Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

toyoterAvatar border
TS
toyoter
Kutub Utara Bergeser Akibat Pemanasan Global
Kutub Utara Bergeser Akibat Pemanasan Global


Kutub Utara dilaporkan telah mengalami pergeseran posisi ke arah Timur. Bahkan posisi dataran es ini bergeser beberapa sentimeter per tahunnya.

Dilansir Softpedia (15/5), sejak tahun 2005 posisi Kutub Utara telah bergeser cukup drastis dari batas normalnya. Pergeseran posisi Kutub Utara ini sendiri merupakan akibat dari meningkatnya pemanasan global yang melanda planet bumi pada beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan lansiran tersebut, website Nature melaporkan jika antara 1982-2005 tercatat posisi Kutub Utara telah bergeser ke arah Labrador, Kanada sekitar 2 miliarsecond per tahunnya.

Namun, mulai 2005 Kutub Utara bergerak ke arah Greenland dengan angka pergeseran meningkat lebih dari tiga kali lipat sebesar 7 miliarsecond per tahunnya.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa melelehnya es di Greenland dan juga beberapa tempat lain di bumi yang menyebabkan pergeseran Kutub Utara ini.

Dampak dari pergeseran Kutub Utara ini sendiri telah diteliti oleh University of Texas. Menurut penelitiannya, pergeseran posisi Kutub Utara ini berdampak pada terganggunya medan gravitasi bumi.

Selain itu, dampak dari pemanasan global terhadap Kutub Utara ini juga berimbas pada eksistensi mahluk hidup yang ada di kawasan tersebut seperti beruang kutub.


emoticon-Matabeloemoticon-Takut





soember
0
863
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.