Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AkuCintaNaneaAvatar border
TS
AkuCintaNanea
Dulu 'Berkeley Connectio', Kini "Harvard Connection' Mulai Aktif dan Calon Capres?

Gita Wirjawan

Gita Wirjawan Siap Nyapres Lewat Demokrat
Tempo, Jumat, 19 April 2013

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan niatnya untuk mengikuti konvensi calon presiden yang akan digelar Partai Demokrat. “Iya, kalau dipertimbangkan dan diperkenankan,” ujarnya melalui pesan singkat pada Tempo, Jumat, 19 April 2013. Hanya saja, Gita masih enggan menyebut persiapan khusus yang akan dilakukannya untuk mengikuti konvensi yang akan digelar mulai Juni 2013 mendatang itu. “Doa saja untuk yang terbaik,” katanya.

Nama Gita Wirjawan sudah santer diisukan masuk dalam bursa calon presiden Partai Demokrat. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Kastorius Sinaga sebelumnya pernah menyatakan Gita sebagai calon presiden yang direstui oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Gita juga telah disebut oleh beberapa survei sebagai calon presiden alternatif pada Pemilu 2014 mendatang.

Gita saat ini masih disibukkan oleh kegiatan sebagai Menteri Perdagangan. Hari ini misalnya, ia terbang ke Kota Pahlawan Surabaya untuk memimpin delegasi Indonesia di pertemuan para menteri perdagangan ekonomi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Dalam pertemuan ini, Gita sekaligus merangkap sebagai pimpinan sidang selama berlangsungnya pertemuan hingga esok. Selain Gita, sejumlah tokoh tampaknya mulai tertarik mengikuti konvensi capres Demokrat. Beberapa nama yang kerap disebut adalah Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, pengacara Farhat Abbas, dan beberapa tokoh lainnya.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...Lewat-Demokrat

Gita Wirjawan dari Harvard Sampai Jadi Mendag
Senin, 17 Oktober 2011 12:33 wib

JAKARTA - Gita Irawan Wirjawan, pengusaha yang telah malang melintang di dunia bisnis Indonesia sekarang ini dipercaya menduduki pos menteri BUMN. Segudang pengalamannya diyakini presiden menjadi modal dia memajukan perdagangan Indonesia. Gita sebelumnya sudah menduduki jabatan setingkat menteri, yakni kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965 mendirikan perusahaan Ancora Capital, perusahaan investasi di bidang sumber daya dan pertambangan pada 2008 lalu.

Seperti dikutip dari Wikipedia, dia mendirikan perusahaan tersebut setelah memutuskan mundur dari kursi Presiden Direktur JP Morgan Indonesia yang ia jabat pada periode 2006-2008. Gita menempuh pendidikan S-1 di Amerika Serikat (AS), dia menyelesaikan kuliahnya di Kennedy School of Government, Harvard University, pada 1992, di mana dia mengambil jurusan administrasi bisnis.

Selepas kuliah, sia memulai kariernya dengan bekerja di Citibank. Pada 1999, dia mengambil kuliah S-2 jurusan public administration (administrasi publik) di Harvard University dan lulus pada 2000. Selesai S-2, ia bekerja di Goldman Sachs Singapura, sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman. Gita bekerja di sana hingga 2004. Pada 2005 dia pindah ke ST Telekomunikasi sampai 2006 juga di Singapura, Gita kemudian bekerja di JP morgan Indonesia sebagai direktur utama pada periode 2006-2008. Selanjutnya, dia mundur dari JP Morgan pada April 2008 dan mendirikan Ancora Capital. Dalam hitungan bulan, perusahaan ini mengambil alih sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, perusahaan properti di Jakarta, dan sebuah perusahaan properti di Bali. Keberhasilan Gita memimpin Ancora adalah berkat banyak mengandalkan koneksinya saat kuliah di Harvard.

Gita merupakan pecinta musik terutama jazz. Gita mendirikan mendirikan rumah produksi musik bernama Omega Pacific Production, yang menelurkan Tompi sebagai pemusik sukses. Dia juga merupakan pecinta olahraga golf. Kecintaannya pada golf dia tunjukkan dengan mendirikan sekolah Ancora Golf untuk mencari bibit pegolf muda dari Indonesia.
http://economy.okezone.com/read/2011...16281/redirect


source pic: http://clubs.harvard.edu/olc/pub/HAA...me=hcindonesia


Menteri SBY Banyak Lulusan Amerika, Khususnya Lulusan Harvard University
Senin, 26/10/2009 07:49 WIB

Jakarta - Para Menteri Kabinet Indonesia (KIB) ternyata banyak yang lulusan Amerika Serikat, terutama menteri di bidang ekonomi. Dari total 34 menteri, ada sekitar 10 menteri yang lulusan negeri Paman Sam tersebut. Menteri lulusan AS tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menpora Andi Mallarangeng, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, dan Kepala BKPM Gita Irawan Wiryawan.

Kebanyakan di antara mereka adalah lulusan Harvard University. Gita Wirjawan, misalnya. Pria kelahiran Jakarta 21 September 1965 ini adalah peraih master dari Harvard University. Demikian juga Endang Rahayu Sedyaningsih. Menkes yang sempat dituding sebagai agen AS ini meraih gelar PhD dari Harvard School of Public Health.

Harvard University memiliki makna tersendiri bagi SBY. Selain putra pertamanya juga melanjutkan kuliah di kampus yang terletak di kota Boston tersebut, SBY pun pernah 'pamer', bahwa para menteri yang membantunya banyak yaang lulus dari Harvard. Hal tersebut SBY sampaikan saat berkunjung ke kampus Harvard September 2009 lalu.

SBY juga tercatat pernah mengeyam pendidikan militer di Westpoint, AS. Pada 2003 saat berkunjung ke AS ketika menjabat sebagai Menko Polkam, SBY pernah berujar, 'I love the United States with all its faults. I consider it my second country'. Apakah dipilihnya kembali para menteri KIB II yang banyak lulusan AS ini disengaja? Hanya SBY yang tahu.
[url]http://news.detik..com/read/2009/10/26/074913/1228244/10/menteri-sby-banyak-lulusan-amerika[/url]

Pidato Lengkap Presiden SBY di Harvard


Mahasiswa Indonesia di Harvard


-----------------------------

Kalau dilihat latar belakang pendidikan dan pengalamannya yang sangat sarat dengan jabatan expert di pasar keuangan dunia, jelaslah figur seperti Gita ini (seperti juga halnya dengan figur Sri Mulani), akan sangat disukai pasar dan investor dari negeri kapitalis maju seperti AS, Uni Eropa, Jepang dan Singapore.

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh AkuCintaNanea 19-04-2013 23:44
0
32.3K
376
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.