Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Dampak Yang Akan Muncul Dengan Hadirnya BBM di iOS dan Android

PLazizAvatar border
TS
PLaziz
Inilah Dampak Yang Akan Muncul Dengan Hadirnya BBM di iOS dan Android
Spoiler for Show:

Hari ini saya memulai hari dengan bertanya kepada ibu saya. “Mom, BBM nanti juga ada di iPhone lho… masih mau make BB?.” Ibu saya tertegun sebentar dan berujar “Jadi kayak seperti WhatsApp dong?”, “yup…”.

Ya tidak terpungkiri lagi, BlackBerry Messenger sekarang memang sudah tidak eksklusif. Musim panas yang akan datang, ia akan tersedia buat para pengguna iOS dan juga Android. Tentu saja berkat kejadian ini, akan muncul beragam dampak baik itu dari sisi para pengguna, dan juga sisi BlackBerry.

Apa sajakah dampak tersebut?

Eksodus Pengguna BB ke iOS dan Android
Spoiler for Show:

Untuk apa beli BlackBerry jika iPhone dan perangkat Android lainnya pun bisa BBM? Pertanyaan ini pasti terngiang di kepala setiap kita begitu membaca berita kemarin ( BBM hadir di iOS dan Android ). Dan memang tidaklah salah bila kamu berpikir seperti ini.

Setiap orang, khususnya di Indonesia, terpincut untuk menggunakan BlackBerry karena fasilitas messengernya ini. Motivasi yang melatari tentu saja beragam, ada yang karena bisnis online shop miliknya, ada yang karena teman-temannya lebih banyak menggunakan BBM, dan lainnya dan lainnya.

Lalu jika BlackBerry sudah ada iOS dan Android, kenapa harus beli BlackBerry lagi? Khususnya BlackBerry di bawah BB 10.

Selain itu karena sifatnya yang tidak begitu smart tapi memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan perangkat iOS dan Android, saya rasa tidak dipungkiri lagi kalau orang-orang pasti akan lebih memilih pindah ke iOS dan Android ketimbang berlama-lama dengan BBnya.


Persaingan Yang Semakin Ketat di Ranah Aplikasi Instant Messaging Antar Platform

LINE, WhatsApp, Kakao Talk dan lainnya kehadiran penantang baru, BBM. Mereka kini harus rela menerima resiko berbagi ‘hutan’ yang telah mereka kuasai selama ini dengan BBM.

Tapi kembali lagi, pertanyaannya: berapa banyakkah bagian ‘hutan’ yang bisa dikuasai oleh BlackBerry?

Jika fitur yang ditawarkan oleh BBM berada di bawah atau tidak jauh berbeda dengan aplikasi instant messaging antarplatform lainnya, sepertinya hanya sedikit saja bagian hutan yang bisa di take over oleh BlackBerry. Apalagi jika server BB sering down, ahh sudahlah…

Tingkatkan kualitas atau Blackberry tidak akan kebagian jatah wilaya di ‘hutan’, atau yang lebih parahnya, tidak bisa menguasai ‘hutan’ sama sekali. Welcome to the jungle… BBM.

Namun satu hal yang harus diwaspadai oleh para pengembang aplikasi instant messaging dari BBM adalah komunitasnya.


"Khas BlackBerry" di Atas Meja Judi

Khas BlackBerry memiliki potensi untuk meningkat, dan berpotensi untuk berkurang pula. Meningkat, jika BB berhasil melakukan monetize di platform iOS dan Android.

Mungkin saja nanti untuk bisa menggunakan layanan BBM, pengguna iOS dan Android tetap diharuskan berlangganan paket BBM seperti yang ada sekarang ini, atau, mungkin saja kita tidak perlu berlangganan paket BBM tapi BlackBerry akan menayangkan iklan-iklan mengganggu setiap kali kita chatting.

Kecil kemungkinan kalau BlackBerry menghadirkan BBM ‘sepenuhnya gratis’.

Namun akan berkurang jika kualitas BBM di iOS dan Android buruk. Bagi pengguna yang sudah memilih iPhone atau perangkat Android untuk melanjutkan aktivitasnya, akan meninggalkan BBM dan beralih ke aplikasi instant messaging lainnya karena sudah terlanjur meninggalkan BB dan membeli smartphone. Meskipun, tidak menutup kemungkinan juga kalau mereka akan membeli perangkat BB lagi demi merasakan pengalaman yang lebih baik dan melanjutkan kembali aktivitas ‘online shop’ nya.


Gangguan Broadcast Menyeramkan buat iDevice dan Android Kamu

Ahh jujur saja dulu saya adalah pengguna BlackBerry dan broadcast message, adalah sebuah momok yang sangat menakutkan. Memang isinya bukan tentang ‘mama minta pulsa…’ tapi, beragam pesan yang isinya mengancam dan tidak memiliki nilai apa-apa.

“Sebarkan pesan ini karena jika tidak, BlackBerry Anda akan dinon-aktifkan dan bersiaplah untuk mengatakan selamat tinggal selamanya kepada BlackBerry anda yang kelewat mahal…” Arghhh!!! tidak masuk akal dan tidak berakal sama sekali.

Saya rasa jika tradisi menyeramkan ini terus berlanjut di iPhone dan Android nantinya, pengguna tidak memerlukan waktu yang lama buat menghapus BBM dari daftar aplikasinya. BlackBerry harus melakukan sesuatu terhadap broadcast message spam seperti yang saya contohkan di atas.


Semakin "Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat"
Spoiler for Show:

Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat

Tentu kalian ingat dengan tagline di atas ketika BlackBerry tengah jaya-jayanya di Indonesia bukan? Ya… ada kemungkinan kalau dampak sosial yang satu ini akan semakin besar dengan hadirnya BBM di iOS dan Android.

Sebelumnya, tidak semua pengguna BlackBerry menggunakan aplikasi instant messaging antar platform sehingga beberapa orang masih tidak bisa melakukan aktivitas chatting dengan orang tertentu.

Namun kini, BBM hadir untuk semua orang.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak ber-chatting ria dengan orang yang tadinya tidak kita sapa lewat LINE. Tidak ada alasan pula untuk tidak menembakan PING! terhadap BB user yang tadinya enggan menggunakan WhatsApp. Dan seterusnya.


Kesimpulan

Setiap kejadian pasti melahirkan dampaknya masing-masing, baik itu positif maupun negatif.

Sisi positif sepertinya akan banyak berpihak di sisi user karena tidak dipungkiri dengan hadirnya BBM buat platform iOS dan Android, kita jadi bisa berhubungan dengan lebih banyak orang lagi. Setiap orang tua bisa menghubungi anak-anaknya yang iPhone user tanpa batas. Hubungan antarmanusia menjadi lebih dekat.

Sedangkan untuk sisi negatif, hal tersebut tampaknya sedang membayangi pihak BlackBerry. Sisi negatif menjelma layaknya bayangan hitam yang siap memeluk BlackBerry dan menariknya ke neraka, jika ternyata BBM di iOS dan Android berkualitas buruk.

Tentunya masih banyak dampak lainnya yang akan muncul dengan kehadiran BBM di iOS dan Android. Tapi kini giliranmu bersuara. Apa saja dampak lain yang akan muncul dengan masuknya BBM ke ‘hutan’?

sumber

Mohon di emoticon-Rate 5 Stardan budayakan komen emoticon-Smilie
Jika berkenan boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Dan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh PLaziz 16-05-2013 08:49
0
5.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.