Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

izna99Avatar border
TS
izna99
Foto Menakjubkan Gerhana Matahari Cincin Saat Matahari Terbit



semoga tidak emoticon-Blue Repost dan bisa bermanfaat ya gan bagi yang berkenan silahkan emoticon-Rate 5 Star dan lempar :cenddol ya gan makasih



Gerhana matahari cincin (Annular) terjadi ketika matahari dan bulan dalam posisi satu garis. Karena ukuran bulan lebih kecil daripada matahari, maka bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari, sehingga dari bumi, matahari terlihat seperti sebuah cincin.







Video dan foto gerhana matahari ini diambil oleh Collin Legg, seorang fotografer selama beberapa hari lalu. Untuk mendapatkan gambar ini, Legg dibantu oleh dua temannya, Geoff Sims dan Peter Nanasi. Mereka melakukan perjalanan ke tiga lokasi di Pilbara, Australia Barat dan menyiapkan empat kamera. Tiga 5D Mk IIs dengan lensa 800mm didirikan pada pada batas selatan-barat, batas utara-barat dan centreline untuk menangkap rekaman waktu selang, dan 1 DC dengan lensa 2000mm didirikan untuk merekam video 4K di utara.



Jumat pagi hari (10/5/2013) baru saja terjadi gerhana matahari cincin (GMC) di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara.

Gerhana matahari terjadi akibat posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam posisi segaris. Gerhana matahari terjadi akibat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Gerhana Matahar yang terjadi kali ini adalah gerhana Matahari Cincin. Namun, masyarakat Indonesia hanya dapat menyaksikan gerhana Matahari Sebagian, ungkap oedji Raharto, Astronom ITB seperti dilansir republika.co.id.

Berikut ini adalah foto Gerhana Matahari yang berhasil diabadikan dari berbagai wilayah.


Foto Gerhana Matahari Sebagian.Lokasi: Kintamani, Bali. Foto: Twitter, @gunungindonesia Foto Gerhana Matahari Cincin Pagi Ini


Gerhana Matahari Banjarmasin. Foto Twitter, @060SBPC


Gerhana Matahari Surabaya. Foto: Twitter, @infosurabya


Gerhana Matahari Jogjakarta. Foto Twitter,@JogjaToday


Bulan mulai menutupi matahari pada sekitar pukul 7 pagi waktu Australia Tengah





nona212
nona212 memberi reputasi
1
6K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.