Kalau anda pernah memainkan nintendo di era 90-an, ada permainan bernama duck hunt dimana kita ditugaskan untuk menembak bebek-bebek yang terbang di sekitaran lapangan rumput. Untuk menembak, kita menggunakan stik berbentuk senapan yang dapat diarahkan menuju lokasi bebek. Permainan ini terkenal karena tingkat kesulitan yang tinggi dan ikon anjing yang menertawakan kita jika tidak ada tembakan yang tepat sasaran. Bagaimana cara kerja senapan ini?
Quote:
Mari kembali ke era pertengahan 1930-an, dimana terdapat perangkat pertama yang serupa yang dinamakan “light guns“. Perangkat ini muncul setelah dikembangkan menggunakan sensor cahaya dari tabung vakum. Video game menggunakan senapan yang dikembangkan pertama kali tersebut bernama Ray-O-Lite, dikembangkan tahun 1936 oleh Seeburg, perusahaan yang membuat bagian dan sistem untuk jukebox. Gameplay adalahnya pemain menembak target kecil yang bergerak menggunakan sensor cahaya yang ditembakkan dalam sorotan cahaya. Ketika sorotan cahaya mengenai sensor, target dinyatakan tertembak dan pemain mendapatkan poin.
Light guns menjadi tren konsol video game melalui permainan Shooting Gallery yang diperkenalkan oleh Magnavox Odyssey di tahun 1972. Kemudian Nintendo Entertainment System (NES) Zapper diluncurkan pada tahun 1985 di Amerika Serikat. Versi awal perangkat tersebut berwarna abu-abu tua, namun senapan tersebut kemudian diubah untuk membedakan dari senapan yang asli. Pada saat itu, ada beberapa game yang kompatibel dengan senapan/zapper yang diluncurkan NES. Namun, game yang paling terkenal dan populer adalah Duck Hunt.
Cara Kerja
Ketika cahaya light guns ditembakkan, zapper dan light guns lainnya yang sejenis bekerja dengan menerima cahaya melalui photodiode dan menggunakan cahaya tersebut untuk mengenali di layar mana senapan tersebut ditargetkan.
Spoiler for Zappernya (Pistol) gan! :
Ketika kita mengarahkan ke bebek dan menarik pemantik, komputer dari NES akan menghitamkan layar dan diode dari senapan akan mulai menerima cahaya. Kemudian komputer memancarkan blok putih solid di sekitar target dimana kita targetkan saat menembak. Photodiode pada zapper mendeteksi perubahan intensitas cahaya dan memberitahu komputer bahwa photodiode tersebut diarahkan ke target yang di block. Saat kita menembak target lebih dari satu, blok putih yang muncul melingkupi target tembakan pada satu waktu. Tentu saja ketika memainkan game ini kita tidak akan sadar karena kejadiannya berlangsung kurang dari 1 detik.
Metode ini membantu Nintendo mengatasi kelemahan dari senapan cahaya versi sebelumnya. Hanya saja, kita dapat berbuat curang dengan mengarahkan tembakan pada sumber cahaya, seperti lampu.