun sistem operasi BlackBerry nampaknya kini harus menyerahkan tahtanya ke rivalnya, Android.

Menurut hasil penelitian dari International Data Corporation (IDC), sistem operasi BlackBerry yang merajai pangsa pasar perangkat mobile di Indonesia diambil alih posisinya oleh Android dengan pemakai 52% di kuarter kedua 2012. Perangkat Android merangsek masuk secara signifikan melalui vendor Samsung, HTC dan Sony.

Apalagi harga ponsel Android baru lebih berkompeten, karena terdiri dari berbagai range, yaitu mulai dari kelas low end berkisar ratusan ribu, middle end antara 1-2 juta dan high end di atas 3 juta. Bandingkan dengan ponsel ber-OS Blackberry yang jauh lebih mahal untuk ponsel keluaran baru, sedangkan fasilitasnya hampir sama.

Lie Darwin, Analis Pasar untuk Client Devices Research IDC Indonesia mengatakan, 'peningkatan pengiriman ponsel berbasis Android di Indonesia didorong tidak hanya karena harganya yang terjangkau tetapi juga aplikasi yang banyak dan semakin populernya teknologi layar sentuh. Keterlambatan peluncuran BlackBerry 10 menyebabkan pembeli harus menunggu sampai 2013 jika ingin mencicipi model baru, hal ini juga memberi dampak terhadap perubahan kesukaan OS.'

Bagi Research in Motion, perusahaan pembuat BlackBerry, Indonesia merupakan penyelamat setelah pasarnya tergerus di sejumlah negara berkembang. Ini diperparah dengan produk BlackBerry yang tertinggal dalam teknologi layar sentuh. Menurut perhitungan IDC, ada sepuluh vendor yang berjualan ponsel berbasis Android dengan total piranti sebanyak tujuh juta hingga akhir tahun.

Pada awal tahun ini, RIM berupaya mempertahankan pasarnya di Indonesia dengan meluncurkan ponsel BlackBerry Curve 9220. Bagi RIM, upaya ini terbilang cukup berhasil meskipun hanya berdampak jangka pendek. Dengan populasi Indonesia sebanyak 240 juta, RIM kehilangan 6 persen pangsa pasarnya dari total 7 juta pelanggan.

Sementara lima vendor ponsel teratas pada kuartal kedua 2012 diduduki oleh Nokia, Cross, Samsung, MITO, kemudian RIM.


sumber

TEMPO

Teknoup

IDC

Wall street

ane ga minta cendolemoticon-Blue Guy Cendol (L) ane cuma pingin berbagi info aja emoticon-Big Grin
0
4.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.